6 Cara Ini Bisa Memasarkan Produk Anda Secara Online, Mudah Dan Murah!

Salah satu penyebab penting yang membuat suatu usaha atau bisnis akhirnya bangkrut...Cara memasarkan produk secara online sebetulnya bukanlah hal...
Salah satu penyebab utama yang mengakibatkan suatu usaha atau bisnis akhirnya bangkrut adalah tidak tersedianya anggaran untuk menghidupi dan mengoperasikan usaha itu sendiri. Misalnya saja, pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Padahal perlu sebuah upaya untuk dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar ketimbang pengeluarannya. Dan pendapatan yang tinggi pastinya tidak dapat terlepas dari usaha pemasaran produk yang baik.

Pemasaran produk, baik berupa barang maupun jasa, sebaiknya tidak hanya terpaku pada cara melakukannya secara offline. Sebab pemasaran online pun bisa menjadi alternatif lain yang memiliki peluang sangat besar untuk suatu usaha di zaman digital seperti saat ini.

Para konsumen pun kian tertarik untuk mencari dan menemukan berbagai produk ataupun jasa secara online dengan beragam fasilitas dan kemudahan yang ditawarkannya.

Cara memasarkan produk secara online sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk para pebisnis pemula, asal memiliki kemauan untuk belajar. Budget yang diperlukan juga hampir tanpa modal usaha. Cukup memakai sebuah unit komputer atau laptop dan berlangganan internet secara realtime selama 24 jam, pelaku bisnis sudah bisa memasarkan produknya dengan cara online.

Cara Ini Bisa Memasarkan Produk Anda Secara Online, Mudah Dan Murah

Anda memiliki usaha yang aktivitas utamanya menjual sebuah produk? Namun Anda ingin produk tersebut dikenal lebih luas lagi ketimbang memasarkan produk secara offline, yakni dengan cara memasarkan produk-produk tersebut secara online? Kali ini kita akan mencoba membahas tentang bagaimana caranya memasarkan produk secara online yang baik dan tepat.

Berikut adalah 6 cara memasarkan produk secara online yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan murah sebagai upaya memperluas jangkauan kepada calon konsumen untuk mengenal produk Anda.

1. Miliki Website Atau Blog

Inilah yang paling penting, manfaatnya adalah sebagai wadah produk Anda di internet. Calon konsumen akan mengenal, kemudian melihat-lihat dan mempelajari produk yang Anda tawaekan di halaman website tersebut.

Pada website Anda tersebut akan ditampilkan informasi lengkap mengenai produk Anda, cara pemesanan / order, cara melakukan pembayaran, serta informasi penting lainnya yang dibutuhkan oleh calon konsumen.

Dengan memiliki sebuah website yang fokus terhadap produk Anda, maka ini merupakan nilai tambah khusus dibanding rival Anda yang tidak memiliki situs atau website resmi tentang produk itu sendiri.

2. Gunakan Sosial Media

Di samping website atau blog, pemanfaatan sosial media yang aktif pun akan sangat berpengaruh pada pemasaran produk yang Anda tawarkan. Coba bayangkan, jika Anda ingin membeli sebuah produk dari sebuah laman sosial media, namun akun tersebut sudah tidak aktif lagi atau update terakhirnya satu tahun yang lalu? Maka apakah Anda masih tertarik untuk membeli? Tentunya tidak, sebab Anda akan merasa khawatir terkena tipu.

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memilih salah satu tools untuk mengelola sosial media seperti Bufferapp atau Hootsuite. Tools tersebut bermanfaat bagi Anda dalam memposting satu konten langsung terhubung dengan beberapa akun sosial media yang Anda miliki seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menjalankan penjadwalan posting, sehingga dengan itu Anda bisa membuat beberapa konten sekaligus kemudian konten tersebut dapat diatur kapan waktu penayangannya.

3. Promosikan Dengan Iklan Online

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tools yang tersedia pada media sosial paling besar sekarang, yakni Instagram dan Facebook. Anda akan dijamin memperoleh calon konsumen atau pelanggan yang pasti, sebab sasarannya bisa dipilih menurut kehendak Anda yang tentunya para pengguna jenis produk tersebut.

Dengan memanfaatkan tool pada sosial media tersebut, Anda bisa mengatur anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta bisa mengatur kapan waktu penayangannya.

4. Dipromosikan Melalui Akun Terkenal

Sebenarnya cara ini kurang direkomendasikan, sebab sasarannya belum tentu tepat dan biayanya beragam dari yang ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Pada umumnya bergantung dari banyaknya jumlah followers (pengikut) akun tersebut. Akan tetapi beberapa jenis produk mungkin akan sangat efektif jika memakai cara yang satu ini.

5. Gunakan Tools Untuk Analisis

Berikut adalah beberapa tools analisis yang berguna untuk pemasaran produk Anda dengan secara online.

- Google Analytics, dengan menggunakan tools yang satu ini Anda akan memperoleh data lengkap terkait pengunjung website yang Anda miliki, mulai lokasinya dimana, teknologi yang digunakan, usia pengunjung, jenis kelamin, halaman mana saja yang banyak dikunjungi, serta masih banyak lagi analisis lainnya. Sampai sekarang belum ada tools analisis untuk website yang lebih bagus dari Google Analytics.

Baca juga: Lakukan Tips Sukses Ini Untuk Memulai Usaha Dari Rumah!

- Google Trends, dengan memanfaatkan tools ini Anda dapat menganalisa tren apa saja yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dan berhubungan dengan produk yang Anda jual. Anda bisa memakai tools ini untuk membuat sebuah promosi secara khusus.

6. Tools Untuk Desain

Barangkali tidak semua orang memiliki kemampuan dalam mendesain. Namun kini sudah banyak tersedia beragam tools atau alat yang mudah bagi siapapun yang ingin membuat desain untuk memasarkan berbagai produknya di media sosial. Ukuran yang diberikan pun telah banyak disesuaikan dengan platform Facebook, Instagram, dan layanan media sosial yang lain.

Tools yang banyak digunakan adalah Canva. Aplikasi ini telah menyediakan stok template yang banyak sekali serta keren dan unik. Anda dapat mengubah sesuaikan dengan tulisan khusus, dengan jenis huruf yang Anda sukai, menambahkan foto-foto atau gambar sendiri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Alat desain yang amat tangguh untuk menunjang pemasaran produk Anda.

Demikian yang bisa Fajrinfo bagikan terkait beberapa cara untuk memasarkan produk Anda secara online yang tentunya mudah dan murah untuk diterapkan. Semoga informasi yang kami sampaikan untuk pemasaran produk secara online ini dapat bermanfaat dan menunjang keberhasilan usaha Anda.