Inilah 9 Cara Mudah Menjadi YouTuber Modal Ponsel Bagi Pemula

Sering melihat aksi YouTuber favorit Anda lewat tayangan video mereka yang sangat menarik dan nampak profesional? Anda ingin mengikuti jejak mereka dan bermimpi dapat sesukses PewDiePie atau Casey Neistat?

Sekarang ini banyak sekali orang yang bercita-cita menjadi seorang YouTuber yang sukses. Betapa tidak, pendapatan yang diperoleh dari YouTube melalui iklan yang ditampilkan pada tiap video yang mereka unggah terbilang cukup besar.

Cara Mudah Menjadi YouTuber Modal Ponsel Bagi Pemula

cara mudah jadi youtuber modal hp

Tapi bagaimana jika Anda merupakan orang yang baru pertama kali membuat video di YouTube dan belum memiliki peralatan mumpuni selengkap para YouTuber kenamaan? Jangan khawatir, sebab dengan modal ponsel saja Anda bisa mulai menjadi seorang YouTuber.

Berikut adalah 9 cara menjadi YouTuber pemula yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Buat Channel YouTube

Untuk menjadi YouTuber sukses tentu saja Anda harus membuat channel YouTube terlebih dahulu. Jika Anda sudah punya akun Gmail, maka bisa langsung sign in dengan menggunakan alamat email yang ada.

Namun jika masih belum memiliki akun Gmail, maka Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Jika sudah, maka Anda dapat membuat channel YouTube dari dengan menggunakan alamat email yang sudah dibuat.

2. Rencanakan Konsep Konten

Setelah berhasil membuat channel YouTube, pikirkan tentang konsep untuk konten video yang akan Anda buat. YouTube memiliki banyak niche (topik) dan konsep yang bisa Anda ikuti misalnya YouTuber yang kontennya fokus membahas tentang game, kecantikan, tutorial atau topik apapun sesuai dengan hobi dan kesukaan Anda.

Setelah mendapatkan ide tentang konsep yang ingin dijadikan topik utama channel, kemudian pikirkan tentang tema apa saja yang ingin Anda tampilkan. Jika misalnya Anda seorang gamer, apa video Anda sebagian besar akan berisi tentang walkthrough atau review game terbaru?

3. Siapkan Peralatan

Jika masih pemula, Anda dapat menggunakan kamera ponsel atau webcam laptop untuk melakukan perekaman video. Pada tahap awal ini yang terpenting adalah memiliki rasa percaya diri saat berbicara di depan kamera.

Pastikan video yang Anda buat memiliki pencahayaan yang baik, meskipun hanya mengandalkan sinar matahari. Setelah channel Anda konsisten dan mulai berkembang, cobalah berinvestasi dengan mencicil beli peralatan yang lebih profesional.

4. Konsisten

Seiring popularitas konten dan channel YouTube yang tinggi dan terus meningkat, maka akan ada banyak orang yang menunggu video baru dari Anda. Cobalah untuk selalu konsisten dalam mengunggah video, setidaknya minimal seminggu sekali. Durasi video Anda juga sebisa mungkin harus konsisten.

5. Edit Video

Meskipun Anda terbilang masih pemula, bukan berarti Anda hanya bisa mengunggah video dengan tampilan seadanya. Edit dan sesuaikanlah video Anda sesuai dengan kemampuan serta buatlah semenarik mungkin agar terlihat profesional untuk dilihat. Dalam hal ini Anda bisa sambil terus belajar untuk meningkatkan kemampuan editing seiring pertumbuhan channel YouTube yang Anda miliki.

Lakukan editing mulai dari aplikasi atau software yang ringan dan mudah terlebih dahulu. Setelah agak terbiasa dengan istilah-istilah dan fitur yang terdapat pada aplikasi atau software editing tersebut, Anda bisa belajar menggunakan software yang lebih mumpuni lagi dari sebelumnya.

6. Manfaatkan SEO

Untuk menjadi seorang YouTuber yang sukses tidak hanya mengandalkan unggahan berbagai macam video yang menarik. Anda juga harus pastikan bahwa orang banyak mengetahui keberadaan video yang Anda bagikan, mengingat ada jutaan video yang diunggah ke YouTube di setiap harinya.

Gunakan judul video yang deskriptif serta pastikan Anda juga menggunakan tag dan kata kunci yang relevan pada deskripsi video sesuai dengan kebutuhan Search Engine Optimization (SEO).

7. Dapatkan Uang dari YouTube

Jika masih level pemula, Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube bekerjama dengan Google AdSense. Namun jika channel sudah lebih berkembang, Anda dapat meningkatkan sumber pendapatan dari sponsorship atau endorsement.

8. Berteman dengan Content Creator Lainnya

Semakin banyak koneksi dengan content creator lainnya di YouTube, maka semakin besar pula exposure yang akan Anda dapatkan di YouTube. Anda tidak hanya bisa meminta bantuan mereka untuk mempromosikan channel Youtube yang dimiliki, tapi bisa juga membuat video kolaborasi.

Melalui video kolaborasi, penonton setia dari rekan YouTuber ini akan menonton aksi yang Anda lakukan juga. Jangan lupa juga untuk membagikan channel YouTube Anda melalui media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

9. Jangan Lupakan Komunitas

Cara menjadi YouTuber sukses lainnya adalah jangan lupa untuk berinteraksi dengan penonton dan subscriber channel Youtube Anda. Mereka biasanya akan memberikan feedback yang baik positif maupun negatif melalui kolom komentar yang tersedia dan sebisa mungkin respon sebaik mungkin komentar yang mereka berikan meskipun itu menjengkelkan.

Demikian yang bisa kami bagikan untuk sobat Fajrinfo.com mengenai cara mudah menjadi Youtuber modal HP bagi pemula. Semoga bagi sobat Fajrinfo.com yang sedang merintis channel Youtube akan semakin berkembang dan meningkat.
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama