Mengapa Earphone Memiliki Kabel Yang Panjang Sebelah?

Hai Sobat, terimakasih telah sudi berkunjung ke blog sederhana FajrInfo. Pada kesempatan ini FajrInfo ingin membagikan artikel yang membahas tentang earphone atau handsfree, dengan judul mengapa earphone memiliki kabel yang panjang sebelah.

Kalo boleh nebak, dapat dipastikan bahwa sobat semua memiliki barang mungil nan kecil ini yang berguna untuk menghantarkan suara ke telinga kita, bukan? Yah Earphone atau bisa juga disebut sebagai handsfree. Alat ini sangatlah familiar bagi semua orang yang mobilitas kesehariannya selalu ditemani dengan perangkat gadget kesayangan mereka masing-masing.

Mengapa Earphone Memiliki Kabel Yang Panjang Sebelah?

Mulai dari yang sedang berjalan kaki, duduk di taman, tiduran di rumah, bahkan yang sedang berkendara pun sering kali menggunakan alat ini, padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Dalam aktivitas yang berbeda-beda itu, mereka menggunakan earphone untuk keperluan yang berbeda pula pastinya. Ada yang sedang mendengar musik kesayangan, menelepon, menghafal, kadang ada juga yang sedang mengikuti petunjuk jalan yang diarahkan oleh nona-nona yang ada di Google Maps (pengalaman niyee).

Baca juga: Mengapa Baterai Android Tidak Cepat Terisi Penuh?

Tapi jangan keliru ya sobat, alat yang FajrInfo bahas ini adalah earphone yang ditaruh pada daun telinga, bukan headphone yang ditaruh pada kepala. Namun memang sudah merupakan kebiasaan yang lumrah sih, dimana orang menyebutkan alat penghantar suara ini biasa disebut headphone. Entah karena mereka tidak terlalu mempedulikan bentuk dan penempatannya atau bagaimana, bahkan orang-orang di sekitar FajrInfo berada biasanya menamakan alat ini dengan sebutan headset.

Terlepas dari bagaimana cara orang menyebutkan nama dari earphone, yang pasti sobat semua sudah sangat paham dengan alat penghantar suara yang biasa kita gunakan untuk mendengarkan musik, menelepon, atau bahkan melakukan rekaman kecil pada perangkat smartphone ini.

Sebelum kepada inti pembahasan, untuk memudahkan pemahaman ada baiknya kita mengenal tentang indera pendengar yang dimiliki manusia terlebih dahulu.

Tahukah sobat FajrInfo? bahwa setiap orang mempunyai dua telinga pada bagian samping kanan dan kiri di kepala. Ketika earphone dipasangkan pada kedua telinga, suara yang dihasilkan dari keluaran earphone tersebut akan terdengar lebih kompak dan nyata. Sebab ketika mendengar suatu musik yang memiliki efek stereo, maka telinga kita akan merasakan kompaknya dentuman musik yang seolah berjalan ke kanan kiri seperti mengelilingi kepala kita.

Musik yang memiliki efek stereo tersebut dapat ditangkap dan dicerna oleh telinga manusia karena pada organ pendengar itu tersusun dari tulang-tulang kecil yang memiliki kemampuan sangat kompleks. Oleh karenanya ketika telinga mendengar musik yang memiliki efek stereo, maka suara yang bergantian ke kanan dan kiri itu dapat diolah menjadi suara musik yang kompak dan nyata seperti mengelilingi kepala kita.

Nah sobat, biasanya earphone memiliki tanda dengan simbol huruf. Simbol itu dibuat agar orang yang menggunakan dapat membedakan peletakannya pada telinga. Simbol tersebut adalah huruf R untuk Right (kanan) dan huruf L untuk Left (kiri). Selain dengan simbol, ada lagi pembeda pada earphone ini yang biasanya ditandai dengan kabel yang panjang sebelah antara kanan dan kirinya. Mengapa bisa demikian? Berikut ini beberapa alasan yang dapat menjelaskan pertanyaan tersebut.

Memudahkan Dalam Penyimpanan

Earphone dalam memposisikan pemakaiannya dapat dibedakan antara kanan dan kiri, yaitu R dan L. Lalu, pembeda lainnya dapat ditandai dengan kabel yang tidak sejajar alias panjang sebelah. Karena biasanya, kabel earphone bagian kanan lebih panjang dibanding bagian kiri. Tujuannya yaitu dapat memudahkan pengguna ketika menyimpan perangkat gadget yang dihubungkan dengan earphone pada saku sebelah kiri.

Ketika pengguna menyimpan perangkat gadget yang memutar musik pada saku bagian kiri, maka sudah tentu jarak yang dibutuhkan oleh kabel earphone bagian kanan lebih panjang. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa kabel earphone sebelah kanan dibuat lebih panjang dibanding sebelah kiri.

Baca juga: Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Pancaran Sinar Blue Light

Mudah Digunakan Pada Ruangan Yang Gelap

Alasan lain yang dapat menjelaskan mengenai kabel earphone yang panjang sebelah ini adalah agar mudah digunakan pada ruangan yang gelap. Sebab, pada ruangan gelap tanda earphone R dan L tidak akan terlihat jelas dan kabel earphone yang panjang sebelah tersebut dapat mempermudah kita untuk membedakan mana yang sebelah kanan dan mana yang sebelah kiri dengan baik.

Agar Suara Menjadi Jelas

Earphone tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan musik, namun bisa juga digunakan untuk menelepon. Pada kabel yang lebih kiri biasanya lebih pendek dari yang kanan dan terdapat mikrofon yang menempel. Hal tersebut berguna jika kita sedang menelepon atau rekaman video smule misalnya, karena kabel yang lebih pendek menyebabkan mikrofon lebih dekat dengan mulut sebagai sumber suara kita.

Earphone yang kita gunakan sebenarnya dapat dipakai secara terbalik antara yang kiri dan kanannya. Dan meskipun earphone yang kita pakai itu terbalik, tetap dapat digunakan dengan baik dan nyaman.

Demikianlah informasi yang dapat FajrInfo bagikan kepada sobat semua. Semoga artikel tentang mengapa earphone memiliki kabel yang panjang sebelah ini dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan kepada kita.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

6 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. Pantesan ane liat panjang sebelah.. rupanya memang disengaja ya gan :D Ane kira ketarik ampe panjang sebelah :v

    BalasHapus
  2. OH... Baru tau aku gan hehehe...

    BalasHapus
  3. Saya mah gak peduli yg kanan dan kiri, yang penting nemplok di telinga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahaa... bolehlah gan, yang penting enjoyy

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama