Cara Mengatasi Error Code 0x80070422 Pada Windows 10

Hai sobat, kali ini FajrInfo akan membagikan tutorial cara mengatasi error code 0x80070422 pada Windows 10. Untuk mengetahui penyebab dan langkah penanganannya, silahkan kamu baca artikel ini sampai tuntas.

Apakah kamu termasuk pengguna Windows 10? Pernahkah mengalami masalah saat menggunakannya lalu yang muncul adalah peringatan agar kita meminta bantuan dengan kode kesalahan 0x80070422? Jika benar demikian, mungkin FajrInfo dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut pada pembahasan mengenai cara mengatasi error code 0x80070422 pada Windows 10 ini.

Cara Mengatasi Error Code 0x80070422 Pada Windows 10

Masalah ini terjadi ketika saya mau mengecek pembaruan sistem Windows 10 dan download game pada Windows Store. Ceritanya sih mumpung lagi terhubung dengan WiFi gratis, iseng-iseng pengen ngecek pembaruan sistem barangkali Microsoft ngasih update baru tapi malah tidak bisa melakukan update. Walaupun berulangkali coba diklik tetap saja begitu, tanpa respon.

Perbaiki Error Code 0x80070422 Windows 10

Pada saat itu saya mengiranya hal yang wajar karena sebelumnya pernah mengalami error seperti itu juga kalau mau mengecek pembaruan sistem. Dari pada pusing mikirin update sistem, saya alihkan aktivitas dengan melakukan browsing kesana kemari (kalau browsing biasa sih bisa terhubung dengan lancar). Nah perhatian saya jadi tak menentu (kaya apa aja?) ketika hendak mengunduh game di Windows Store. Hasil yang diperoleh adalah pemberitahuan “Kesalahan, lihat detail”. Meskipun berulang kali mencoba untuk mengkliknya tetap saja seperti itu.

Baca juga: Cara Memperbaiki ASUS Smart Gesture Yang Tidak Berfungsi Di Windows 10

Berawal dari kejadian itu, maka saya mengambil kesimpulan bahwa terjadi sesuatu yang tidak beres dengan sistem Windows 10 yang saya gunakan. Karena ketika saya browsing dan downloading lancar-lancar saja tanpa ada kendala, sedangkan saya mengecek pembaruan sistem/update sistem dan mau mengunduh game di Windows Store malah bermasalah. Kata Microsoft, masalah tersebut sebenarnya disebabkan oleh Windows Firewall yang error, karena peringatan Error Codenya adalah 0x80070422.

Cara untuk mengatasinya, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memperbaiki masalah 0x80070422 yang terjadi pada Windows 10:

1. Buka program Notepad yang terletak di folder Windows Accessories pada Start Menu.

2. Lalu salin dan tempel (copy dan paste) kode di bawah ini ke Notepad.

sc config wuauserv start= auto
sc config bits start= auto
sc config DcomLaunch start= auto
net stop wuauserv
net start wuauserv
net stop bits
net start bits
net start DcomLaunch 

4. Setelah itu masukkan pada Program Notepad bawaan Windows, lalu tekan ENTER.

Note: Program Notepad terdapat di folder Windows Accessories. Atau jika kamu kebingungan, silahkan ketik NOTEPAD pada kotak pencarian di menu Start, maka akan muncul hasil pencariannya dan klik pada pilihan aplikasi / program Notepad tersebut.

5. Kemudian simpan kode pada Notepad tersebut dengan nama file “repair.bat” tanpa tanda kutip.

6. Setelah itu klik kanan pada file repair.bat tersebut dan pilih Run as administrator.

7. Maka akan muncul program Command Prompt yang berjalan secara otomatis untuk mengeksekusi sistem yang telah kita buat tadi, tunggu sampai selesai dan keluar sendiri.

Cara Mengatasi Error Code 0x80070422 Pada Windows 10

8. Jika sudah selesai, silahkan mencoba mengecek sistem update dan download di Windows Store kembali.

Selesai sudah pembahasan tentang cara mengatasi error code 0x80070422 pada Windows 10 ini. Jika kamu termasuk pengguna Windows 10 dan mengalami masalah dengan peringatan error code 0x80070422, semoga tutorial Windows pada artikel ini dapat membantu untuk mengatasinya.

Dan apabila kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti, maka insyaa Allah masalah tersebut akan dapat teratasi. Namun jika belum terselesaikan, dapat ditanyakan dengan cara menyampaikan pada kolom komentar agar FajrInfo dapat membantu. Apakah sobat ada yang mengalami hal berbeda dengan peringatan error code 0x80070422 pada Windows 10 ini?

Tambahan

Sekedar tambahan berkenaan dengan mengatasi error code 0x80070422 sebagaimana pengalaman FajrInfo dalam menggunakan Windows 10. Biasanya masalah error code 0x80070422 ini ternyata bisa terjadi karena beberapa sebab lain. Misalnya ketika sistem Windows sudah mulai jenuh, maksudnya adalah ketika sistem Windows 10 telah lama tidak mendapat perbaikan registry atau defragmentasi.

Baca juga: Percepat Kinerja Laptop Windows 10 Kamu Dengan Menerapkan Trik Ini!

Suatu saat pernah juga ketika perangkat terkoneksi ke internet, dan koneksi internet tersebut tidak stabil dan kurang kencang (maklum lah jaringan operator di Indonesia kan masih termasuk kategori menengah ke bawah). Kemudian sistem update Windows jadi error terus menerus, karena ketika sistem sedang mencari pembaruan secara otomatis. Hal tersebut terjadi karena koneksi internet yang lemot dan tidak stabil.

Dalam hal ini, Windows 10 yang FajrInfo gunakan menerapkan pembaruan otomatis pada sistemnya. Sehingga saat laptop baru dihidupkan dan terkoneksi internet, maka sistem akan secara otomatis mencari pembaruan sistem ke server Microsoft.

Setelah itu, terjadilah error code 0x80070422 ini pada perangkat Windows 10 FajrInfo. Namun dengan mudah dapat diperbaiki dengan cara mengatasi error code 0x80070422 yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas.

Oleh sebab itu, apabila komputer atau laptop sobat mengalami error code 0x80070422, silahkan mencoba mengatasi error code 0x80070422 tersebut dengan cara yang telah FajrInfo bagikan dalam artikel ini. Dan seperti biasa apabila setelah menerapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas namun Windows 10 sobat masih belum bisa teratasi masalah error code 0x80070422-nya, silahkan sampaikan masalah, keluhan atau pertanyaan sobat mengenai error code 0x80070422 yang dialami oleh perangkat Windows 10 sobat.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

70 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. saya mau tanya, untuk command prompt itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga dicoba aja dulu gan bila memang mengalami kendala seperti yang dijelaskan pada postingan, maka akan keluar tampilan CMD atau Command Prompt tersebut... :D :D

      Hapus
  2. maksud nya command prompt itu apa ya?

    BalasHapus
  3. terimakasih kak, sangat membantu walaupun saya orang awam tapi berkat tutorialnya saya bisa memperbaiki

    BalasHapus
  4. akhirnya bisa juga. thanks bisa donlod wotb nih ...

    BalasHapus
  5. Terimakasih gan, tutor nya benar-benar membantu dan berguna, dan saya sudah bisa download aplikasi lagi di Win Store, update trus blognya gan :)

    BalasHapus
  6. Haturnuhun.... alhamdulillah berjalan kaya semula lagi... 5 bintang buat aggan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah... Haturnuhun oge feedbackna kang, bintangna loba euuy.. hehehe_

      Hapus
  7. update setting nya gak di atur gan? dibiarin aja? trus stelah klik cek windows update malah lama checking update nya, gimana tu gan?

    BalasHapus
  8. kalau checking update nya lama kenapa ya gan? terus apa perlu direstart lg laptopnya baru ngefek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba direstart aja dulu gan, lalu coba diulang...

      Hapus
  9. Bang saya kalo buka game di windows 10 kok keluar eror 0×c000020 gimana cara mengatasi nya

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah.. terimakasih om.. ternyata simple jg.. kirain ada masalah soal firewall dkk.. sukses dan sehat selalu... aminnn

    BalasHapus
  11. wihhhh mantab,
    thanks om

    BalasHapus
  12. Gan folder windows accessoriesnya dimana sih ? Kok ane gk ada ya ? Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  13. Folder windows accessoriesnya dimana gan ? Ane gk dapet

    BalasHapus
  14. sanagat membantu, terima kasih banyak

    BalasHapus
  15. haha ga work tutornya ke saya gan, aneh sendiri mungkin punya saya haha

    BalasHapus
  16. thanks gan....jadi bisa update win 10 nya

    BalasHapus
  17. Mantap djiwa gan, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga atas feedbacknya sobat...

      Hapus
  18. Alhamdulillah, akhirnya windows update nya sudah tidak error lagi, terimakasih banyak ya

    BalasHapus
  19. kalau untuk kode (0x80040154) apakah cara mengatasinya sama??

    BalasHapus
  20. mantap om, sukses selalu berbagi informasinya

    BalasHapus
  21. makasih kak,,berhasil,,,

    BalasHapus
  22. makasih gan berhasil & sangat membantu

    BalasHapus
  23. Jika penerapan langkah demi langkah sesuai dengan panduan dan tidak terburu-buru, maka besar kemungkinan masalah yang kamu hadapi akan teratasi dengan baik.

    Oleh sebab itu, perhatikan dan lakukan panduan di atas dengan perlahan dan teliti. Jika masalah masih belum teratasi, coba lagi dari awal barangkali ada langkah yang terlewat.

    BalasHapus
  24. Kode error nya sama,tapi saya windows 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah, panduan ini bisa dicoba untuk diterapkan ke Windows 7 juga, semoga dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialami.

      Hapus
    2. Saya juga win 7, gimana agan apa berhasil?

      Hapus
  25. maksudnya yang nomor 4 apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, Agan pake laptop / komputer Windows berapa? Program Notepad terdapat di folder Windows Accessories gan.

      Atau jika kamu kebingungan, silahkan ketik NOTEPAD pada kotak pencarian di menu Start, maka akan muncul hasil pencariannya dan klik pada pilihan aplikasi / program Notepad tersebut.

      Hapus
  26. gan kok sy ga run as administrator pada klik kanan file repair.bat?
    tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ketika mengklik kanan file tersebut tidak muncul pilihan untuk run ad administrator?

      Kalo seperti itu, kamu bisa merestart komputer / laptop terlebih dahulu dan setelah itu mencoba untuk melakukannya lagi sobat. Semoga berhasil. 👍

      Hapus
  27. bang saya kan setiap mau ujian kan harus pake aplikasi tuh, namanya "safe exam browser" nah setiap saya buka aplikasinya pasti error dan muncul kode 0x80070422. saya udah nyoba segala macam cara mulai update .net framework, cek windows update, disable IPV6(katanya ada yg bisa, tapi saya tetep gk bisa :V), sampe nyoba cara dari abang ini. tapi tetep gk bisa, itu kenapa ya? malah temenku bilang harus re-install windows. kan kampret, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalahnya seperti itu, bisa jadi apa yang disarankan oleh temennya bener juga tuh Bang.

      Sebab, menurut saya permasalahan yang sedang dihadapi bukan dari faktor aplikasinya, tapi sistem operasi yang digunakan oleh perangkat si abang ini.

      Karena begini bang, ada dua kemungkinan. Pertama, sistem di komputer atau laptop yang digunakan sudah usang atau terdapat masalah corrupt system atau lainnya, sehingga menyebabkan dia tidak mampu menjalankan aplikasi SEB tersebut.

      Kemungkinan lainnya, aplikasi SEB hanya akan berjalan pada sistem yang benar-benar dalam kondisi baik, tidak ada corrupt, atau tidak juga terdapat error lain.

      Kesimpulannya, masalah yang terjadi pada sistem operasi di perang abang bermasalah dalam hal pemutakhiran sistem atau file sistem ada yang rusak. Untuk itu solusinya dengan cara reinstal, atau instal ulang sistem.

      Karena meskipun bisa diatasi, masalah tersebut ada potensi untuk terjadi lagi di lain waktu ketika sistem tersebut sudah kambuh lagi.

      CATATAN: Pemaparan ini disampaikan dengan tujuan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Adapun langkah yang akan dilakukan, tentu itu hak mutlak yang dapat dilakukan oleh abang sendiri sebagai user perangkat tersebut.

      Hapus
    2. OK siap, terimakasih banyak bang.
      sebenernya masih agak sayang sih mau reinstall, game saya ntar harus download lagi :(

      Hapus
    3. Lebih sayang game atau tidak bisa melakukan ujian karena masalah kode error 0x80070422?

      Kalo saya suruh milih sih pasti lebih merelakan game terhapus dan mendownload lagi dari pada mobilisasi kegiatan kita terhambat gara-gara masalah sistem pada perangkat yang kita gunakan.

      Hapus
  28. sob, ada aplikasi autocad 2010 yg jalan gak?

    BalasHapus
  29. kok saya tetep ga bisa ya

    BalasHapus
  30. Makasih gan atas ilmunya

    BalasHapus
  31. Mantap tutorialnya akhirnya berhasil, semoga terus maju dan jaya terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa Robbal 'Aala,iin.
      Alhamdulillaah, syukur jika sobat semua berhasil dalam mengatasi permasalahan yang dialami laptop atau komputernya. Yang belum berhasil, harap diperhatikan langkah demi langkah dalam menerapkannya.

      Hapus
  32. Punya saya windows updatenya ngga ada bang? Gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bisa diperjelas maksudnya ga ada gimana ya mas? Ga ketemu atau menunya memang tidak ada di Setting Windows?

      Hapus
  33. Hatur nuhun elmuna kang salam sukses slalu

    BalasHapus
  34. bisa bang, lancar, makasih!

    BalasHapus
  35. Kak, aku sudah coba tapi masih belum bisa

    BalasHapus
  36. Kak, masih belum bisa. Saya sudah coba 2 kali

    BalasHapus
  37. Terimakasih kak membntu sekali tutorialnya.

    BalasHapus
  38. Berhasil kak, makasih banget atas tutorial nya.

    BalasHapus
  39. alhamdulillah,,, berhasil gan
    terima kasih ilmunya

    BalasHapus
  40. windows defender saya eror dengan kode tersebut tidak bisa aktif .
    setelah saya cek di service(local) ternyata windows defender firewall saya disable dan gak bisa diubah ke manual ataupun otomastis start up typenya.
    ada solusikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan menerapkan panduan yang disampaikan dalam postingan ini.

      Hapus
  41. Terima Kasih banya... Tutorial nya bermanfaat

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama