Cara Root Dan Pasang CWM Galaxy Ace 3 S7270

Setelah kemarin membahas tentang alasan mengapa smartphone berbasis android harus diroot pada postingan beberapa waktu lalu yaitu Root Galaxy Ace 4 G316HU. Kini FajrInfo akan membagikan tutorial cara root dan pasang CWM pada smartphone Samsung Galaxy Ace 3 S7270.

Meskipun Galaxy Ace 3 S7270 terbilang bukan smartphone produk baru dari Samsung, namun masih banyak yang merasa kebingungan untuk melakukan root dan memasang CWM pada smartphonne ini. Sebelum menuju tutorial, ada baiknya FajrInfo menerangkan sedikit tentang apa itu CWM?
Cara Root Dan Pasang CWM Galaxy Ace 3 S7270
samsung galaxy ace 3
ClockWorkMod, begitu kepanjangan dari CWM ini. Adalah sistem recovery mode pada smartphone android yang berfungsi untuk melakukan modifikasi pada gadget kita. Para pengguna android yang suka mengutak-atik, tidak akan merasa leluasa jika smartphonenya belum terpasang recovery mode ini. 


Sebab, dengan CWM ini kamu bisa melakukan modifikasi secara penuh pada androidmu sesuai dengan kebutuhan dan kompatibilitas dengan gadget kita tentunya. Pada perangkat Galaxy Ace 3 ini misalnya, kita bisa memodifikasi smartphone dengan menambah fitur Dolby Digital, Walkman Player, Viper, mengkostumisasi tampilan UI dan lain sebagainya agar smartphone kita terlihat lebih menarik dan kekinian. Karena pada fitur bawaannya tidak terdapat fitur-fitur tersebut.

Baiklah, mungkin dengan penuturan tentang CWM tadi dapat sedikit memberi pemahaman bagi kamu yang belum paham tentang hal itu. Mari kita menuju tutorial untuk root dan pasang CWM pada smartphone Samsung Galaxy Ace 3 S7270. Namun sebelumnya, kamu harus mengunduh beberapa file yang dibutuhkan terlebih dahulu:
  • Untuk mendapatkan semua file tersebut di atas, kamu dapat mengunduhnya di Grup Facebook Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Indonesia lalu masuk ke dokumen grup atau menu File.
  • Khusus untuk file ROOT Ace 3.zip, letakkanlah pada memori eksternal
  • Setelah terdownload semuanya, maka instal terlebih dahulu driver Samsung pada komputer/laptop kamu.
  • Lalu ekstrak file Odin3_v3.09.rar dan buka programnya.
  • Pada bagian menu “Files [Download]”, klik tab AP dan cari letak file CWM Ace 3.tar yang kamu download tadi.
  • Kemudian matikan smartphone Galaxy Ace 3 kamu dan hidupkan dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Home (tengah) + volume bawah secara bersamaan.
  • Maka akan ditampilkan mode “Downloading...”. Jika ada konfirmasi tekan tombol volume bawah saja.
  • Setelah itu hubungkan Galaxy Ace 3 ke komputer/laptop menggunakan kabel data.
  • Pastikan komputer/laptop kamu merespon dengan ditandai bunyi beep dan pada bagian ID:COM Odin terdeteksi dengan warna Biru.
  • Lalu klik Start. Setelah proses Odin selesai, biarkan saja restart terlebih dahulu. lalu matikan lagi. (Pada proses ini Galaxy Ace 3 kamu telah terpasang CWM versi 6.0.3.1)
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Home (tengah) + Volume atas secara bersamaan. (Jika smartphone terlanjur booting, tunggu sampai hidup saja dan nonaktifkan kembali, lalu ulangi kembali)
Cara Root Dan Pasang CWM Galaxy Ace 3 S7270
galaxy ace 3 odin3
  • Setelah masuk ke mode ClockWorkMod versi 6.0.3.1, pilih install zip – choose zip from sdcard – klik file ROOT Ace 3.zip – lalu klik Yes – Install ROOT Ace 3.zip.
  • Kemudian tekan tombol back lalu klik reboot system now. Maka Galaxy Ace 3 akan reboot/restart.
  • Jika kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar, maka akan ada aplikasi baru yang bernama SuperSU yang berwarna kuning dengan tanda pagar dan berarti smartphone kamu sudah rooted.
  • apabila hendak menggunakan aplikasi yang memerlukan akses root seperti Xposed Installer atau Link2SD, maka klik "Ijinkan".
Root Dan Pasang CWM Galaxy Ace 3 S7270
galaxy ace 3 expossed installer
Resiko dalam bentuk apapun ditanggung sendiri. FajrInfo akan membantu semaksimal mungkin apabila kamu mengalami kendala dan masalah pada perangkat Galaxy Ace 3 kamu.

Baca juga: Upgrade Galaxy Ace 3 Menjadi Android Lollipop


Demikian tutorial cara root dan pasang CWM pada smartphone Samsung Galaxy Ace 3 S7270 ini FajrInfo bagikan. Nantikan postingan mengenai Galaxy Ace 3 selanjutnya yang akan membahas tentang Galaxy Ace 3 menjadi Galaxy S5.

#Update 01 Juni 2017:
Mohon maaf atas ketidaknyamanannya selama ini yang telah mewajibkan kamu untuk masuk ke grup facebook dulu. Sekarang FajrInfo telah merubah kebijakan tersebut dan silahkan download filenya tanpa ribet.


G+

7 comments:

  1. nanya gan , klo gagal ada kata "E:blablabla" , itu knpa ya?

    ReplyDelete
  2. Bg mau nanya ...
    Kan udah selesai saya instal tuh ke mode cwm nya ... Tapi pas nekan tombol but + home tambah atas nya ... Hbis itu , kok ga masuk ke mode cwm bg ... Itu mode nya masih kyak samsung biasa .... Mohon infonya bg

    ReplyDelete
  3. kok malah ada tulisan "failed to verify whole-file signature" ya?

    ReplyDelete
  4. Kok macet di recovery.img ya itu knp gannn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba lagi gan, dan ikuti langkah-langkahnya dengan teliti..

      Delete
  5. Kak maaf grup fb nya yg mana sih soalnya bnyak bgt yg sama nama grupnyaa .. tlng link grupnya dong .. langsung izinkan brgabung d grup ya kaa . Fb:Risdiana Norma

    ReplyDelete

Komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera muncul.
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik dan santun serta tidak spamming.