Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Salah satu fitur menarik pada Windows 10 adalah layar kunci (Lock screen) Windows Spotlight. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur layar lock screen pada komputer atau tablet Anda untuk menampilkan otomatis melalui grup foto terpilih yang ditentukan oleh Microsoft.

Jika belum mengetahuinya, Anda dapat masuk ke menu Settings, Personalization dan pilih tab Lock screen. Pada drop down menu Background pilih Windows Spotlight.

Setelah itu setiap kali Anda mengunci perangkat Windows 10 Anda (tombol Windows + L) atau baru menghidupkan dari mode sleep, maka Anda akan melihat gambar yang menakjubkan.

Gambar Windows Spotlight memberi Anda pengalaman Lock screen yang baru setiap kali Anda masuk ke Windows 10. Tampilan yang disuguhkan benar-benar bagus dan menkjubkan.

Namun apakah bisa gambar Windows Spotlight tersebut kita ambil dan simpan untuk dijadikan gambar latar belakang desktop Windows 10 kita?

Baca juga : Apakah 5 Program Wajib Ini Sudah Ada Dalam Perangkat Windows 10 Anda?

Jawabannya tentu saja bisa. Karena ketika fitur Windows Spotlight diaktifkan, gambar baru diunduh secara otomatis setiap hari oleh komputer, tablet, dan ponsel Anda. Lalu bagaimana cara untuk melakukannya?

Mengaktifkan Windows Spotlight Pada Lock Screen Windows 10


Untuk mengunduh gambar Windows Spotlight yang indah ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan cara mengaktifkan fitur personalisasi pada komputer Anda.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Start > Settings > Personalization > Lock Screen. Atau bisa juga dengan cara mengklik kanan pada Desktop, lalu pilih Personalize, kemudian pilih Lock Screen. Pada menu drop down Background, pilih Windows spotlight.

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Gunakan tombol pintas Windows + L pada keyboard untuk mengunci komputer Anda dan melihat gambar Spotlight. Setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, pada waktu yang berbeda dalam waktu sehari Anda akan melihat gambar yang berbeda-beda pada layar lock screen.

Cara Mendapatkan Gambar Windows Spotlight Pada Windows 10


Setelah mengaktifkan fitur Windows Spotlight, maka sistem akan mengunduh gambar secara otomatis pada komputer Anda. Dan gambar ini akan disimpan dalam folder khusus pada folder profil pengguna Anda. Untuk menemukan gambar Windows Spotlight tersebut, lakukan hal berikut ini :

Buka File Explorer, alihkan ke tab ‘View’ lalu ceklis kotak kecil di sebelah kiri judul ‘Hidden items’ untuk memaksa sistem Anda agar menampilkan semua file dan folder serta drive yang tersembunyi.

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Lalu tekan tombol pintas Windows + R pada keyboard, kemudian ketik : %userprofile% lalu tekan Enter. Setelah itu arahkan pada alamat berikut :
AppData\Local\Packages\Microsoft.Windows.ContentDeliveryManager_cw5n1h2txyewy\LocalState\Assets
Baca juga : Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Harus Anda Lakukan!

Pada folder Assets, Anda akan menemukan sejumlah file dengan nama acak dan rumit tanpa format ekstensi dengan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa file tersebut merupakan gambar Windows Spotlight yang muncul pada layar lock screen Anda.

Agar mendapatkan gambar yang benar, saat berada di tab View, pilih opsi Details. Klik kanan mouse lalu gunakan opsi Sort by > Size agar urutan tampilan berdasar ukuran file.

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Semua file yang tidak dikenal ini sebenarnya adalah file JPEG, akan tetapi beberapa diantaranya bukan bagian dari fitur Windows Spotlight. Pada tahap ini Anda hanya diperkenankan untuk memilih file berukuran besar, yakni file-file dengan ukuran 400KB ke atas.

Setelah memilih beberapa file, klik kanan seleksi lalu pilih Copy. Buat folder baru pada folder Gambar Anda atau di lokasi lain dan beri nama Gambar Spotlight atau apa pun. Di dalam folder yang baru dibuat tersebut, klik kanan lalu pilih Paste.

Cara Mengubah Nama Dan Gambar Windows Spotlight Menggunakan Command Prompt


Pada File Explorer, klik menu File yang ada pada sudut kiri atas. Lalu klik Open command prompt as administrator.

Apabila menggunakan Windows 10 versi 1803 atau yang lebih baru, Anda akan mendapatkan opsi untuk membuka Windows PowerShell di posisi Command prompt. (buka saja Windows PowerShell karena dapat difungsikan seperti Command prompt).

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Baca juga : Cara Menambah Shortcut Folder Sebelah Menu Start Windows 10

Dengan program Command Prompt atau Windows PowerShell, sekarang Anda dapat dengan mudah mengkonversi file ke JPEG menggunakan perintah rename. Ketik perintah berikut, lalu tekan Enter :

Ren *.* *.jpg

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Jika Anda ingin memberi nama yang lebih bermakna pada setiap gambar, cara mudahnya adalah dengan memilih file gambar, lalu tekan F2 pada keyboard untuk mengubah nama file gambar tersebut menjadi apa pun yang Anda suka.

Mengatur Gambar Windows Spotlight Sebagai Latar Belakang Desktop Pada Windows 10


Setelah mengubah format file menjadi gambar, kini Anda dapat mengatur gambar tertentu sebagai latar belakang desktop Anda, atau bahkan membuat tema Windows dengan koleksi gambar Windows Spotlight favorit Anda yang kemudian dapat digunakan pada perangkat lain atau dibagikan dengan teman-teman Anda.

Klik kanan pada desktop lalu pilih Personalize. Kemudian klik Background, lalu pilih Picture jika hanya ingin menggunakan satu gambar atau pilih Slideshow untuk menggunakan beberapa gambar sebagai latar belakang desktop Anda. Klik Browse untuk menemukan dan menentukan gambar yang diinginkan.

Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10

Baca juga : Cara Pasang .NET Framework 3.5 Pada Windows 10 Secara Offline

Setelah itu Choose picture, klik ok untuk menyimpan perubahan dan meminimalkan jendela. Maka selamat menikmati gambar indah pada wallpaper desktop perangkat Anda.

Demikian beberapa tutorial yang dapat Fajrinfo sampaikan mengenai gambar lockscreen Windows Spotlight ini. Semoga Anda berhasil dalam melakukan langkah-langkahnya.

Apabila terdapat kendala dalam melakukan langkah pada tutorial yang ada dalam artikel Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10 ini, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Cara Ambil Dan Simpan Gambar Lockscreen Windows Spotlight Pada Windows 10"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel