Perhatikan 8 Tips Ini Kalau Mau Beli Laptop Untuk Keperluan Pekerjaan!

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk melakukan pekerjaan dari rumah (WFH), maka penting kiranya untuk memiliki sebuah laptop yang mumpuni guna menunjang aktivitas tersebut. Namun mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan tentu menjadi PR tersendiri. Terlebih dengan varian laptop yang banyak, biasanya membuat kita bingung untuk menentukan pilihan.

beli laptop untuk kerja

Agar tidak salah beli, berikut adalah beberapa tips membeli laptop untuk keperluan pekerjaan yang dapat Anda terapkan.

1. Tentukan budget terlebih dahulu

Mau laptop bagus, tentu saja bisa asalkan budget mencukupi. Jika tidak cukup, maka usaha kita untuk mencari spesifikasi laptop maupun review laptop akan sia-sia karena tidak bisa membelinya.

Untuk itu, penting untuk menentukan budget terlebih dahulu agar dalam mencari laptop menjadi mudah. Dengan begitu kita bisa langsung ketikkan di mesin pencari dengan sejumlah budget, kemudian berbagai pilihan pun akan muncul di halaman internet.

2. Tentukan ukurannya juga

Ukuran laptop yang ada di pasaran cukup bervariasi, mulai dari 11-15 inch dan 17-18 inch. Ukuran mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda?

Sebab, kebutuhan layar laptop untuk seorang gamer dan akuntan tentu saja akan berbeda. Ukuran layar yang mumpuni jelas akan membuat kita lebih nyaman saat bekerja. Mata menjadi lebih mudah memantau pekerjaan dalam satu layar, sehingga tidak akan cepat lelah.

3. Dalami kapasitas penyimpanannya

Dulunya laptop hanya dilengkapi dengan media penyimpanan harddisk, namun sekarang sudah banyak laptop yang dibekali dengan SSD. Sebuah media penyimpanan yang menggunakan rangkaian sirkuit, sudah saling terintegrasi dengan data. Laptop yang dilengkapi dengan SSD tentu mampu menyimpan data yang lebih banyak.

Untuk harga jelas lebih mahal dari pada laptop dengan haddisk saja. Namun dengan keunggulan penyimpanan yang dimiliki SSD, harga yang agak mahal tidaklah menjadi persoalan. Apalagi jika file-file pekerjaan kita cukup besar.

4. Kemudahan penggunaan laptop

Pernah mendengar istilah user friendly? Nah, istilah ini mengacu pada laptop yang mudah dipakai oleh penggunanya. Mulai dari tombol hingga fitur-fitur yang disematkan di dalamnya bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengguna.

Kita yang tidak terlalu paham tentang teknologi dan cara mengoperasikannya tentu akan semakin dimudahkan pekerjaannya dengan laptop user friendly. Jenisnya bisa dicari di mesin pencari, yaitu Google. Akan ada banyak pilihan disana, jadi kita tinggal memilih yang paling cocok.

5. Daya tahan baterai

Khusus untuk yang sering melakukan video conference atau rapat online dengan manajemen atau klien, maka penting memperhatikan daya tahan baterai pada laptop. Pilihlah laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Semakin besar kapasitas baterai, biasanya jam pakainya pun akan lebih lama.

Namun, jangan tertipu dengan angka yang tertulis pada spesifikasinya. Sebab ada beberapa laptop yang punya kapasitas baterai yang lebih rendah, tapi daya tahannya jauh lebih lama. Inilah yang mesti kita perhatikan baik-baik sebelum beli laptop.

6. Berat laptop itu sendiri

Namanya bekerja di rumah, tapi mustahil kalau kita terus-menerus bekerja di rumah. Ada kalanya kita ingin bekerja di luar untuk menikmati suasana berbeda, sehingga bekerjanya tidak membosankan. Inilah alasan mengapa berat laptop juga harus menjadi pertimbangan saat hendak membeli laptop.

Rata-rata berat laptop itu lebih dari 2 kg, tapi ada beberapa merek laptop yang menghadirkan laptop dengan berat lebih ringan. Beratnya bisa kurang dari 2 kg, jadi lebih mudah dibawa bepergian. Harga bisa jadi lebih mahal dari laptop pada umumnya, tapi kalau budget cukup, tidak ada salahnya dibeli.

7. Kamera laptop bagus

Selain kapasitas baterai, kita juga perlu memperhatikan bagus atau tidaknya kamera yang disematkan pada laptop tersebut. Terlebih lagi jika kita sering melakukan online meeting. Akan lebih baik memilih laptop yang kameranya bagus agar wajah orang-orangnya terlihat jelas, begitu pula dengan materi rapat yang dipaparkan disana.

Resolusi kamera yang dianjurkan adalah 720 pixel. Lebih tinggi justru lebih bagus, jadi kita tidak perlu memasang kamera tambahan lagi. Mengirim video dengan kamera beresolusi tinggi pun enak karena kualitas videonya bagus, proses upload pun lancar.

8. Beli dari toko terpercaya

Dan tips terakhir saat membeli laptop adalah memperhatikan kredibilitas toko. Hal ini tidak hanya berlaku saat beli laptop online, tapi juga offline.

Sebab ada saja penjual nakal yang menjual laptop rakitan. Kita sebagai masyarakat awam tentu tidak akan tahu, kecuali kita membawa orang yang paham betul tentang teknologi. Jangan lupa baca review toko yang bersangkutan untuk menghindari penyesalan.

Beli Laptop sesuai Kebutuhan

Kebutuhan perangkat tiap orang berbeda-beda, jadi pilihlah perangkat yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kita. Jangan membeli laptop karena trend, apalagi demi menaikkan gengsi karena manfaat yang didapat pastinya tidak akan maksimal, buang-buang uang juga. Kalau laptop harga murah sudah cukup tangguh untuk menunjang pekerjaan kita, mengapa tidak?
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama