Fitur Yang Wajib Dimatikan Di Windows 10 Agar Hemat Kuota Dan Aman

Hai sobat, apakah kamu pengguna Windows 10? Jika benar, apakah kuota internet yang kamu miliki cepat habis ketika perangkat Windows 10 terkoneksi internet? Nah, kali ini FajrInfo akan membagikan tutorial dengan judul fitur yang wajib dimatikan di Windows 10 agar hemat kuota dan aman. Judulnya memang panjang juga sih, tapi bolehlah untuk disimak dan diikuti tutorialnya.

Berbicara soal fitur, Microsoft memang memberi banyak fitur baru yang disematkan pada Windows 10. Akan tetapi apa jadinya jika dengan fitur yang banyak tersebut menyebabkan kuota internet kita menjadi lebih cepat habis dan terkuras.

Fitur Yang Wajib Dimatikan Di Windows 10 Agar Hemat Kuota Dan Aman

Selain itu, banyak rumor yang mengatakan bahwa segala aktivitas yang kita lakukan dengan Windows 10 akan diketahui oleh Microsoft. Wah-wah, jika memang betul begitu, untuk apa fitur-fitur baru namun keamanan kita tidak terjamin.

Baca juga: Mengamankan Windows 10 Dari Malware Dengan Membackup Sistem Windows

Oleh sebab itu, pada postingan ini FajrInfo membuat artikel yang bertujuan agar Windows 10 hemat kuota internet serta tidak membahayakan keamanan. Dengan demikian, kita tetap dapat beraktivitas bersama perangkat Windows 10 tanpa harus khawatir dan takut atas keamanan privasi yang dilakukan perangkat Windows 10 ini.

Setelah beberapa lama menggunakan Windows 10, memang terbukti banyak sekali kelebihan yang dirasa ketika menggunakan sistem operasi terbaru Microsoft ini. Akan tetapi hal tersebut tidak dapat dipungkiri pula akan memiliki kekurangan.

Seperti yang FajrInfo alami sendiri beberapa minggu terakhir ini yaitu ketika laptop terkoneksi dengan internet, terlalu banyak memakan kuota internet. Alhasil paket internet pun menjadi lebih cepat habis karena terkuras. Usut punya usut, ternyata pangkal masalahnya terletak pada fitur-fitur bawaan Windows 10 yang selalu terhubung ke internet.

Sebenarnya wajar juga sih. Mengingat Windows 10 merupakan sistem operasi paling anyar sekarang ini. Sistem operasi ini dapat digunakan pada perangkat jenis apapun dengan mengadopsi sistem penyimpanan yang lagi booming saat ini, yaitu penyimpanan cloud.

Oleh sebab itu, tidak heran jika sistem operasi Windows yang lahir di era penyimpanan awan ini dibekali dengan fitur-fitur yang aktif secara otomatis ketika perangkat terhubung ke internet dan akan menyimpan arsip dalam perangkat tersebut menuju server Microsoft, yaitu OneDrive. Kiranya hal ini cukup mengganggu bagi kita yang tidak membutuhkan fitur tersebut.

Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, sebagaimana disampaikan langsung dari situs resminya bahwa Microsoft mengumpulkan data informasi yang sifatnya pribadi dari setiap perangkat yang tertanam Windows 10 di seantero dunia. Nah lho, pernyataan tersebut benar atau tidak ya?

Tapi tenang saja sobat, dengan beberapa pernyataan tadi bukan berarti fitur-fitur tersebut tidak bisa dinonaktifkan. Dan walaupun itu masih sebatas rumor, isu, kabar burung atau entah apa istilahnya, yang pasti kita sebagai pengguna harus cerdas dan cermat (jadi kaya lomba aja) agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu #save kuota #save keamanan, mari kita amankan kuota kita dan juga amankan informasi pribadi yang dilakukan menggunakan Windows 10 kita dengan mengikuti tutorial yang FajrInfo berikan di bawah ini:

1. Matikan semua fitur tidak penting yang terkoneksi internet pada Privacy Options

- Klik tombol start lalu pilih Settings. Kemudian pilih Privacy dan General.

- Lalu matikan semua fitur yang On tersebut menjadi Off.

Baca juga: Cara Menampilkan Trafik Data Internet Pada Windows 10

- Setelah itu apabila anda tidak menggunakan Cortana, maka pilih menu Speech, inking, typing lalu klik Stop Getting to know dan pilih Turn Off.

- Kemudian pilih menu Feedback & diagnostics dan pada pilihan “Send your device data to Microsoft” pilih yang Basic. Hal ini bertujuan agar Windows 10 kita tidak megirim informasi ke Microsoft.

Fitur Yang Wajib Dimatikan Di Windows 10 Agar Hemat Kuota Dan Aman

- Lalu pilih menu Background apps dan pastikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dalam keadaan Off.

2. Matikan fitur berbagi bandwidth internet

- Klik tombol start lalu pilih Settings. Kemudian pilih Updates & Security.

- Setelah itu pilih Advanced options.

- Lalu pilih Choose how updates are delivered kemudian ubah yang statusnya On menjadi Off.

3. Matikan fitur Wi-Fi Sense

- Klik tombol start lalu pilih Settings. Kemudian pilih Network & Internet.

Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

- Lalu pilih Manage Wi-Fi settings.

- Kemudian nonaktifkan semua yang ada pengaturan WiFi Sense menjadi Off.

Demikian tutorial yang dapat FajrInfo sampaikan agar kuota kita tidak terbuang percuma untuk fitur yang tidak benar-benar dibutuhkan pada perangkat Windows 10. Dengan perubahan settingan di atas, akan dapat meminimalisir penggunaan kuota yang tidak dikehendaki dan tentunya informasi pribadi yang kita lakukan aman demi terjaganya privasi aktivitas kita

Semoga bermanfaat. Apabila di antara sobat ada yang memiliki pengalaman berbeda dalam mengatasi kuota internet cepat habis pada Windows 10 dan cara jitu untuk menjaga keamanan perangkat Windows 10, berikan masukan kepada FajrInfo dengan mengisi kolom komentar di bawah. Agar para pembaca artikel ini dapat mengetahuinya juga, sehingga terjadi transfer pengetahuan antar sesama pengguna Windows 10.
Putra Widodo

Hidup itu bukan tentang menjadi pemenang atau pecundang, namun tentang bagaimana menjadi dirimu sendiri dan berikan yang terbaik kepada siapapun.

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama