Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh) - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Rabu, 23 Mei 2018

Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Masalah pasti akan selalu terjadi pada perangkat Windows baik itu berupa laptop maupun PC komputer. Biasanya kendala yang terjadi tidak jauh dari problem hang, program error, bluescreen, blackscreen atau lainnya.

Apalagi kini sedang ramai mengenai sistem operasi Windows 10 yang baru dapat pembaruan kumulatif namun banyak yang mengalami masalah setelah melakukan upgrade sistem. Pembaruan tersebut diberi nama Windows 10 April Update 1803.

Sebelumnya pengguna banyak yang mengeluhkan tentang program Google Chrome menjadi freeze alias hang saat dibuka pada Windows April Update ini. Namun masalah tersebut sudah mendapat solusi dari Microsoft untuk mengatasinya.

Pada Windows 10 April Update, ada masalah lain yang tidak sedikit dialami para penggunanya, yaitu sistem menjadi blackscreen disaat sedang booting dan tidak mau masuk ke layar lockscreen.

Baca juga : Cara Jitu Mengatasi Wifi Error Pada Laptop Windows 10

Booting merupakan proses memulai pemuatan suatu sistem ketika baru dihidupkan atau setelah dilakukan restart. Umumnya proses tersebut tidak akan memakan banyak waktu (normalnya maksimal 1 menit) bergantung pada spesifikasi perangkat yang digunakan.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Dan Gagal Booting

Masalah blackscreen pada Windows 10 terjadi disebabkan oleh beberapa perilaku yang berbeda. Ada yang disebabkan karena pemasangan update yang tidak sepenuhnya selesai, terlalu banyaknya program terpasang, maupun disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang kurang mendukung.

Sebagaimana pembahasan Fajrinfo pada artikel sebelumnya, yakni tentang layar hitam pada Windows 10, bahwa jika sudah dilakukan berbagai cara namun belum teratasi juga atau dimungkinkan karena spesifikasi perangkat kurang mumpuni, lebih baik gunakan versi Windows 10 sebelumnya.

Baiklah, berikut inisalah satu solusi dalam mengatasi layar Windows 10 menjadi blackscreen dan gagal boot saat baru dihidupkan atau hidup setelah restart.

1. Nonaktifkan perangkat laptop atau komputer PC.

2. Lalu boot ke Safe Mode dengan cara me-restart perangkat Windows 10 Anda.

3. Tekan ringan tombol power beberapa kali ketika sistem baru dihidupkan kembali (sebelum muncul logo windows).

Jika kesulitan pada langkah ini, lebih baik boot dengan menggunakan flashdisk atau DVD bootable Windows.

4. Jika dengan cara menekan tombol power pada perangkat lalu muncul kalimat "Please wait", berarti langkah yang Anda lakukan berhasil.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah Windows Store Pada Perangkat Windows 10

5. Silahkan tunggu beberapa detik, sistem akan dialihkan ke menu tampilan Automatic Repair seperti ini.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

6. Kemudian klik pada pilihan Advanced options

7. Setelah menu pilihan Advanced Options terbuka, lalu pilih Windows Startup Settings.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

8. Setelah itu klik Restart agar sistem dapat memuat ulang dan masuk ke mode tampilan yang kita kehendaki, yakni tampilan Safe Mode.

9. Setelah itu tunggu beberapa saat selagi perangkat sedang memuat ulang sistem.

10. Jika sudah selesai, maka akan muncul menu pilihan Startup Settings. Tekan F4 untuk Enable Safe Mode agar sistem masuk ke Safe Mode. Maka sistem akan restart kembali.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

11. Jika blackscreen pada Windows 10 Anda disebabkan oleh pemasangan pembaruan cumulative, biasanya akan muncul tampilan seperti ini.

Cara Mengatasi Windows 10 Blackscreen Gagal Booting (100% Ampuh)

Pada proses tersebut merupakan upaya sistem Windows 10 untuk mengembalikan sistem pada keadaan semula sebelum melakukan update.

Sebab, update sistem yang Anda lakukan ketika itu gagal alias sistem tidak dapat menerapkan pembaruan yang Anda lakukan.

Pada proses ini tunggu saja sampai sistem selesai mengembalikan kondisi perangkat pada keadaan semula. Dan setelah selesai sistem akan melakukan restart secara otomatis.

12. Jika blackscreen yang terjadi pada Windows 10 Anda disebabkan oleh suatu hal selain pembaruan, maka tunggu saja sampai sistem membuka tampilan Safe Mode Windows 10 setelah Anda memilih tombol F4 tadi.

13. Setelah berada pada tampilan Safe Mode, klik kanan pada ikon Start Menu lalu pilih Device Manager.

Baca juga : Setelah Instal Ulang Windows 10, Ini Yang Perlu Anda Lakukan!

14. Kemudian pilih pada bagian Display adapters. Lalu uninstall driver VGA perangkat Anda pada bagian Display adapters tersebut.

15. Apabila proses telah selesai, silahkan lakukan restart seperti biasa pada Start Menu Windows 10 Anda. Tunggu sampai sistem memuat ulang kembali dan dapat dimungkinkan sistem normal kembali tanpa blackscreen.

Demikian pembahasan kita mengenai cara mengatasi Windows 10 blackscreen dan gagal booting ini. Jika Anda melakukan langkah demi langkah secara benar, keampuhan solusi ini bisa Anda rasakan.

Apabila Anda memiliki pengalaman yang sama dengan Windows 10 blackscreen dan gagal booting serta cara penyelesaiannya, silahkan berbagi solusi pada kolom komentar yang tersedia di bawah.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

20 komentar:

  1. kalo dari awal ngga muncul apapun, gmna min? kursor jg ngga ada,mohon bantuannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga muncul apapunya layar monitor menyala apa ngga lampu latarnya? Kalo menyala tunggu beberapa menit dulu nanti juga muncul.

      Hapus
    2. Kejadian ini pernah kualami dan kali ini kualami lagi.. Saat booting, ada spinning loadingnya kemudian blackscreen, tanpa kursor apa pun. Masuk safe mode press F8 atau Del utk ke BIOS jg g bs.. Apakah krn RAM atau mobo lagi? :(

      Hapus
    3. Bisa jadi karena file sistem sudah banyak yang corrupt, sehingga sulit untuk masuk ke desktop.

      Coba untuk melakukan clean install terlebih dahulu dengan sistem operasi Windows terbaru dan jangan download di tempat download software selain dari situs Microsoft resmi.

      Hapus
  2. Kalo permasalahan ane black screen lampu kedip saat setelah selesai installing update....trus layar hitam gak bisa nyala lagi (biasanya biru proses upgrading) mojon solusinya gan? Thanks

    BalasHapus
  3. Kalo permasalahan ane black screen lampu kedip saat setelah selesai installing update....trus layar hitam gak bisa nyala lagi (biasanya biru proses upgrading) mojon solusinya gan? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masuk ke Safe Mode dulu mas dengan mengikuti langkah-langkah yang udah dijelaskan di atas. Soalnya banyak yang mengalami hal seperti itu termasuk saya juga dan dapat diatasi dengan cara melakukan langkah-langkah tersebut di atas.

      Kalo boleh tahu, sekarang Windows 10 yang terpasang di perangkat mas Abdul Rohim versi berapa ya? Coba cek dengan cara tekan tombol Windows + R lalu ketikkan "winver" tanpa tanda kutip kemudian tekan Enter.

      Hapus
    2. Solved gan...ternyata problem di soket fleksible backlight kemungkinan ada yang kendor jadi layar gelap...sementara software gak ada masalah

      Untuk versi windows ternyata upgrade sukses ke versi 1809 (os build 17763.107)..ane upgradr pake monitor pc paralel...sekarang udah nyala backlightnya..thanks udah jawab gan...

      Hapus
    3. Alhamdulillah syukur mas kalo sudah beres sih. Kebanyakan dari kita ketika menghadapi suatu masalah pada perangkat komputer / laptop suka langsung berspekulasi bahwa yang trouble adalah softwarenya.

      Padahal terlepas dari itu dan apapun alasannya, hardware juga seringkali menjadi penyebab tidak normalnya keadaan perangkat saat digunakan.

      Buat temen-temen yang lainnya bisa belajar dari kasusnya mas Abdul Rohim ini saat menghadapi masalah pada perangkatnya. Terimakasih atas share infonya mas, secara tidak langsung Anda telah berkontribusi dalam melengkapi pembahasan dalam artikel ini dan membantu teman-teman yang mengalami masalah serupa.

      Sistemnya Windows 10-nya ditingkatkan lagi mas. Soalnya udah ada update tuh. Untuk build terakhir versi 1809 sudah ada di ekor ".134".

      Hapus
  4. gan, mau tanya kalo pc saya ada tampilan menu tapi backgroundnya jdi hitam ketika saya klik masuk ke pengaturan background, ada peringatan tidak bisa masuk sistem,jadi menu sortcut juga gak bisa diklik, mohon bantuannya, trimakasih gan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau, tolong berikan penampakan tampilan PCnya mas. Supaya lebih jelas lagi untuk menganalisa permasalahannya.

      Kalo mau mengirim gambar, bisa melalui kontak email yang terdapat menu Contact di bagian bawah blog ini.
      Terimakasih

      Hapus
  5. Mas laptop Acer windows 10, black screen,..ku pake mode sate ga bisa...lalu pake ctrl+alt+Del juga tetep ga bisa...jadi seperti balik lagi, ga bs masuk..itu solusinya bgmn mas...TRIms sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau masalahnya blackscreen tidak bisa ke safe mode dan menggunakan tombol Ctrl + alt + del masih belum merespon, coba gunakan keyboard eksternal barangkali keyboard bawaan laptop bermasalah (itupun kalau punya). Sebab ada beberapa perangkat produk sekarang yang kualitas hardwarenya rentan sekali terhadap kerusakan, apalagi keyboard dan touchpad.

      Jika tidak memiliki keyboard eksternal di rumah, lebih baik laptopnya diinstal ulang lagi aja dengan sistem Windows yang lebih rendah atau yang paling stabil.

      Hapus
  6. Gan, Laptop ane Lenovo Ideapad 130, saat itu pas mau nyalain ujug ujug ada tampilan Biru, automatic repair tapi failed, trus sama ane di matiin,nyalain lagi tetep failed,ga bisa masuk Dekstop. Akhirnya ane Install ulang, tapi pas proses instal setelah Logo Windows kemudian malah layar jadi Hitam, stuck lama banget. Masuk safemode pun gak bisa. gimana gan ? mohon bantuannya. Ini laptop baru padahal, punya kantor. Thanks sebelumnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk produk dan spesifikasi laptop padahal udah mumpuni mas Indra Bayu, kalo begitu berarti masalahnya ada pada sistem operasi yang digunakan biasanya.

      Coba instal ulang pake Windows 10 terbaru yang Oktober 2018 Update dulu mas, biar mudah diupdatenya juga. Soalnya kalo pake prosesor 6006U emang begitu, agak rewel. Saya juga udah beberapa laptop dengan proci 6006U sering ngadat, apalagi merk A__s. :)

      Kalo sempet sih mampir kesini ke tempatku mas, Majalengkanya dimana?

      Hapus
  7. Gan PC ane black screen kalo booting, udah di instal ulang, tapi kalo fd instalernya dicabut blank lagi, pake windows 10 pro, spek i3 6100, VGA radeon rx 460 4gb, ram 2x4gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan sebab faktor dari file installer Windows 10 gan. Upayakan untuk mengunduhnya langsung dari server Microsoft, dan gunakan installer Windows 10 yang paling baru, atau setidaknya gunakan versi Windows 10 yang berbeda dengan installer yang agan punya.

      Karena dari spesifikasi perangkat yang agan punya sudah cukup mumpuni untuk menunjang stabilitas sistem operasi Windows 10.

      Hapus
  8. Gan ane udah coba tapi setelah safe mode dan saat restart langsung mati mohon dibangu yaa

    BalasHapus
  9. Makasih kak

    Tapi kok wallpaper jadi item

    BalasHapus

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK