Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Di Perangkat Android

Ada banyak ponsel Android di luar sana dan biasanya mempunyai cara yang sama untuk mengaktifkan Mode USB Debugging. Jadi, kali ini Fajrinfo.com akan membagikan informasi untukmu tentang bagaimana cara mengaktifkan Mode USB Debugging pada ponsel Android.

Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Di Perangkat Android

Sekitar 70% perangkat memiliki prosedur yang sama untuk mengaktifkan Mode USB Debugging. Dan mungkin terdapat perbedaan pada perangkat yang terkunci ke suatu jaringan karena batasan tertentu tentang bundling provider seluler.

Cara mengaktifkan USB Debugging, kamu harus mengaktifkan Mode Pengembang (Developer Mode) terlebih dahulu pada ponsel Android. Untuk melakukannya, buka menu Pengaturan pada ponsel Androidmu.

Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Di Perangkat Android

Kemudian lanjutkan ke menu Tentang ponsel, lalu temukan Informasi perangkat lunak pada tampilan yang muncul. Kemudian kamu harus mengetuk Nomor seri berkali-kali sebanyak 7 kali untuk bisa mengaktifkan mode pengembang.

Berikut ini adalah detail proses untuk mengaktifkan mode pengembang ponsel Android:

Cara Melakukan Unlock Developer Option Ponsel Android

  1. Pertama, masuk ke Pengaturan / Settings.
  2. Lalu buka Tentang ponsel / About phone.
  3. Kemudian pergi ke Informasi perangkat lunak / Software information.
  4. Setelah itu ketuk Nomor seri / Serial number sebanyak 7 kali untuk meng-unlock opsi Mode Pengembang / Developer mode.

Baca juga : Cara Mendapatkan Refund Pembelian Di Google Play Store

Sekarang, Mode Pengembang ponsel telah diaktifkan dan kamu dapat mengaksesnya dengan cara kembali ke menu Pengaturan. Ini merupakan langkah besar untuk mengaktifkan Mode USB Debugging pada Perangkat Android.

Langkah Untuk Mengaktifkan Mode USB Debugging Pada Perangkat Android

Sekarang, pastikan mode pengembang ponselmu telah aktif, karena langkah ini bisa diterapkan hanya pada mode pengembang yang aktif. Jadi pastikan sudah dihidupkan.

  1. Sekarang, pergilah ke Pengaturan Pengembang (Developer Settings) dari menu Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan USB Debugging.
  3. Command prompt akan muncul dan meminta untuk menggunakan mode USB Debugging. Ketuk OK atau Ya untuk mengkonfirmasinya.

Langkah Alternatif Untuk Unlock Bootloader Perangkat Android

Sekarang kamu harus membuka jendela Command prompt dari folder dimana kamu menyimpan Modaco Superboot. Dan dalam folder yang sama menyimpan platform tools. Dengan mengklik kanan di folder tersebut sambil menekan tombol shift pada Windows 7 dan di atas jendela perintah terbuka disana. tapi perangkat kamu harus terhubung sebelum mencoba proses ini.

Sekarang kamu harus memasukkan perintah berikut ini secara berurutan :

1. Setelah menjalankan perintah ini, ponsel kamu akan restart otomatis dan menunggu untuk restart.

->adb-windows reboot bootloader

2. Perintah ini akan membuka kunci bootloader ponsel Android kamu.

->fastboot-windows oemunlcock

3. Perintah ini akan me-restart perangkatmu untuk menerapkan membuka kunci bootloader.

->fastboot reboot

Demikian beberapa cara dan metode untuk mengaktifkan mode USB debugging pada ponsel Android. Jika penjelasan yang diberikan Fajrinfo ini ada yang terlewat atau kurang paham, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

2 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. Ulasannya sangat bagus, tapi khusus untuk cara membuka/mengaktifkan usb debugging tidak di terangkan untuk apa mengaktifkan usb debugging?
    Dan apa hubungan antara Android dan Windown7...(ini seperti menerangkan cara meracik obat tapi tidak tahu obat yang di racik untuk sakit apa?) he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas apresiasi dan masukannya.

      Konten dalam blog Fajrinfo.com ini biasanya memiliki keterhubungan satu sama lain. Terlebih pada konten-konten tentang tutorial Windows 10 dan Android.

      Begitu pula dengan postingan tentang cara mengaktifkan USB debugging pada HP Android ini. Anda bisa menemukan panduan tentang flashing atau rooting yang sebagian besar akan memberi rujukan ke artikel ini dalam langkah-langkahnya untuk menerapkan flashing atau rooting.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama