Selamat Datang di Fajrinfo
Blog yang membahas seputar teknologi dan informasi
Terimakasih kunjungan Anda
Sempatkan diri untuk berbalas komentar!

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Masalah pasti akan selalu terjadi pada perangkat Windows baik itu berupa laptop maupun PC komputer. Biasanya kendala yang terjadi tidak jauh dari problem hang, program error, bluescreen, blackscreen atau lainnya.

Apalagi kini sedang ramai mengenai sistem operasi Windows 10 yang baru dapat pembaruan kumulatif namun banyak yang mengalami masalah setelah melakukan upgrade sistem. Pembaruan tersebut diberi nama Windows 10 April Update 1803.

Sebelumnya pengguna banyak yang mengeluhkan tentang program Google Chrome menjadi freeze alias hang saat dibuka pada Windows April Update ini. Namun masalah tersebut sudah mendapat solusi dari Microsoft untuk mengatasinya.

Pada Windows 10 April Update, ada masalah lain yang tidak sedikit dialami para penggunanya, yaitu sistem menjadi blackscreen disaat sedang booting dan tidak mau masuk ke layar lockscreen.

Baca juga : Cara Jitu Mengatasi Wifi Error Pada Laptop Windows 10

Booting merupakan proses memulai pemuatan suatu sistem ketika baru dihidupkan atau setelah dilakukan restart. Umumnya proses tersebut tidak akan memakan banyak waktu (normalnya maksimal 1 menit) bergantung pada spesifikasi perangkat yang digunakan.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Dan Gagal Booting


Masalah blackscreen pada Windows 10 terjadi disebabkan oleh beberapa perilaku yang berbeda. Ada yang disebabkan karena pemasangan update yang tidak sepenuhnya selesai, terlalu banyaknya program terpasang, maupun disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang kurang mendukung.

Sebagaimana pembahasan Fajrinfo pada artikel sebelumnya, yakni tentang layar hitam pada Windows 10, bahwa jika sudah dilakukan berbagai cara namun belum teratasi juga atau dimungkinkan karena spesifikasi perangkat kurang mumpuni, lebih baik gunakan versi Windows 10 sebelumnya.

Baiklah, berikut inisalah satu solusi dalam mengatasi layar Windows 10 menjadi blackscreen dan gagal boot saat baru dihidupkan atau hidup setelah restart.

1. Nonaktifkan perangkat laptop atau komputer PC.

2. Lalu boot ke Safe Mode dengan cara me-restart perangkat Windows 10 Anda.

3. Tekan ringan tombol power beberapa kali ketika sistem baru dihidupkan kembali (sebelum muncul logo windows).

Jika kesulitan pada langkah ini, lebih baik boot dengan menggunakan flashdisk atau DVD bootable Windows.

4. Jika dengan cara menekan tombol power pada perangkat lalu muncul kalimat "Please wait", berarti langkah yang Anda lakukan berhasil.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah Windows Store Pada Perangkat Windows 10

5. Silahkan tunggu beberapa detik, sistem akan dialihkan ke menu tampilan Automatic Repair seperti ini.



6. Kemudian klik pada pilihan Advanced options

7. Setelah menu pilihan Advanced Options terbuka, lalu pilih Windows Startup Settings.



8. Setelah itu klik Restart agar sistem dapat memuat ulang dan masuk ke mode tampilan yang kita kehendaki, yakni tampilan Safe Mode.

9. Setelah itu tunggu beberapa saat selagi perangkat sedang memuat ulang sistem.

10. Jika sudah selesai, maka akan muncul menu pilihan Startup Settings. Tekan F4 untuk Enable Safe Mode agar sistem masuk ke Safe Mode. Maka sistem akan restart kembali.





11. Jika blackscreen pada Windows 10 Anda disebabkan oleh pemasangan pembaruan cumulative, biasanya akan muncul tampilan seperti ini.



Pada proses tersebut merupakan upaya sistem Windows 10 untuk mengembalikan sistem pada keadaan semula sebelum melakukan update.

Sebab, update sistem yang Anda lakukan ketika itu gagal alias sistem tidak dapat menerapkan pembaruan yang Anda lakukan.

Pada proses ini tunggu saja sampai sistem selesai mengembalikan kondisi perangkat pada keadaan semula. Dan setelah selesai sistem akan melakukan restart secara otomatis.

12. Jika blackscreen yang terjadi pada Windows 10 Anda disebabkan oleh suatu hal selain pembaruan, maka tunggu saja sampai sistem membuka tampilan Safe Mode Windows 10 setelah Anda memilih tombol F4 tadi.

13. Setelah berada pada tampilan Safe Mode, klik kanan pada ikon Start Menu lalu pilih Device Manager.

Baca juga : Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Perlu Anda Lakukan!

14. Kemudian pilih pada bagian Display adapters. Lalu uninstall driver VGA perangkat Anda pada bagian Display adapters tersebut.

15. Apabila proses telah selesai, silahkan lakukan restart seperti biasa pada Start Menu Windows 10 Anda. Tunggu sampai sistem memuat ulang kembali dan dapat dimungkinkan sistem normal kembali tanpa blackscreen.

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengatasi Windows 10 blackscreen dan gagal booting ini. Jika Anda melakukan langkah demi langkah secara benar, keampuhan solusi ini bisa Anda rasakan.

Apabila Anda memiliki pengalaman yang sama dengan Windows 10 blackscreen dan gagal booting serta cara penyelesaiannya, silahkan berbagi solusi pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Artikel Menarik Lainnya:

Tambahkan Komentar Sembunyikan Komentar

© 2015 - 2018 Fajrinfo - Created Theme by Goomsite - Proudly powered by Blogger