Cara Memperbaiki Laptop Yang Susah Untuk Menyala Atau Dihidupkan - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Minggu, 16 Juni 2019

Cara Memperbaiki Laptop Yang Susah Untuk Menyala Atau Dihidupkan


Cara Memperbaiki Laptop Yang Susah Untuk Menyala Atau Dihidupkan

Ternyata sebagian besar pengguna laptop masih banyak yang belum mengerti tentang bagaimana cara menghidupkan laptop dengan benar. Meskipun ini merupakan hal yang sangat mudah, namun kenyataannya tidak sedikit yang justru membuat perangkat tersebut menjadi cepat rusak akibat tidak sesuai dengan perlakuan yang seharusnya.

Perlu diketahui, bahwa menyalakan laptop yang benar adalah cukup dengan menekan tombol power sekali saja. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga layar menyala dan masuk ke tampilan desktop dengan sendirinya. Beberapa laptop memang ada yang memerlukan waktu lebih lama. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu menekan tombol berkali-kali karena hal itu justru dapat merusaknya.

Namun, seperti itulah benda elektronik. Meskipun dalam menggunakannya kamu sangat berhati-hati, pastinya suatu saat nanti akan mengalami kerusakan.

Seperti masalah laptop yang akan kita bahas kali ini adalah ketika menekan tombol power dan menunggu loading hingga lebih dari 5 menit tapi layar monitor masih tetap saja hitam tidak menyala dan tidak menampilkan apapun. Hingga akhirnya laptop dapat dipastikan benar-benar mati total.

Sebelum membongkar laptop untuk memperbaikinya, dan atau kamu bawa ke tukang service, atau bahkan kamu berpikiran untuk membeli laptop yang baru sebagai penggantinya, lebih baik kamu mencoba melakukan beberapa langkah untuk memperbaiki laptop yang tidak bisa dinyalakan / dihidupkan berikut ini.

Mungkin saja setelah melakukannya laptop kamu yang mati total tersebut dapat dihidupkan dan bisa digunakan kembali seperti semula. Baiklah, tidak menunggu lama lagi, berikut ini Fajrinfo bagikan cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala meskipun telah menekan tombol power berkali-kali untuk dihidupkan.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Sampai Bersih Kinclong

Cara Sederhana Memperbaiki Laptop Mati Total


Pada umumnya terdapat dua kemungkinan pada kondisi laptop yang tidak bisa dihidupkan. Pertama, laptop benar-benar mati total; tidak terdapat tanda mesin hidup, lampu indikator tidak menyala, tidak terdengar suara kipas atau getarannya, bahkan bisa jadi suhu body laptop tetap saja dingin.

Sedangkan kemungkinan yang kedua adalah terdapat tanda kehidupan pada laptop; lampu indikator bisa menyala, terdengar suara kipas berhembus, suhu perangkat hangat, namun layar monitor masih tetap gelap dan tidak mau hidup.

Dari kedua masalah yang disebutkan tadi, maka diperlukan adanya penanganan yang berbeda untuk memperbaiki masalah tersebut. Oleh karena itu, Fajrinfo akan memberikan dua solusi yang mudah-mudahan bisa mengatasi masalah laptop yang tidak bisa menyala di bawah ini.

1. Periksa Baterai Dan Adapter Charger

Jika kondisi laptop dikategorikan ke tanda-tanda kerusakan yang pertama, maka kemungkinan besar masalah disebabkan oleh sumber daya listrik. Bisa saja baterai habis total atau telah rusak, charger sudah tidak bisa digunakan lagi, atau mungkin keduanya masih berfungsi dengan baik tapi belum terpasang secara benar.

Seandanya benar demikian, pastikan semua komponen penunjang telah terpasang dengan baik. Jika masih tetap tidak menyala, maka cobalah gunakan baterai lain yang sejenis. Kamu juga bisa melepas baterai dan menyalakan laptop hanya dengan charger saja.

Bagaimana, laptop kamu masih tidak bisa dihidupkan saja? Coba pindahkan adaptor charger ke lubang stop kontak lain.

Apabila komponen di dalamnya tidak ada yang mengalami kerusakan dan pada masalah sumber daya listrik ini latop sudah beres, seharusnya laptop dapat dinyalakan kembali dan siap kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu.

Baca juga: Cara Menjaga Ponsel Kamu Agar Aman Dari Serangan Hacker

2. Lakukan Power Reset

Cara kedua ini dapat dilakukan untuk memperbaiki laptop yang tidak bisa menyala seperti kondisi pada poin kedua yang telah dijelaskan di atas. Reset power sendiri berfungsi untuk memutuskan semua aliran listrik pada seluruh komponen laptop, sebab inilah yang mungkin menjadi penyebab laptop yang tidak bisa dihidupkan dengan baik.

Cara melakukan power reset pada perangkat laptop adalah sebagai berikut:

- Pastikan laptop terputus dari semua sumber listrik: lepas charger / pengisi daya serta baterai (baterai harus dilepas).

- Setelah semua terlepas, lalu tekan dan tahan tombol power selama 30 detik. Hal ini bertujuan agar arus listrik pada laptop benar-benar dalam keadaan habis.

- Setelah yakin 30 detik, kemudian pasang kembali baterai dan juga adapter charger yang terhubung ke listrik. Setelah itu, hidupkan laptop dengan menekan tombol power seperti biasa.

Dengan melakukan beberapa panduan di atas, seharusnya dapat mengatasi laptop kamu yang susah dinyalakan. Namun jika masih tetap mati, kemungkinan besar laptop kamu terdapat kerusakan yang lain. Sebaiknya segera bawa ke tempat service resmi yang terpercaya.

Bagikan informasi ini kepada temanmu

Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar ini dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK