Cara Memperbaiki Suara Berisik Pada Kulkas, Ketahui Penyebabnya!

Suara berisik yang terjadi pada kulkas biasanya disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah karena baud longgar, arus listrik tidak stabil, kompresor lemah atau rusak, kipas rusak, pipa berhimpitan dan lain sebagainya.

Masalah ini bukan saja dialami oleh kulkas yang sudah berumur, tetapi bisa juga terjadi pada kulkas baru. Jika masalah ini dibiarkan, maka suara berisik pada kulkas tersebut tentu akan terasa mengganggu. Terlebih jika terdengar di malam hari menjelang istirahat, dan ketika suasana sudah benar-benar sunyi.

Sebenarnya cara mengatasi suara berisik pada kulkas, tidak mesti dilakukan oleh teknisi profesional. Jika kerusakannya ringan, maka Anda pun dapat memperbaiki sendiri dengan mudah.

Jika kulkas berdengung atau terdengar suara bising lainnya, dan terjadi pada unit yang masih garansi. Maka sangat disarankan agar Anda menghubungi toko tempat membeli kulkas tersebut. Disinilah pentingnya memilih toko elektronik yang terpercaya.

Cara Memperbaiki Suara Berisik Pada Kulkas, Ketahui Penyebabnya

Jangan menyepelekan masalah yang terjadi pada kuklas Anda. Sebab hal tersebut berpotensi dapat menimbulkan masalah lain yang lebih berat, sehingga biaya service pun bisa jadi lebih tinggi dari yang seharusnya.

Cara Mengatasi Suara Berisik Pada Kulkas

Saat mengatasi suatu permasalahan, sebaiknya kita mengetahui akar permasalahannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi kulkas yang berisik sesuai dengan penyebabnya.

1. Baud Longgar

Baud kompresor longgar, merupakan salah satu penyebab timbulnya suara berisik pada bagian belakang kulkas.

Cara mengatasi masalah ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengencangkan setiap baud yang longgar tersebut lalu suara berisik pada kulkas pun akan hilang.

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Kelistrikan merupakan salah satu hal terpenting pada setiap alat elektronik. Dan yang harus diperhatikan adalah kestabilan arus listrik yang terhubung pada alat elektronik tersebut.

Arus listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan kompresor pada kulkas mengeluarkan suara bising secara terus-menerus.

Bila hal ini terjadi pada kulkas, sebaiknya Anda harus menggunakan stabilizer. Alat ini berguna untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik, sehingga suara bising pada kulkas dapat segera hilang.

3. Kompresor Rusak

Penyebab lain kulkas yang suaranya berisik adalah karena kompresor yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Jika komponen ini mulai rusak, biasanya akan menimbulkan suara yang beragam pada kulkas. Mulai dari kulkas berdengung, bahkan suara keras dan berisik lainnya yang sangat mengganggu.

Kompresor itu sendiri merupakan salah satu komponen terpenting pada kulkas yang berperan dalam proses perubahan energi pada kulkas, dari energi listrik lalu menghasilkan suhu yang sangat dingin.

Tanda kompresor kulkas rusak ini termasuk mudah untuk diidetifikasi, yakni dengan memeriksa suhu dalam lemari es. Apabila suhunya sudah tidak dingin, atau freezer tidak bisa membekukan air dengan baik, maka sebaiknya Anda harus segera memeriksa kompresornya.

Kerusakan kompresor juga bisa ditandai dengan kulkas yang berdengung keras, atau munculnya bunyi berderit yang cukup berisik. Selain karena tegangan listrik yang tidak stabil, bunyi dengung juga dapat disebabkan oleh tegangan listrik yang terlalu rendah.

Baca juga: Penyebab Dan Cara Mudah Memperbaiki Alarm Mobil Yang Rusak

Cara mengatasi kulkas berdengung atau bersuara bising lainnya biasanya karena masalah kompresor, disarankan agar terlebih dahulu Anda mengidentifikasi masalah tersebut dengan lebih spesifik.

Jika usia kulkas sudah cukup lama, atau mulai lemah. Misalnya karena ring piston sudah aus, yang disebabkan oleh kekurangan pelumas. Langkah terbaik adalah menggantinya dengan komponen yang baru.

Anda bisa membeli komponen kompresor di toko-toko elektronik terdekat, maupun membelinya secara online.

Harga kompresor kulkas tentunya sangat beragam. Misalnya untuk kompresor kulkas 2 pintu, harga barunya sekitar Rp700 ribu hingga Rp800 ribuan. Sementara untuk harga second, sekitar Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan.

4. Kipas Rusak

Kipas atau fan pada kulkas yang rusak juga bisa menimbulkan masalah suara bising dan berisik pada kulkas. Biasanya hal ini terjadi disebabkan oleh bagian motornya yang sudah mulai aus. Akibatnya perputaran kipas pun menjadi berat, sehingga mengeluarkan suara mencicit.

Untuk mengatasi masalah ini, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengganti kipas tersebut dengan komponen yang baru. Tentu saja, unit ini juga bisa Anda beli secara online maupun toko offline di sekitar.

Jika yang rusak hanya baling-baling kipasnya saja, maka biaya yang Anda keluarkan pun akan lebih terjangkau.

Harga fan atau kipas kulkas juga sangat bermacam-macam. Semua ditentukan oleh merk kipas, type, serta kelengkapan yang dimilikinya. Sebagai gambaran, kipas kulkas dua pintu memiliki harga sekitar Rp100 ribu sampai Rp400 ribuan.

Jika hanya bagian tertentunya saja yang rusak, Anda tidak perlu membelinya satu set. Selain bisa membeli baling-balingnya saja, Anda juga bisa membeli motor kipasnya saja. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Selain karena kerusakan, kipas juga bisa menimbulkan suara yang keras jika terjadi penumpukan es. Hal ini karena bunga es bisa menghalangi pergerakan bilah kipas, sehingga baling-balingnya tidak dapat berputar dengan lancar.

Cara mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Yaitu cukup dengan membersihkan bunga esnya saja, terlebih bunga es yang berada di sekitar kipas.

5. Pipa Berhimpitan Dengan Body Kulkas

Meskipun masalah ini ini jarang sekali terjadi. Namun mungkin saja, kulkas di rumah Anda posisi pipanya berhimpitan dengan body kulkas.

Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan suara berisik pada kulkas. Solusinya tentu saja dengan meregangkan pipa tersebut dengan dinding kabinet agar tidak berhimpitan secara langsung.

6. Motor Kipas Evaporator Rusak

Suara berisik pada kulkas juga dapat disebabkan oleh motor kipas evaporator yang rusak. Ciri-cirinya adalah ditandai dengan dinding belakang pada freezer terasa lebih panas dari pada biasanya.

Kerusakan kipas evaporator pada kulkas, umumnya disebabkan oleh usianya yang sudah tua, sehingga kemudian menjadi aus dan rusak. Tidak ada solusi untuk masalah ini selain menggantinya dengan perangkat yang baru. Harganya pun tidak terlalu mahal, biasanya sekitar Rp100 ribuan. Ada pula yang harganya di atas itu.

Baca juga: Dispenser Di Rumah Anda Tidak Panas? Perbaiki Dengan Cara Ini!

Kerusakan juga kadang terjadi pada bagian cincin atau strip tepi / grommet yang menjadi dudukan bagi motor kipas evaporator. Selain karena aus, kerusakan komponen ini juga dapat disebabkan kondisinya longgar. Akibatnya kipas akan bergerak pada breketnya, sehingga bisa menimbulkan suara-suara tidak nyaman.

Solusinya, tentu saja dengan mengganti ring cincin pada kulkas tersebut. Terutama jika memang sudah longgar maupun aus.

Hubungi Teknisi Profesional

Bagi orang awam, untuk mengetahui ciri-ciri masalah suara bising dan keras yang ditimbulkan pada kulkas tentunya merupakan hal yang sangat sulit apalagi orang tersebut tidak suka ngulik. Namun hal tersebut sangatlah wajar, sebab memang pengalaman tentang hal itu masih minim.

Atas dasar itu, apalagi merasa ragu untuk memperbaikinya sendiri, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa teknisi kulkas profesional untuk dapat mengatasi masalah pada kulkas ini.

Sebab, selain karena kerusakan pada komponen, bisa jadi hal tersebut menandakan kulkas perlu dibersihkan atau dilakukan langkah perawatan lainnya.

Demikian pembahasan yang bisa Fajrinfo bagikan tentang penyebab dan cara mengatasi dan memperbaiki kulkas yang bersuara berisik. Semoga informasi yang telah kami bagikan terkait suara kulkas berisik ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Kirim Komentar

Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spamming.

Untuk dapat dipublikasi, komentar harus ditinjau oleh administrator *

Lebih baru Lebih lama