Cara Mudah Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F Pie 9.0 Cara Mudah Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F Pie 9.0 - Fajrinfo
Setelah penjualan yang sukses dengan Samsung Galaxy M10, Samsung meluncurkan M10s dengan spesifikasi yang sedikit dimodifikasi. Satu hal yang menarik bagi saya adalah dari segi Tampilan. Muncul dengan Tampilan sAMOLED. Padahal versi sebelumnya memiliki Layar LCD. Setelah menggunakan layar AMOLED, Anda tidak dapat menggunakan LCD lagi. Anda tidak akan merasa puas. Datang ke spesifikasi, RAM 3GB dan prosesor kisaran Mid-range, dan One UI Android Pie 9.0, Anda dapat dengan leluasa menggunakan perangkat ini tanpa root.

Jika membeli ponsel ini, Anda tahu batas dan tujuannya. Jadi, kita tidak dapat meforsir banyak kinerja dari ponsel ini. Semuanya terbatas pada ketersediaan perangkat kerasnya.

Metode root yang akan kami bagikan ini didasarkan pada Magisk. Jadi, kita bukan akan menginstal Custom ROM. Jika sistem ponsel Anda menggunakan Stock ROM, maka Anda tidak bisa melakukannya. Ketika tujuan Anda adalah agar ponsel M10s dapat menggunakan aplikasi Root yang diperlukan, maka Anda dapat melanjutkan panduan yang kami bagikan ini. Silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk mendapatkan akses root di ponsel Anda.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

Mengapa Harus Root Samsung Galaxy M10s?


Sebaiknya Anda memiliki alasan kuat untuk melakukan rooting pada HP Samsung M10s ini. Samsung telah merilis pembaruan One UI 9.0 Pie yang sudah dioptimalkan. Anda memiliki lebih dari Cukup 3GB RAM untuk menggunakan aplikasi harian tanpa terjadi Lag selama bertahun-tahun.

Ya, kami tahu, kapasitas RAM 3GB mungkin tidak cukup untuk penggunaan kinerja yang lumayan berat. Tapi, percayalah, One UI jauh lebih baik dari pada Custom Skin OS lainnya. Anda dapat menggunakan perangkat ini tanpa macet selama bertahun-tahun sampai Samsung mengacaukan ponsel Anda dengan pembaruan beberapa aplikasi Bloatware buatan mereka.

Tapi di luar itu semua, mungkin ini bukanlah sebuah alasan, besar kemungkinan Anda kecanduan beberapa aplikasi yang memerlukan akses root, atau mungkin Anda adalah pengguna yang sering mencoba beberapa Custom OS, Anda dapat melanjutkan panduan ini lebih jauh.

Akan tetapi jika Anda ingin melakukan root hanya karena alasan semua orang melakukannya, saya sarankan Anda jangan melakukan root jika tidak memiliki banyak pengalaman tentang hal itu. Sebab untuk pengguna biasa, root bisa menjadi sebuah Mimpi Buruk.

PERINGATAN: Panduan ROOT HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F yang dibagikan Fajrinfo.com ini merupakan METODE yang AMAN dan MUDAH diterapkan pada ponsel Android tersebut.
Pastikan agar Anda membaca dan menerapkan panduan ROOT ini dengan perlahan dan teliti, jangan sampai ada langkah yang terlewat atau salah menerapkan. Karena dengan mengikuti panduan ini, berarti Anda bertanggunggjawab penuh atas resiko apapun yang terjadi.

Cara Root Samsung Galaxy M10s Pie 9.0 (SM-M107F)


Dalam metode di bawah ini, kita akan melakukan Root pada ponsel M10s dengan menggunakan Magisk. Anda bisa menginstal TWRP Official menggunakan Aplikasi resmi saat dirilis. TWRP recovery adalah file pemulihan khusus yang harus diinstal pada ponsel Samsung Galaxy karenanya Anda dapat melakukan root dengan sukses.

Hal-hal yang perlu diperhatikan;


Unlock Bootloader


Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Aktifkan Mode USB Debugging dan Buka Kunci OEM di ponsel Anda. Untuk melakukan hal ini; pergi ke Pengaturan > tentang ponsel > Ketuk beberapa kali pada "Nomor versi" hingga menu "Pilihan Pengembang" aktif, kemudian pergi ke "Pilihan Pengembang" dan mengaktifkan Mode Debugging USB dan Buka Kunci OEM.

Nah, sampai disini tidak ada proses yang rumit kan sobat dalam proses root Samsung Galaxy M10s?

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Matikan ponsel. Masuk ke Download Mode > Volume Turun + Volume Naik dan Hubungkan ponsel dengan laptop / komputer PC menggunakan Kabel USB. Saat peringatan layar Download Mode muncul, Tekan tombol Volume Naik untuk meng-Unlock Bootloader.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Proses di atas akan menghapus Data Pengguna Anda. Setelah Mengatur perangkat ponsel, silakan periksa kembali opsi Buka Kunci OEM dalam menu Pengaturan. Sebab terkadang opsi tersebut terkunci lagi.

Mempersiapkan File Patched Boot Image


- Download dan instal Samsung USB driver di laptop atau komputer.

- Download juga file ODIN software. Ekstrak hasil download tersebut.

- Download Firmware Samsung Galaxy M10s lalu simpan di laptop atau komputer PC. Versi OS ponsel Anda saat ini dan Versi yang Didownload AP dan CSC harus sama.

- Anda dapat menggunakan aplikasi Phone Info untuk mengetahui versi firmware ponsel.

- Download 7Zip-ZS. Ekstrak file dalam firmware yang didownload menggunakan 7Zip-ZS. Maka Anda akan mendapatkan empat buah file. Salin file AP-blablabla.tar ke ponsel. (Nama file AP akan panjang, ubah dengan singkat agar penggunaannya jadi nyaman)

- Download Magisk Manager atau Magisk canary lalu Instal pada ponsel Anda. Kemudian buka Magisk yang terpasang lalu Pilih Install in Magisk; maka aplikasi tersebut akan memmbutuhkan file zip dan Patch Boot Image File. Pilih file Boot Image.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Arahkan ke Boot Image File yang Anda copy lalu patch file tersebut.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Tunggu proses hingga selesai. Hasilnya, Anda akan mendapatkan file .tar magisk patched. File .tar tersebut akan berada di folder yang sama dimana Anda menyimpan file firmware Stock yang tadi didownload dan disimpan di ponsel.

- Copy / salin file magisk_patched.tar tersebut ke laptop atau komputer PC.

Flash Patched Boot Image Menggunakan ODIN


- Karena batasan keamanan baru yang diterapkan Samsung, kita tidak bisa mem-flash TWRP pada Stock Boot (bawaan) di ponsel. Jadi, kita harus mem-flash boot yang dipatching terlebih dahulu menggunakan ODIN.

- Buka kunci layar Anda. Sebaiknya tidak ada sidik jari, Kunci PIN, Usapan. Setel Pengaturan agar tidak ada kunci yang dipakai.

- Matikan Ponsel Anda. Masuk ke Download Mode > Volume Turun + Tombol Volume Naik dan Hubungkan Ponsel ke laptop atau PC melalui Kabel USB, Setelah Logo Samsung Muncul, Lepaskan semua tombol tersebut.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Setelah masuk ke Download Mode, ponsel akan menampilkan Peringatan, Tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan.

- Buka / luncurkan Aplikasi Odin.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Maka proses ini akan menampilkan pesan Added!! pada Odin.

- Jika Anda tidak melihat pesan tersebut, silahkan Ulangi langkah-langkah di atas dengan benar.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Setelah melihat pesan Added!!, Pilih tombol AP / PDA, lalu cari dan pilih file .tar Magisk Patched. Seiring dengan file ini, Anda harus memilih dan mem-flash tiga file firmware lainnya yang tadi didownload. Hapus ceklis pada Options > Auto-Reboot.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Tekan Start, tunggu sampai selesai. Setelah proses selesai, Tekan tombol Volume Turun + Tombol Power untuk keluar dari Download mode. Ketika layar mati, segeralah menekan tombol Volume Naik + Poser untuk mem-boot ke Recovery Mode.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Setelah masuk ke Recovery mode bawaan, Buka Wipe Data / Factory Reset lalu Pilih Yes untuk menghapus data secara keseluruhan. Maka proses ini akan menghapus data Anda yang tersimpan di ponsel. Jangan masuk / restart terlebih dahulu, Baca panduan di bawah untuk tahap restart sebelum booting.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

Boot ke OS Yang Di-Root (ROOTED)


- Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power, lepaskan semua tombol begitu peringatan Bootloader muncul. Anda akan mengatur perangkat Anda seperti perangkat baru. Setelah itu Anda dapat memeriksa status root menggunakan Root Checker.

Cara Root HP Samsung Galaxy M10s SM-M107F

- Stock Recovery Boot – Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power, lepaskan tombol saat Anda menahan tombol Volume Naik.

- Anda akan melihat Magisk Manager di daftar Aplikasi HP Anda. Jika tidak menemukan aplikasi tersebut, Anda dapat menginstal Magisk Manager di ponsel secara manual.

Selanjutnya Apa Lagi?


Menurut pendapat kami dari Fajrinfo.com, Anda tidak perlu me-root HP Samsung Galaxy M10s milik Anda. Jika Anda berpikir bahwa dengan root Galaxy M10s akan bisa meningkatkan kinerja ponsel. Sebab sebenarnya, dengan dibekali prosesor Exynos 7884B Octa-Core dan RAM 3GB, HP Galaxy M10s Anda dapat bekerja dengan baik.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama