Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Masalah pasti akan selalu terjadi pada perangkat Windows baik itu berupa laptop maupun PC komputer. Biasanya kendala yang terjadi tidak jauh dari problem hang, program error, bluescreen, blackscreen atau lainnya.

Apalagi kini sedang ramai mengenai sistem operasi Windows 10 yang baru dapat pembaruan kumulatif namun banyak yang mengalami masalah setelah melakukan upgrade sistem. Pembaruan tersebut diberi nama Windows 10 April Update 1803.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Sebelumnya pengguna banyak yang mengeluhkan tentang program Google Chrome menjadi freeze alias hang saat dibuka pada Windows April Update ini. Namun masalah tersebut sudah mendapat solusi dari Microsoft untuk mengatasinya.

Pada Windows 10 April Update, ada masalah lain yang tidak sedikit dialami para penggunanya, yaitu sistem menjadi blackscreen disaat sedang booting dan tidak mau masuk ke layar lockscreen.

Baca juga : Cara Jitu Mengatasi Wifi Error Pada Laptop Windows 10

Booting merupakan proses memulai pemuatan suatu sistem ketika baru dihidupkan atau setelah dilakukan restart. Umumnya proses tersebut tidak akan memakan banyak waktu (normalnya maksimal 1 menit) bergantung pada spesifikasi perangkat yang digunakan.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Dan Gagal Booting


Masalah blackscreen pada Windows 10 terjadi disebabkan oleh beberapa perilaku yang berbeda. Ada yang disebabkan karena pemasangan update yang tidak sepenuhnya selesai, terlalu banyaknya program terpasang, maupun disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang kurang mendukung.

Sebagaimana pembahasan Fajrinfo pada artikel sebelumnya, yakni tentang layar hitam pada Windows 10, bahwa jika sudah dilakukan berbagai cara namun belum teratasi juga atau dimungkinkan karena spesifikasi perangkat kurang mumpuni, lebih baik gunakan versi Windows 10 sebelumnya.

Baiklah, berikut inisalah satu solusi dalam mengatasi layar Windows 10 menjadi blackscreen dan gagal boot saat baru dihidupkan atau hidup setelah restart.

1. Nonaktifkan perangkat laptop atau komputer PC.

2. Lalu boot ke Safe Mode dengan cara me-restart perangkat Windows 10 Anda.

3. Tekan ringan tombol power beberapa kali ketika sistem baru dihidupkan kembali (sebelum muncul logo windows).

Jika kesulitan pada langkah ini, lebih baik boot dengan menggunakan flashdisk atau DVD bootable Windows.

4. Jika dengan cara menekan tombol power pada perangkat lalu muncul kalimat "Please wait", berarti langkah yang Anda lakukan berhasil.

Baca juga : Cara Melihat Semua Password WiFi Yang Tersimpan Pada Windows 10

5. Silahkan tunggu beberapa detik, sistem akan dialihkan ke menu tampilan Automatic Repair seperti ini.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

6. Kemudian klik pada pilihan Advanced options

7. Setelah menu pilihan Advanced Options terbuka, lalu pilih Windows Startup Settings.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

8. Setelah itu klik Restart agar sistem dapat memuat ulang dan masuk ke mode tampilan yang kita kehendaki, yakni tampilan Safe Mode.

9. Setelah itu tunggu beberapa saat selagi perangkat sedang memuat ulang sistem.

10. Jika sudah selesai, maka akan muncul menu pilihan Startup Settings. Tekan F4 untuk Enable Safe Mode agar sistem masuk ke Safe Mode. Maka sistem akan restart kembali.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

11. Jika blackscreen pada Windows 10 Anda disebabkan oleh pemasangan pembaruan cumulative, biasanya akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Pada proses tersebut merupakan upaya sistem Windows 10 untuk mengembalikan sistem pada keadaan semula sebelum melakukan update.

Sebab, update sistem yang Anda lakukan ketika itu gagal alias sistem tidak dapat menerapkan pembaruan yang Anda lakukan.

Pada proses ini tunggu saja sampai sistem selesai mengembalikan kondisi perangkat pada keadaan semula. Dan setelah selesai sistem akan melakukan restart secara otomatis.

12. Jika blackscreen yang terjadi pada Windows 10 Anda disebabkan oleh suatu hal selain pembaruan, maka tunggu saja sampai sistem membuka tampilan Safe Mode Windows 10 setelah Anda memilih tombol F4 tadi.

13. Setelah berada pada tampilan Safe Mode, klik kanan pada ikon Start Menu lalu pilih Device Manager.

Baca juga : Cara Mudah Memperbaiki Laptop Yang Susah Menyala Ketika Dihidupkan

14. Kemudian pilih pada bagian Display adapters. Lalu uninstall driver VGA perangkat Anda pada bagian Display adapters tersebut.

15. Apabila proses telah selesai, silahkan lakukan restart seperti biasa pada Start Menu Windows 10 Anda. Tunggu sampai sistem memuat ulang kembali dan dapat dimungkinkan sistem normal kembali tanpa blackscreen.

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengatasi Windows 10 blackscreen dan gagal booting ini. Jika Anda melakukan langkah demi langkah secara benar, keampuhan solusi ini bisa Anda rasakan.

Apabila Anda memiliki pengalaman yang sama dengan Windows 10 blackscreen dan gagal booting serta cara penyelesaiannya, silahkan berbagi solusi pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

67 Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

  1. kalo dari awal ngga muncul apapun, gmna min? kursor jg ngga ada,mohon bantuannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga muncul apapunya layar monitor menyala apa ngga lampu latarnya? Kalo menyala tunggu beberapa menit dulu nanti juga muncul.

      Hapus
    2. Kejadian ini pernah kualami dan kali ini kualami lagi.. Saat booting, ada spinning loadingnya kemudian blackscreen, tanpa kursor apa pun. Masuk safe mode press F8 atau Del utk ke BIOS jg g bs.. Apakah krn RAM atau mobo lagi? :(

      Hapus
    3. Bisa jadi karena file sistem sudah banyak yang corrupt, sehingga sulit untuk masuk ke desktop.

      Coba untuk melakukan clean install terlebih dahulu dengan sistem operasi Windows terbaru dan jangan download di tempat download software selain dari situs Microsoft resmi.

      Hapus
    4. Bg, laptop aku masalah di login laptop nya, udah berkali" ku coba login tapi cuma tulisan acer nya doang, gak bisa buka, udah 4 hari ini
      Aku coba buat klik ke safe mode tapi gak pernah muncul"
      Mohon arahan nya bg

      Hapus
    5. Bg, laptop aku masalah di login laptop nya, udah berkali" ku coba login tapi cuma tulisan acer nya doang, gak bisa buka, udah 4 hari ini
      Aku coba buat klik ke safe mode tapi gak pernah muncul"
      Mohon arahan nya bg

      Hapus
    6. Kalo boleh tau laptop Acer model apa yang dipake ya?

      Hapus
  2. Kalo permasalahan ane black screen lampu kedip saat setelah selesai installing update....trus layar hitam gak bisa nyala lagi (biasanya biru proses upgrading) mojon solusinya gan? Thanks

    BalasHapus
  3. Kalo permasalahan ane black screen lampu kedip saat setelah selesai installing update....trus layar hitam gak bisa nyala lagi (biasanya biru proses upgrading) mojon solusinya gan? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masuk ke Safe Mode dulu mas dengan mengikuti langkah-langkah yang udah dijelaskan di atas. Soalnya banyak yang mengalami hal seperti itu termasuk saya juga dan dapat diatasi dengan cara melakukan langkah-langkah tersebut di atas.

      Kalo boleh tahu, sekarang Windows 10 yang terpasang di perangkat mas Abdul Rohim versi berapa ya? Coba cek dengan cara tekan tombol Windows + R lalu ketikkan "winver" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter.

      Hapus
    2. Solved gan...ternyata problem di soket fleksible backlight kemungkinan ada yang kendor jadi layar gelap...sementara software gak ada masalah

      Untuk versi windows ternyata upgrade sukses ke versi 1809 (os build 17763.107)..ane upgradr pake monitor pc paralel...sekarang udah nyala backlightnya..thanks udah jawab gan...

      Hapus
    3. Alhamdulillah syukur mas kalo sudah beres sih. Kebanyakan dari kita ketika menghadapi suatu masalah pada perangkat komputer / laptop suka langsung berspekulasi bahwa yang trouble adalah softwarenya.

      Padahal terlepas dari itu dan apapun alasannya, hardware juga seringkali menjadi penyebab tidak normalnya keadaan perangkat saat digunakan.

      Buat temen-temen yang lainnya bisa belajar dari kasusnya mas Abdul Rohim ini saat menghadapi masalah pada perangkatnya. Terimakasih atas share infonya mas, secara tidak langsung Anda telah berkontribusi dalam melengkapi pembahasan dalam artikel ini dan membantu teman-teman yang mengalami masalah serupa.

      Sistemnya Windows 10-nya ditingkatkan lagi mas. Soalnya udah ada update tuh. Untuk build terakhir versi 1809 sudah ada di ekor ".134".

      Hapus
  4. gan, mau tanya kalo pc saya ada tampilan menu tapi backgroundnya jdi hitam ketika saya klik masuk ke pengaturan background, ada peringatan tidak bisa masuk sistem,jadi menu sortcut juga gak bisa diklik, mohon bantuannya, trimakasih gan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau, tolong berikan penampakan tampilan PCnya mas. Supaya lebih jelas lagi untuk menganalisa permasalahannya.

      Kalo mau mengirim gambar, bisa melalui kontak email yang terdapat menu Contact di bagian bawah blog ini.
      Terimakasih

      Hapus
  5. Mas laptop Acer windows 10, black screen,..ku pake mode sate ga bisa...lalu pake ctrl+alt+Del juga tetep ga bisa...jadi seperti balik lagi, ga bs masuk..itu solusinya bgmn mas...TRIms sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau masalahnya blackscreen tidak bisa ke safe mode dan menggunakan tombol Ctrl + alt + del masih belum merespon, coba gunakan keyboard eksternal barangkali keyboard bawaan laptop bermasalah (itupun kalau punya). Sebab ada beberapa perangkat produk sekarang yang kualitas hardwarenya rentan sekali terhadap kerusakan, apalagi keyboard dan touchpad.

      Jika tidak memiliki keyboard eksternal di rumah, lebih baik laptopnya diinstal ulang lagi aja dengan sistem Windows yang lebih rendah atau yang paling stabil.

      Hapus
  6. Gan, Laptop ane Lenovo Ideapad 130, saat itu pas mau nyalain ujug ujug ada tampilan Biru, automatic repair tapi failed, trus sama ane di matiin,nyalain lagi tetep failed,ga bisa masuk Dekstop. Akhirnya ane Install ulang, tapi pas proses instal setelah Logo Windows kemudian malah layar jadi Hitam, stuck lama banget. Masuk safemode pun gak bisa. gimana gan ? mohon bantuannya. Ini laptop baru padahal, punya kantor. Thanks sebelumnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk produk dan spesifikasi laptop padahal udah mumpuni mas Indra Bayu, kalo begitu berarti masalahnya ada pada sistem operasi yang digunakan biasanya.

      Coba instal ulang pake Windows 10 terbaru yang Oktober 2018 Update dulu mas, biar mudah diupdatenya juga. Soalnya kalo pake prosesor 6006U emang begitu, agak rewel. Saya juga udah beberapa laptop dengan proci 6006U sering ngadat, apalagi merk A__s. :)

      Kalo sempet sih mampir kesini ke tempatku mas, Majalengkanya dimana?

      Hapus
  7. Gan PC ane black screen kalo booting, udah di instal ulang, tapi kalo fd instalernya dicabut blank lagi, pake windows 10 pro, spek i3 6100, VGA radeon rx 460 4gb, ram 2x4gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan sebab faktor dari file installer Windows 10 gan. Upayakan untuk mengunduhnya langsung dari server Microsoft, dan gunakan installer Windows 10 yang paling baru, atau setidaknya gunakan versi Windows 10 yang berbeda dengan installer yang agan punya.

      Karena dari spesifikasi perangkat yang agan punya sudah cukup mumpuni untuk menunjang stabilitas sistem operasi Windows 10.

      Hapus
  8. Gan ane udah coba tapi setelah safe mode dan saat restart langsung mati mohon dibangu yaa

    BalasHapus
  9. Makasih kak

    Tapi kok wallpaper jadi item

    BalasHapus
  10. Bang..ini leptop saya kenapa ya..
    Sistem operasinya windows 10
    Nah.. adek saya mencoba mengreset sistem jaringan networkingnya katanya.. nah setelah itu dia oke dan continue untuk reset laptop karna ada perintah reset nah sejak saat di menunggu loading tiba2 baterainya habis dan mati..
    Nah terus dicas lalu diidupkan lagi tiba2 screen hitam semua tapi kursornya bisa digeserkan๐Ÿ™..nah gimana ngatasinya mas..
    Apakah cara diatas bisa dicoba saya nanya dulu sebelum mencoba mas takutnya salah๐Ÿ˜–๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™plis bantu bang..
    Kalo di balas tolong balasnya ke gmail hp saya ya mas..
    Ini gmailnya( sembiring678@gmail.com) jangan dikolom komentar mas takutnya gk kebaca sama saya terimakasih bang..๐Ÿ™๐Ÿ™pliss bantu ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa mas, silahkan menerapkan panduan di atas pada laptop dengan masalah seperti itu. Semoga lancar dalam melakukannya dan berhasil mengatasinya. Terimakasih.

      Hapus
  11. Saya sudah coba cara diatas mas, tapi ko tetep ga bisa ya masuk ke save mode mlah layarnya tetep item ๐Ÿ˜ญ bingung harus gimana lagi, mohon pencerahannya mas ๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sebutkan spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan?

      Hapus
  12. Gan kalau udah sampai di restart tekan f4 kok masih tetep blackscreen ya? tapi cursor masih ada,mohon solusinya

    BalasHapus
  13. Habis di restart tekan f4 kok masih blackscreen, nggak bisa masuk ke safe mode

    BalasHapus
  14. Bang laptop Acer aspire e 5-475 series ... Pas Gua recovery lewat windows 10 baru 6% Gua paksa turn off.. eh pas dihidupkan laptop Gua hidup mati hidup mati.. mau tekan alt +f10 ga Bisa tolong pencerahannya bang:(

    BalasHapus
  15. Bang laptop Saya hidup mati hidup mati Cuman 5 detik.. gegara recorvy baru 6% Gua paksa turn off.. Ehh pas dihidupkan timbul gini masalahn6a:( laptop Acer e5-475 Acer aspire e14 mohonn bantuannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, maksudnya 'recovery' sedang memulihkan file yang sudah terhapus di laptop atau gimana ya?

      Hapus
    2. Nah bang sama nih kasusnya sama sya, sayanitnya mau kembali ke default tapi sebelumnya direcovery dlo, tapi kok lama banget ๐Ÿ˜… so saya cancel dan uda gitu si backgrouns jadi item,, dan agak hang hang gitu dan agak lemot jadinya, nahh bang sampai sini,,
      Saya niatnya mau downgrade aj ke w7 tapi pas mau instal osnya pas masuk logo toshiba(laptop saya) malah blackscreen dan balik lagi,gk bisa apa" Tuh bang,, truss saya cba cek hdd nya pake hiren usb driver,, tetep jga setelah logo toshiba langsung blackscreen,, jadi bingunv nih,, sarannyabang ๐Ÿค—

      Hapus
    3. Wah-wah, sepertinya kendala utama ada di bagian harddisknya.
      Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya masalah ini dibawa ke pihak reparasi aja biar teknisinya yang mendiagnosa terkait kerusakan yang terjadi.

      Hapus
  16. Mas punya saya kok stelah logo black screen tanpa kursor tapi bisa masuk menu bios itu masalahnya apa ya tadinya aman2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba terapkan panduan di atas dengan perlahan dan teliti. Upayakan jangan sampai ada langkah yang tertinggal satu pun.

      Hapus
  17. Bang, ini laptop ane udah mau masuk safe mode kok malah muncul tulisan "the system detected an overrun of a stack-based in this application. This overrun could potentially allow a malicious user to gain control of this application" kira kira kenapa bang? Sama cara mengatasinya gimana bang?
    Makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah-wah, kenapa bisa begitu ya laptopnya?

      Kalo menurut pengamatan saya dari penjelasan tersebut mengindikasikan bahwa sistem Windows 10 pada laptop sudah terlampau jenuh atau ada lebih dari satu program yang mengalami corrupt sehingga dapat menghalangi kinerjas sistem untuk memuat secara normal.

      Untuk mengatasi masalah munculnya peringatan "System detected an overrun of a stack-based buffer in this application", kamu harus melakukan >> Repair Upgrade <<

      Kamu harus memiliki file ISO Windows 10 terbaru, jika belum punya silahkan download dulu. Dalam blog ini kamu bisa melakukan pencarian dengan kata kunci 'Download ISO Windows 10'.

      Setelah memiliki file ISO Windows 10 terbaru, file ISO tersebut harus diekstrak lalu jalankan file 'Setup' untuk melakukan Repair Upgrade.

      Bagaimana penjelasan yang saya sampaikan ini, apakah dapat dipahami? Jika masih bingung, insyaa Allah akan saya bahas detailnya di saat ada kesempatan untuk menyampaikannya.

      Hapus
  18. Maaf Gan izin konsul.. PC sy Dell Optiplex 9020 ga bisa booting. masalah ini muncul sejak sy update windows 10 versi 1909. Padahal sebelumnya normal2 aja. Skr kondisinya klo di colokin ke listrik langsung nyala sendiri disertai bunyi beef 1x panjang, 3x pendek dan 2x pendek tp layar ttp blank. Dan pd saat mau dimatikan tombol power tidak berfungsi..hrs tekan lama baru mati. Kira2 itu krn hardwarenya ada yg brmasalah atau software nya ya? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu disebabkan oleh hardwarenya Gan. Hubungi tukang reparasi komputer agar dapat segera ditangani jika tetap ingin selalu menggunakan Windows 10 terbaru. Atau kalo tidak, agan bisa mencoba untuk melakukan downgrade ke Windows 10 versi sebelumnya.

      Maaf nih sekedar saran gan, kalo menurut saya untuk perangkat komputer PC sebaiknya jangan terlalu sering melakukan upgrade, kalo PC yang kita tersebut memiliki spek biasa-biasa saja seperti pada umumnya. Selagi versi Windows tersebut masih didukung oleh Microsoft, alangkah baiknya sudah tidak perlu diupgrade, cukup diupdate saja jika ada peluncuran cumulative baru.

      Hapus
    2. Iya ini rencananya mau dibalikin ke versi sebelumnya tapi masalahnya ga bisa booting dan susah mo masuk2 ke automatic repair windows jg.
      Oia td coba2 bersihkan ram nya dan pindah slot trus cabut baterai, skr posisinya bisa nyala tapi stagnan di logo Dell lama bgt, ga masuk2 ke logo windows. Apakah Ini masalahnya hardware juga ya Gan? Btw Makasih atas saran dan masukannya.

      Hapus
    3. Kalo bisa sih, coba ganti hdd-nya dulu gan. Pinjem ke temen atau sodara barangkali ada yang punya hhd nganggur gitu. Tapi tentunya harus masih berfungsi dengan baik hdd-nya ya. Terus coba lakukan clean install menggunakan hdd tersebut.

      Sebab kalo ditangani sama tukang reparasi komputer, biasanya mereka mengkloning OS atau pake hirens boot, atau ghost bootable jika menghadapi masalah seperti itu.

      Hapus
  19. semua cara udah saya terapin tp masih juga black screen..saya coba cabut hardisk trs pasang pc lain masih black screen juga ..pengennya si dinstall ulang atau recovery tp mau back up datanya inii gman yaak..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo seperti itu mungkin solusi terakhirnya mau tidak mau harus instal ulang mas.

      Adapun untuk membackup file sangat mudah, apalagi tadi katanya harddisk bisa dipasang di PC lain. Nah ketika harddisk terpasang di PC lain - dengan catatan tidak melepas harddisk utama komputernya, maka sobat bisa mencari file-file yang ingin dibackup dengan mencari di foldernya masing-masing.

      Hapus
  20. Mantap gan, sukses dengan cara terakhir, masuk safe mode - uninstall driver vga dan berhasil..akhirnya windows 10 ane balik lagi..terimakasih banyak ilmunya bang, semoga berkah..

    BalasHapus
  21. Gan,permasalhaan saya habis instal win 10 di pc aku.sekaramg black sren.masuk bios g bisa.udah cabut baterai cmos jumper jbat1 jg sudah.tetap black sren.solusinya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tahu spek komputernya? Jika solusi ringan sudah dilakukan, sebaiknya konsultasikan dan tunjukkan langsung kepada teknisi komputer saja gan agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

      Hapus
  22. Kalau saya masalahnya ketika laptop sudah menyala tidak digunakan dalam waktu singkat tiba tiba layar hitam cursor mati namun lampu menyala. Kira-kira itu masalahnya apa ya mas, soalnya sering banget begitu.

    BalasHapus
  23. Selamat malam..
    Saya mau bertanya terkait laptop lenovo tipe V310 yang tiba2 hang ketika hidup.setelah dimatikan paksa dengan tekan power off ,namun ketika dihidupkan lagi tidak bisa .dilayar hanya muncul.logo dengan tulisan "preparing automatic repair". Setelah dicoba masum.lewat bios ttp tidak bisa menggerakkan windowsnya.windows 10 yang digunakan.kami masang ssd 240.sebelumnya normal menjelang baterainya habis langsng hang lagi dan tidak bisa/susah dihidupkan.mohon arahannya .terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika demikian, biasany terdapat file sistem yang corrupt atau terdeteksi sebagai virus oleh antivirus eksternal Windows. Saran kami, agar Anda menggunakan antivirus bawaan saja di laptop Windows 10 tersebut. Karena sepengalaman kami sendiri, laptop dan komputer hingga sekarang aman saja meskipun tidak diinstal antivirus tambahan.

      Dengan Windows Security, laptop tetap terjaga aman dan tidak ada komplenan dari sekian banyak laptop dan komputer yang kami instal Windows 10 tanpa antivirus tambahan tersebut.

      Hapus
  24. pc saya mengalami gagal boting setiap instal ulang windows 10 pro 64 bit, selalu mentok di logo dan titik spin berhenti berputar, setelah itu keyboard dan mouse langsung hank (tdk berfungsi) spek cpu: mobo asus rog stryx b450 f-gaming, processord ryzen 2400 g (plus vga di processord) memory T-force RGB 4 gb x2 (8gb) psu gamemax 850 wat, penyimpanan ssd 120 gb (utk sistem) dan hdd 2 tb (utk data) bios sudah update secara langsung di bios dgn jaringan LAN (lancar), tempratur semua normal, sistem yg digunakan UEFI GPT, semua setingan bios sudah di atur dg benar, clear cmos juga sudah (reset bios), maslahnya tetap sama, saya udah putus asa, tolong di bantu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari spek hardware PC Anda sudah sangat bagus kemampuannya. Bisa tolong dijelaskan lebih spesifik lagi terkait hal yang terjadi setelah melakukan instal ulang?

      Proses instal ulang sudah sampai tahap mana, masalah terjadi setelah restart yang ke berapa kali, dan apakah sudah mencoba metode Legacy dalam melakukan instal ulangnya?

      Hapus
  25. Gabisa ah, cara masuk safe mode yg laen la

    BalasHapus
  26. Ga bisa, tutor nya g lengkap, masuk safe mode aja ga bis

    BalasHapus
  27. tidak bisa masuk ke boot instal windowsnya,hanya bisa sampai loading boot logo saja,walaupun ssd sudah berisikan windows 10 tetap tidak bisa masuk windows hanya berhenti di loading logo motherboard atau windows.sudah saya coba hanya menggunakan flashdisk yg berisikan instalasi windows tetap kejadiannya berhenti di logo loading windows atau di loading logo motherboard.

    metode legacy telah saya coba dan tidak ada pengaruhnya.

    mohon bantuan dan solusinyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalah yang terjadi seperti itu, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi komputernya aja mas. Karena penanganan kasus seperti ini harus diperiksa secara langsung agar melihat real kondisi perangkat yang bermasalah.

      Hapus
  28. Bang maaf laptopku merk HP 14s dk0073au, udah update ke windows 10 terbaru beberapa minggu lalu,jadi saat digunakan buat nonton stream orang (sambil dicas) layarnya tiba-tiba blackscreen, aku restart lagi stuck di logo windows yang muter muter terus,udah aku coba langkah langkah di atas,berhasil masuk preparing automatic repair (nunggu lama banget), malah jadi ada tulisan your device ran into a problem and needs to restart.. pas restart balik lagi stuck di logo windows..gimana ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk stuck di logo Windows-nya apakah sudah menunggun sampai 15 menit? Jika setelah 15 menit masih seperti itu, coba tekan tombol power agak lama sampai laptop mati pet. Kemudian coba hidupkan kembali.

      Hapus
  29. Bang maaf laptopku merk HP 14s dk0073au, udah update ke windows 10 terbaru beberapa minggu lalu,jadi saat digunakan buat nonton stream orang (sambil dicas) layarnya tiba-tiba blackscreen, aku restart lagi stuck di logo windows yang muter muter terus,udah aku coba langkah langkah di atas,berhasil masuk preparing automatic repair (nunggu lama banget), malah jadi ada tulisan your device ran into a problem and needs to restar. pas resart balik lagi stuck di logo windows. itu gimana ya bang

    BalasHapus
  30. laptop sy samsung ultrabook seri 7 np730... win 10 sering bluescreen, ram dan ssd sdh ganti baru

    BalasHapus
  31. sy punya samsung ultrabook np 730. win 10 nya sering bluescreen, ram dan ssd sdh diganti. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya terjadi bluescreen setelah melakukan aktivitas atau membuka program apa ya?

      Hapus
  32. utk kegiatan office haruan saja mas, sdg lg ngetik2 tiba2 bluescreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya clean install dengan versi Windows 10 terbaru saja mas, dan jangan lupa juga setelah clean install diperbarui melalu Windows Update.
      Untuk perangkat ultrabook ini sebaiknya jangan gunakan terlalu lama, atau jika perangkat sudah terasa agak panas, instirahatkan terlebih dahulu, jangan dipaksa untuk terus digunakan sepanjang waktu.

      Hapus
  33. trims, saya temukan solusinya, penyebabnya processord bermasalah, setelah ganti processor udah bisa install lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah, selamat mas. Semoga mobilitas kerja dapat berjalan lancar, dan kinerja komputer juga dapat berjalan dengan cepat tanpa kendala.

      Hapus

Posting Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama