Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4

Cara Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4

Belum lama ini sejak Android Pie dirilis, untuk saat ini hanya beberapa perangkat saja yang telah menerima pembaruan Android Pie secara resmi, seperti Google Pixel.

Namun, untuk usaha sektor unofficial development (pengembang tidak resmi) harus mendapatkan apresiasi, sebab kini beberapa perangkat dapat mencicipi versi Android terbaru. Salah satunya, yang beruntung memiliki port Android Pie unofficial terbaru adalah Xiaomi Redmi Note 4.

Sebelum menuju panduan cara untuk menginstal Android Pie pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4, silahkah periksa fitur apa saja yang ada pada Android Pie ini.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Redmi Note 4 secara resmi tidak mendukung dan tidak termasuk dalam perangkat yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan Android Pie.

Akan tetapi seorang developer asal India yang berbakat, abhishek987 pada komunitas pengembang terbesar di dunia - XDA, telah berhasil memporting port yang berbasis Android Pie AOSP untuk perangkat tersebut.

Anehnya, ini suatu pencapaian yang cepat dan luar biasa bukan, mengingat bahwa perusahaan itu sendiri akan memerlukan lebih banyak waktu untuk merilis pembaruan Android yang sama untuk itu.

Flash / Instal Android Pie Pada Xiaomi Redmi Note 4


Jika kamu tertarik untuk mencoba pembaruan Android Pie pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 kesayanganmu, maka jangan buang waktu lagi dan ikuti prosedur detail langkah demi langkah yang Fajrinfo bagikan di bawah ini.

Persyaratan

Pastikan perangkatmu sepenuhnya siap untuk melakukan proses flashing. Hal ini mencakup pada tingkat daya baterai yang cukup dan berada pada sisi yang lebih aman, buatlah cadangan terlebih dahulu dari perangkatmu. Dan yang paling penting, unduh lalu simpan file-file berikut dengan aman di folder luar MicroSD Anda.

- Treble Enabled TWRP Build : Download.

- AOSP 9.0.0 ROM For Redmi Note4 (mido) : Download.

- BitGapps [9.0.0] : Download.

- Magisk v16.7 (optional) : Download.

Langkah Menginstal ROM Android Pie AOSP Pada Xiaomi Redmi Note 4


Penting: Lanjutkan ke langkah berikutnya jika dan hanya jika kamu mengetahui bahaya dan resiko yang terkait dengan flashing atau pemasangan Custom ROM . Ikuti prosedur dengan hati-hati dan teliti, sebab jika ceroboh dapat membuat perangkat milikmu mengalami kerusakan. Lanjutkan dengan resiko ditanggung kamu sendiri!

1. Buka kunci / unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 4 milikmu, lalu flash TWRP hasil download tadi di atas. Fajrinfo harap, kamu sudah bisa cara untuk mem-flash TWRP.

2. Boot ke TWRP dan lakukan penghapusan penuh (system, data, and cache partition).

3. Kemudian pada layar utama TWRP, pilih opsi Install lalu pergi ke tempat kamu menyimpan file AOSP 9.0.0 ROM For Redmi Note4 (mido) dan bitgapps.zip.

Cara Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4

- Pertama, flash file zip AOSP 9.0.0 ROM For Redmi Note4 (mido).

Cara Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4

- Kemudian, flash file zip BiTGApps.

- Untuk opsional, silahkan flash Magisk 16.7 jika root diperlukan.

- Setelah itu untuk penyelesaian, silahkan Reboot to system.

Informasi Umum Tentang AOSP ROM


AOSP adalah sistem operasi Android murni seperti yang dipublikasikan Google tanpa modifikasi lainnya. Lebih atau kurangnya, AOSP merupakan ROM bawaan perangkat Nexus / Pixel tanpa GApps.

Baru-baru ini Google telah merilis AOSP Android Pie terbaru, dan itulah yang membantu para pengembang untuk mem-porting-nya ke banyak perangkat yang mampu secara tidak resmi (unofficial).

Akan tetapi ROM AOSP untuk Redmi Note menyertakan beberapa fitur non-AOSP yang ditambahkan oleh developer untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Apalagi hal-hal berikut ini telah berfungsi dengan baik.

What’s working / Apa Yang Bekerja Pada AOSP 9.0.0 ROM For Redmi Note 4 :

> Boots
> RIL (Calls, SMS, Data)
> Fingerprint
> IR Blaster
> Wi-Fi
> Bluetooth
> Camera
> Camcorder
> Video Playback
> Audio
> Sensors
> Flash
> LE
> GPS
> Volte

Sebenarnya ROM AOSP untuk Xiaomi Redmi Note 4 ini terdapat bug, tapi tidak ada masalah yang serius selain masalah perangkat lunak kecil yang cukup normal di port unofficial ini.

Known issues / Masalah yang diketahui :

> Hardware encryption

Galeri Xiaomi Redmi Note 4 Android Pie


Cara Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4

Cara Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4

Kesimpulan

Hingga saat ini, Xiaomi Redmi Note 4 bahkan belum menerima pembaruan Android Oreo secara resmi, dan sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi.

Meskipun demikian, sangat bermanfaat bagi pengguna perangkat ini bahwa terdapat komunitas pengembang aktif yang membuat versi Android terbaru menyambanginya, apalagi ternyata sangat cepat.

Untuk menginstal Android Pie pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4, kamu dapat mengikuti panduan yang telah Fajrinfo jelaskan di atas.

Jika kamu berhasil melakukan flashing ROM di perangkat Xiaomi Redmi Note 4 milikmu. Kami akan senang mengetahui pengalaman sobat dengan ROM tersebut. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk meminta bantuan di bagian komentar di bawah ini.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Menginstal Android Pie Di Xiaomi Redmi Note 4"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel