Cara Melakukan Root Pada HP Samsung Galaxy M21 [Terbaru]

Apakah kamu sedang mencari cara Root HP Samsung Galaxy M21? Jika ya, berarti...Direktori asli tempat sistem Android ditempatkan, disebut dengan...
Apakah kamu sedang mencari cara Root HP Samsung Galaxy M21? Jika ya, berarti kamu sekarang berada di tempat yang tepat.

Tahapan root Magisk dimulai dengan mendapatkan toolkit yang tepat untuk membuka kunci partisi yang berbeda dari ponsel Android. Disini, kamu akan mendapatkan semua yang dibutuhkan sebelum melakukannya. Sekarang, langkah pertama dimulai dengan mendapatkan alat yang tepat berdasarkan spesifikasi Samsung M21 yang kamu miliki.

Apakah kamu tertarik dengan gambaran umum secara singkat tentang spesifikasi HP Samsung Galaxy M21?

cara root hp samsung m21

Smartphone ini diluncurkan di pasar Indonesia pada bulan Mei 2020. Berbicara tentang sensor kamera, Galaxy M21 dibekali dengan tiga kamera utama dengan resolusi 48MP + 8MP + 5MP. Prosesor Exynos 9 Octa mendukung kinerja Samsung Galaxy M21 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Smartphone Samsung M21 ini hadir dengan layar 6,4 inci (16,26 cm) 403 PPI, Super AMOLED serta kinerja baterai 6000 mAh dengan Port USB Type-C yang memiliki kemampuan Pengisian Cepat.

Sebelum menerapkan root pada HP Samsung M21, mari kita pahami terlebih dahulu tentang apa itu rooting.

Apa itu Root?

Direktori asli tempat sistem Android ditempatkan, disebut dengan rooting. Dengan kata lain, root adalah tempat dimana semua aplikasi dan data file, perangkat lunak, dll. disimpan dalam smartphone.

Pada masing-masing merek ponsel Android, cara mendapatkan akses root berbeda-beda. Dengan begitu, mendapatkan hak akses untuk masuk ke sistem administrator Android akan menjadi lebih mudah.

Setelah itu, kamu akan mendapat sebutan sebagai pengguna Android dengan akses root yang melalui pengaturan sistem, tetapi sebaiknya kamu juga mengetahui sisi negatif dari melakukan rooting ini, jadi mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya.

Berikut adalah beberapa Poin yang Perlu Diingat saat Melakukan Rooting

- Pastikan bootloader smartphone Samsung Galaxy M21 kamu telah dibuka kuncinya (OEM Unlocked). Jika belum, kamu bisa mengikuti panduan untuk membuka kunci bootloader di semua HP Samsung model apapun.

- Selama proses rooting berlangsung, kamu tidak dapat melakukan apapun pada data yang disimpan dalam penyimpanan internal ponsel. Untuk itu, sebelum menerapkan rooting, buatlah data cadangan terlebih dahulu.


Kelebihan Root Samsung Galaxy M21

Tingkatkan Kualitas Suara

Kamu dapat dengan mudah memasang custom ROM (ROM khusus) yang dimodifikasi untuk dapat menyesuaikan kualitas suara dan meningkatkan amplifikasi. HP Samsung M21 kamu juga bisa melakukan Tweak Dolby atau memiliki audio yang tajam.

Penggunaan Baterai Lebih Awet

Salah satu alasan utama kamu harus membuka akses root pada ponsel Galaxy M21 adalah untuk mengurangi konsumsi baterai dan memperpanjang masa pakai baterai dalam beberapa kali lipat dengan menerapkan hak akses root.

Kekurangan Root Samsung Galaxy M21

Go Overboard Dengan Tweaks

Mengutak-atik file sistem android memiliki risiko merusak dan membuat perangkat menjadi tidak bisa digunakan (mati total).

Oleh sebab itu, saat ponsel Android kamu sudah dalam status rooted, maka hindarilah menerapkan perubahan pada pengaturan internal ponsel.

Satu Kesalahan Bisa Berakibat Fatal

Proses rooting mungkin terdengar sangat mudah bagi para penggemar teknologi, khususnya pengembang android. Namun, satu kesalahan dapat menyebabkan masalah fatal pada ponsel, dan mungkin tidak bisa mengklaim garansi di Pusat Layanan.

Fajrinfo.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan apapun yang terjadi pada ponsel Samsung M21 kamu. Untuk itu, pahami dengan cermat panduan rooting Galaxy M21 yang kami bagikan ini dan terapkan secara perlahan.


Sebelum memulai proses, download File TWRP untuk HP Samsung M21 terlebih dahulu sesuai dengan model ponsel untuk mendapatkan pengalaman rooting yang aman.

Cara Download:
Tunggu beberapa detik >> tekan KLIK UNTUK MENUJU LINK >> tekan MENUJU LINK.


Cara Pasang TWRP Pada Samsung Galaxy M21

1. Ekstrak data dari file Odin flash tool, lalu buka bagian aplikasi yang memiliki ekstensi .exe.

cara root hp samsung m21

2. Hubungkan ponsel yang telah berada pada "Download Mode" ke laptop lalu buka Odin flash tool. Atau simak panduan berikut ini jika HP kamu mengalami masalah untuk melakukan Download mode.

3. Kemudian laptop akan mendeteksi ponsel kamu dan menunjukkan "Added" di sisi kiri atas. Jika tidak terdeteksi, maka kamu harus menginstal Samsung USB Driver terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan langkah ke-2 lagi hingga muncul Added pada Odin.

4. Pilih tombol "AP" , dan lanjutkan untuk menemukan lokasi file TWRP Recovery untuk ponsel Samsung M21 yang telah kamu download di atas.

cara root hp samsung m21

5. Pastikan kamu telah menghapus ceklis untuk "Auto-Reboot" pada bagian Options.

6. Ketuk "Start" untuk mendapatkan hak akses istimewa TWRP recovery yang menarik.

7. Setelah selesai, lepaskan ponsel dan tekan tombol Volume turun + Power.

cara root hp samsung m21

8. Maka peringatan boot akan muncul di layar -> tekan Volume naik untuk masuk ke menu boot. Hapus semua data dengan bantuan opsi Factory Reset.

Root Samsung Galaxy M21 Dengan Magisk

1. Untuk melanjutkan proses rooting, selanjutnya putuskan sambungan ponsel dengan laptop lalu reboot ponsel. Download Magisk zip terbaru jika kamu belum memilikinya.

2. Sekarang tekan tombol Volume naik + Power. Tahan hingga logo boot muncul, lalu lepaskan tombol power dan terus tahan tombol Volume sampai mode TWRP recovery terbuka.

3. Kamu akan melihat bagian Install, klik opsi tersebut lalu arahkan ke file magisk zip yang kamu simpan (sebaiknya simpan di memori eksternal).

cara root hp samsung m21

3. Jika file magisk zip disimpan di memori eksternal, maka cari file tersebut di folder sd_card pada TWRP recovery. Kemudian geser ke sebelah kiri untuk mem-flash file zip tersebut.

cara root hp samsung m21

4. Kemudian jangan lupa untuk melakukan Reboot system. Biasanya proses flashing setelah reboot akan memakan waktu 15-20 menit.

5. Sekarang, nikmati kemudahan dari hak istimewa magisk pada ponsel Samsung M21 kamu.

Cara memiliki akses ke pengaturan rooting pada ponsel Android tidak sulit, dan kamu akan mengerti serta bisa menerapkannya dari panduan cara root galaxy m21 yang Fajrinfo.com bagikan di atas. Dan hak istimewa akses rooting ini menjadi sangat mudah.

Jika dalam menerapkan langkah-langkah di atas ada yang kurang dipahami atau kamu mengalami masalah pada ponsel samsung galaxy m21 yang kamu miliki, maka kolom komentar di bawah selalu terbuka bagi kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan kami akan mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut.