Cara Mudah Root HP Samsung Galaxy A50 [Update Terbaru]

Apakah kamu ingin Root Samsung Galaxy A50? Jika benar, maka saat ini kamu sedang...Smartphone ini datang dengan ukuran layar 6,4 inci (16,26 cm) 403..
Apakah kamu ingin Root Samsung Galaxy A50? Jika benar, maka saat ini kamu sedang berada di tempat yang tepat. Sebab, pada kesempatan ini Fajrinfo.com akan membagikan tutorial cara mudah root samsung galaxy a50.

Terkadang ada saja hal-hal yang belum kita ketahui tentang smartphone yang kita miliki, seperti berapa banyak partisi yang dimiliki atau bahkan cara mudah untuk mendapatkan hak akses rooting pada HP Samsung Galaxy A50 tersebut. Mungkin kamu juga menginginkannya, dan hal itulah yang menjadi sebab mengapa kamu ada disini, jadi mari kita bahas tentang spesifikasinya.

Apakah kamu tertarik dengan gambaran umum secara singkat tentang spesifikasi smartphone Galaxy A50 milikmu?

cara root samsung galaxy a50

Smartphone yang satu ini diluncurkan di pasar Indonesia pada bulan Maret 2019. Berbicara tentang sensor kamera, ponsel ini dibekali dengan 25MP + 5MP + 8MP dengan pengaturan tiga kamera utama. Prosesor Exynos 7 Octa mendukung kinerja Samsung Galaxy A50 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

Smartphone ini datang dengan ukuran layar 6,4 inci (16,26 cm) 403 PPI, Super AMOLED. Untuk kinerja baterai kapasitas 4000 mAh, Port USB Type-C dengan fitur Pengisian Cepat (Fast Charging). Sebelum kita bahas panduan untuk rooting galaxy a50, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu rooting?

Baca juga: Cara Boot HP Samsung Ke Download Mode Tanpa Memakai Tombol Fisik

Apa itu Root?

Secara singkat, root adalah direktori penyimpanan sistem ponsel yang menyimpan data secara keseluruhan. Untuk dapat masuk ke dalamnya — kamu harus mengatur dan memperoleh hak akses istimewa yang tidak dimiliki pengguna pada umumnya.

Akses root membuka pintu akses (hak administrator) yang bisa memungkinkan kamu untuk melakukan modifikasi secara bebas pada partisi ponsel yang berbeda dari sistem dan pengaturan smartphone bawaan.

Namun di sisi lain, ada juga kekurangan yang sama saat kamu membuka berbagai fitur menarik tersebut. Namun kekurangan tersebut tidak berdampak signifikan bagi kamu yang sudah biasa "ngoprek" HP Android.

Berikut adalah beberapa Poin yang harus diingat saat Melakukan Rooting

- Pastikan bootloader ponsel galaxy A50 kamu sudah dibuka kuncinya (OEM Unlocked). Kamu bisa mengikuti panduan yang telah kami buat sebelumnya untuk membuka kunci bootloader di semua HP Samsung.

- Kamu tidak bisa melakukan apapun pada data yang disimpan dalam memori penyimpanan internal ponsel saat dalam proses rooting. Untuk itu, sebelum melakukan rooting buatlah data backup di memori eksternal MicroSD terlebih dahulu.


Kelebihan Root Samsung Galaxy A50

Dapatkan Fitur Khusus

Ada banyak referensi untuk memodifikasi perangkat lunak pada ponsel milikmu dan kamu bisa mencoba menerapkan apa saja.

Overclocking adalah salah satunya dan kamu patut mencobanya karena dapat meningkatkan kecepatan prosesor dan kinerja ponsel secara maksimal.

Mempercantik Tampilan

Manfaatkan custom ROM (ROM khusus) yang dapat menciptakan pengalaman menarik dan dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan.

Kamu juga bisa mengimplementasikan tata letak tampilan ponsel-ponsel flagship yang terkesan lebih premium.

Kekurangan dari Root Samsung Galaxy A50

Kurangi Faktor Risiko

Dengan root, kamu akan dapat menggunakan fitur ponsel tingkat lanjut yang lebih mendalam dan hal tersebut bisa dilakukan sesuka hatimu.

Akan tetapi, waspadalah terhadap aplikasi berbahaya yang berasal dari penyedia layanan tidak bertanggungjawab. Sebab aplikasi tersebut dapat dengan mudah mengakses data kamu melalui malware dan virus.

Masalah Garansi Ponsel

Setelah kamu entah bagaimana merusak ponsel Android yang kamu miliki, maka secara otomatis kamu tidak akan bisa mendapatkan semua hak istimewa yang disertakan dengan garansi. Selain itu, perbaikan di service center pun biasanya tidak memungkinkan.

Fajrinfo.com tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada ponsel yang kamu miliki. Semua risiko yang terjadi disebabkan oleh proses rooting ini jadi tanggung jawab kamu sendiri. Kami berharap agar kamu dapat mengikuti panduan rooting galaxy a50 ini dengan cermat dan tanyakan jika terdapat masalah dalam menerapkannya.


Silahkan download File TWRP Galaxy A50 ini sesuai dengan model HP Samsung yang kamu miliki. Dan ingatlah, jangan sekali-kali memasang file TWRP recovery ponsel lain jika tidak mau ponsel samsung galaxy a50 kamu mati total atau bootloop.

Cara Download:
Tunggu beberapa detik >> tekan KLIK UNTUK MENUJU LINK >> tekan MENUJU LINK.


Cara Pasang TWRP Pada Samsung Galaxy A50

1. Ekstrak data dari file Odin flash tool lalu buka bagian aplikasi (yang berekstensi .exe).

cara root samsung galaxy a50

2. Hubungkan ponsel samsung a50 kamu yang sudah berada dalam kondisi "Download Mode" ke komputer atau laptop lalu buka Odin flash tool.

3. Setelah itu, komputer akan memeriksa dan mendeteksi perangkat dan akan menunjukkan tanda "Added" di sisi kiri atas. Jika ponsel kamu tidak terdeteksi oleh komputer atau laptop, maka kamu harus menginstal Samsung USB Driver terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan langkah ke-2 lagi hingga muncul Added pada Odin.

4. Kemudian pilih tombol "AP" , lalu temukan lokasi file TWRP recovery yang tadi sudah kamu download melalui link yang kami sediakan di atas.

cara root samsung galaxy a50

5. Pastikan bahwa pada menu Options di Odin, kamu telah menghapus ceklis di bagian "Auto-Reboot".

6. Setelah itu klik tombol "Start" untuk mengambil satu lompatan ke depan guna memperoleh hak akses istimewa TWRP yang canggih dan keren.

7. Lepaskan kembali ponsel dari komputer lalu tekan tombol Volume turun + Power.

cara root samsung galaxy a50

8. Maka peringatan boot akan muncul di layar -> tekan tombol Volume naik untuk masuk ke menu boot. Hapus semua data dengan bantuan fitur Factory reset pada TWRP recovery.

Cara Root HP Samsung A50 Dengan Magisk

1. Untuk memulai proses rooting selanjutnya, patikan sambungan dengan komputer sudah terputus dan silahkan restart ponsel kamu dan download Magisk zip terbaru sekarang juga.

2. Sekarang tekan tombol Volume naik + Power. Tahan hingga logo boot muncul, kemudian lepaskan tombol Power tetapi jangan lepaskan tombol Volume sampai mode TWRP recovery terbuka.

3. Lalu kau akan melihat bagian Install, ketuk lalu arahkan menuju file Magisk zip yang tadi didownload.

cara root samsung galaxy a50

4. Sebaiknya file Magisk zip yang tadi didownload kamu letakkan di memori eksternal pada folder yang mudah ditemukan saat melakukan langkah ini. Setelah file Magisk zip berhasil ditemukan, geser ke kiri untuk mem-flash file zip tersebut.

cara root samsung galaxy a50

5. Setelah instalasi file Magisk zip selesai, lalu klik Reboot system. Proses flashing ini biasanya akan memakan waktu beberapa menit hingga sekitar 15-20 menit.

6. Itulah sobat Fajrinfo.com! Sekarang, nikmati keleluasaan untuk memodifikasi ponsel Samsung A50 kamu dengan sesuka hati dari hak istimewa Magisk.
Jika dalam melakukan langkah-langkah rooting kamu mengalami masalah atau kendala tentang fungsi pada ponsel, maka jangan sungkan untuk mampir di bagian komentar dan mengungkapkan permasalahan yang kamu alami. Kami akan dengan senang hati membantu mengatasi masalah tersebut. Selamat melakukan rooting!