Faktor Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Komputer?

Ketika datang saatnya Anda ingin membeli komputer, mungkin ini termasuk hal yang membingungkan. Ada banyak pilihan di luar sana, bahkan meskipun Anda mempunyai banyak uang. Dalam posting Fajrinfo kali ini, saya mencoba untuk membuat hal-hal sederhana dengan membahas tentang beberapa hal yang menjadi faktor pertimbangan ketika membeli laptop atau komputer PC yang didukung oleh Windows 10.

Pertimbangkan Saat Membeli Komputer


Faktor Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Komputer

Perlu diketahui bahwa pertimbangan ini dapat berpengaruh pada berbagai hal terutama pada manajemen keuangan Anda, oleh sebab itu pastikan Anda membeli perangkat yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu sendiri. Berikut ini adalah beberapa faktor utama sebagai bahan pertimbangan saat membeli komputer atau laptop:

1. Dimana Akan Menggunakannya
2. Komputer PC Atau Laptop
3. HDD Atau SSD
4. RAM / Memori
5. GPU khusus
6. Fitur Motherboard
7. Prosesor / CPU
8. Keyboard / Mouse / Touchpad

Ketahuilah, bahwa Anda bisa mendapatkan mesin yang kuat dengan harga yang jauh lebih murah jika Anda memilih untuk membeli Lomputer PC dari pada Laptop. Namun, itu tergantung pada kebutuhan pekerjaan Anda.

1] Dimana Akan Menggunakannya?


Saya pikir ini adalah pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri. Apakah Anda perlu menggunakannya setiap hari di kantor? Apakah anak-anak yang membutuhkannya? Apakah anggota keluarga akan menggunakannya bersama? Seberapa intensifkah pekerjaan yang Anda lakukan? Jika tinggi, seperti bermain game atau mengedit file grafik, atau ini aktivitas browsing biasa?

Baca juga: Percepat Laptop Windows 10 Anda Dengan Menerapkan Trik Ini!

Meskipun banyak pertanyaan menggelayut, tapi itu adalah hal paling penting dari semuanya. Jika akan digunakan untuk penjelajahan biasa, maka Anda bisa mendapatkan komputer PC yang bagus dengan harga lebih murah, tapi perangkat kerasnya masih bagus.

2] Komputer PC Atau Laptop


Berikut ini adalah aturan praktisnya, jika lebih dari satu atau dua penggunanya, maka gunakan komputer PC, selain itu laptop juga bisa jadi pilihan alternatif. Perlu diingat bahwa Laptop memang mudah dibawa kemanapun, tapi jika terlalu banyak pengguna dapat mengakibatkan kesalahan penanganan dan kerusakan perangkat.

Jika Anda akan menggunakan komputer dalam waktu yang lama, maka kami merekomendasikan untuk membeli komputer desktop PC karena alasan ergonomis.

Dua hal lainnya dari keunggulan memiliki Komputer Desktop PC. Anda bisa dengan mudah memutakhirkan pengaturan desktop dan mengubahnya setiap beberapa tahun akan lebih murah. Demikian pula, jika Anda memilih paket perangkat all-in-one, maka perbaikan apa pun pada perangkat berarti harus membawa seluruh unit ke pusat layanan service.

Ketika Anda cenderung ingin memilih Laptop, maka baterai dan beratnya sangat perlu diperhatikan. Catat berapa lama baterai bertahan dan seberapa cepat baterai terisi. Perangkat apapun dengan port pengisian daya USB Type C akan terisi dengan cepat. Faktor lainnya adalah bobot / berat. Jika Anda biasa membawa barang banyak di dalam tas, maka belilah laptop yang ringan.

3] Penyimpanan; Kapasitas Atau Kecepatan


Ada dua jenis perangkat penyimpanan untuk komputer, yakni SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive). Yang pertama dikenal karena kecepatannya, tapi relatif mahal dan memiliki umur yang sedikit lebih pendek, sedangkan yang kedua agak lambat, tapi bisa berumur lebih lama, dan menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan SSD. Walaupun SSD dapat meningkatkan kinerja komputer, tapi kita harus tetap mempertimbangkan faktor lainnya, terutama keuangan.

Dapatkan perangkat SSD 256 hingga 512GB penyimpanan yang dapat menginstal Windows dan aplikasi. Karena SSD menawarkan kecepatan baca-tulis (read-write) yang lebih baik, sistem Windows dapat boot dalam waktu kurang dari 10 detik, shutdown lebih cepat, dan aplikasi dapat dibuka dan diproses jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Seiring dengan pemakaian SSD, bertaruh pada kemampuan HDD memang memiliki kapasitas penyimpanan yang tinggi agar dapat digunakan untuk menyimpan banyak data, membuat cadangan, dan banyak lagi lainnya. Mungkin dengan memilih keduanya merupakan pilihan tepat agar perangkat komputer atau laptop dapat bekerja lebih baik dalam jangka panjang.

4] Memori RAM


Sekali lagi, kebutuhan dan kinerja komputer tergantung pada jenis aplikasi apa saja yang akan Anda gunakan, tapi pastikan Anda mendapatkan minimal RAM 8GB DDR4. Komponen tersebut memiliki kinerja cepat, dan kebanyakan pengguna akan membutuhkan kapasitas RAM minimal 8GB. Dan jika motherboard komputer atau laptop memungkinkan, Anda bisa menambah kapasitas dua kali lipat yang berukuran 4GB RAM dari pada langsung yang berukuran 8GB.

5] GPU Khusus


Meskipun Anda tidak memiliki pekerjaan spesifik yang mementingkat GPU, saya akan sangat menyarankan agar Anda mendapatkan GPU khusus dengan RAM 4GB. Komponen ini dapat memastikan jika Anda menginstal utilitas yang berfungsi lebih baik pada GPU khusus, maka itu akan sangat membantu.

6] Fitur Motherboard


Sistem Operasi Windows telah banyak berkembang, dan sekarang mendukung kemampuan Sandbox yang membutuhkan dukungan untuk virtualisasi. Oleh sebab itu, mempunyai komputer atau laptop dengan motherboard yang didukung UEFI tentu akan lebih baik dibandingkan dengan BIOS Legacy.

Selain itu, jika Anda berencana untuk memutakhirkan / upgrade komputer PC, pastikan untuk memiliki slot ekspansi, ini adalah pilihan untuk menambahkan GPU khusus, dan banyak lagi komponen pendukung lainnya.

7] Prosesor / CPU


Dapatkan prosesor versi terbaru; pastikan memiliki lebih banyak GHz dan inti / core CPU. Semakin tinggi angkanya, maka semakin besar biayanya. Jadi, tergantung pada keuangan yang Anda miliki dan bagaimana pengalaman para pengguna lain, dapatkan yang terbaik yang Anda bisa. Putuskan semua ini dengan selalu mempertimbangkan kondisi keuangan dan profesi pekerjaan yang Anda geluti.

8] Keyboard / Mouse / Touchpad


Ketika Anda memilih untuk membeli laptop, maka Anda harus menerima paket hardware yang telah disematkan oleh produsen pada setiap perangkatnya. Sebab laptop tidak bisa banyak disesuaikan terkait komponen hardware di dalamnya.

Jika Anda berencana menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, faktor bentuk dan kinerja touchpad saat digunakan harus dipertimbangkan. Jadi, pastikan untuk memeriksanya. Keyboard dengan adanya lampu latar cukup masuk akal.

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Panggilan Telepon Dari Laptop Windows 10

Ketika Anda ingin membeli Komputer Desktop, maka Anda akan memiliki banyak pilihan. Anda bisa mendapatkan keyboard mekanik yang bagus, mouse yang menawarkan banyak gerakan bahkan mungkin mouse khusus gaming dan keyboard dengan kemampuan LED dan sebagainya.

Demikian yang bisa Fajrinfo sampaikan tentang beberapa hal sebagai faktor yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membeli Komputer PC atau Laptop. Saya telah mencoba membahas semua aspek yang perlu jadi pertimbangan, mungkin dalam artikel ini ada beberapa kesalahan, dan jika ada, beritahu kami di kolom komentar.

Namun saya yakin beberapa faktor pertimbangan ketika ingin membeli komputer yang telah dijelaskan di atas sudah cukup untuk dijadikan sebagai referensi Anda. Selain itu, pastikan agar Anda juga melihat ulasan / testimoni / pengalaman teman, bertanya kepada orang-orang di media sosial, dan jika seseorang ada yang pengalaman menggunakannya langsung, maka itu lebih baik.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

2 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. Terimakasih kak artikelnya bermanfaat. semoga setelah ini saya gasalah beli.

    BalasHapus
  2. very good blog, very useful for the information and the structure of the writing style, I will come back again for more information

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama