Cara Mengatur Ulang Windows Update Pada Windows 10

Cara Mengatur Ulang Windows Update Pada Windows 10

Apakah kamu mengalami stuck saat mengunduh dan menginstal pembaruan pada Windows 10? Tenang saja jangan khawatir, kali ini Fajrinfo akan menunjukkan cara mengatur ulang (reset) Windows Update pada Windows 10 dalam artikel ini.

Pembaruan sistem yang diberikan oleh Microsoft pada Windows 10 sangat penting kiranya untuk selalu mengunduh dan memasangnya, karena dalam setiap pembaruan biasanya terdapat patch keamanan terbaru, perbaikan bug, pembaruan driver penting, pembaruan tampilan dan lainnya

Jika tidak dapat mengunduh pembaruan ke perangkat Windows 10 kamu, pada artikel ini adalah panduan untuk dapat mereset dan memperbaiki komponen pembaruan Windows 10. Salah satu solusinya adalah dengan mereset layanan Windows Update yang akan memperbaiki sebagian besar kendala umum dari masalah Windows Update .

Kita akan melakukan beberapa langkah untuk memperbaiki komponen Windows Update agar kamu dapat mengunduh dan menginstal pembaruan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Windows Update Troubleshooter


Pertama, kita akan mencoba menggunakan fitur Windows Update Troubleshooter bawaan Microsoft. Tool ini akan membantu kamu untuk mencari tahu masalah komponen Windows Update secara otomatis.

1. Unduh dan jalankan Windows Update Troubleshooter dari Microsoft. Kamu dapat menemukannya disini.

2. Pada menu, pilih Windows Update lalu klik Next.

3. Jika terdapat pilihan untuk melakukannya sebagai administrator, silahkan klik Try troubleshooting as an administrator, pilih Windows Update dan klik Next.

4. Jika Troubleshooter menemukan suatu masalah, maka secara otomatis akan memperbaikinya. Jika sudah selesai kemudian tutup utility tool.

5. Lakukan langkah yang sama tapi kali ini pada menu pilih Windows Networking Diagnostics untuk memastikan tidak ada masalah terkait jaringan yang mencegah perangkat mengunduh pembaruan Windows 10. Tunggu sampai tool menyelesaikan proses dan menutup Troubleshooter.

Untuk mengetahui apakah masalah telah teratasi atau belum, silahkan restart komputer untuk menerapkan perubahan dan periksa komponen Windows Update. Seharusnya setelah restart maka sistem akan normal kembali.

Perbaiki Masalah Windows Update Secara Manual


Selanjutnya kita akan mencoba memperbaiki masalah Windows Update ini secara manual. Sebagai pengganti dari ketergantungan pada Troubleshooter buatan Microsoft. Kamu dapat menyelesaikan masalah secara manual pada instalasi pembaruan Windows 10 terbaru.

1. Kunjungi halaman web Windows 10 update history agar kamu dapat melihat log semua pembaruan Windows sebelumnya yang telah dirilis.

2. Untuk pembaruan yang paling baru dirilis, catat nomor KB-000000 sebagai kode pembaruan.

3. Kemudian gunakan website Windows Update Catalog Website untuk mencari pembaruan yang sesuai dengan nomor KB-000000 yang kamu catat tadi. Lalu unduh pembaruan menyesuaikan dengan arsitektur mesin perangkat Windows 10 kamu, apakah 32-bit = x86 atau 64-bit = x64.

(Mulai 23 Juni 2018 - KB4284835 adalah update patch terbaru untuk Windows 10 April 2018 Update, dan KB4284822 adalah patch terbaru untuk Windows 10 Fall Creators Update).

4. Setelah itu buka file yang telah diunduh tadi untuk menginstal pembaruan.

Langkah terakhir adalah me-restart komputer setelah pembaruan berhasil diinstal. Dengan menginstal komponen pembaruan Windows biasanya akan memperbaiki setiap masalah ini. Sekarang kamu dapat melakukan pemeriksaan menggunakan tombol Check for updates pada Windows Update.

Membersikan Cache Windows Update


Untuk metode selanjutnya kita akan mengosongkan cache Windows Update secara manual untuk memperbaiki masalah unduhan pada Windows 10. Sebelum menghapus cache, kamu harus menghentikan layanan Windows Update terlebih dahulu.

Untuk melakukan hal tersebut, cari program services dan buka dengan Run as administrator. Lalu temukan layanan Windows Update, kemudian klik kanan dan pilih opsi Stop.

Untuk membersihkan cache, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu masukkan path di bawah ini dan tekan tombol Enter.

C:\Windows\SoftwareDistribution\

3. Folder ini memiliki semua file yang terkait dengan Windows Update.

4. Buka folder Download, lalu pilih semua file dan hapus semua file.

Kamu harus me-restart Windows Update. Untuk melakukan hal tersebut, buka lagi Services dan mulai layanan Windows Update. Untuk memulai layanan, klik kanan padanya dan pilih opsi Start pada menu konteks.

Untuk menginstal update terbaru, masuk ke menu Settings > Update & Security > Windows Update, lalu Check for updates.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Cara Mengatur Ulang Windows Update Pada Windows 10"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel