Microsoft Menarik Pembaruan November Windows 10 Karena Masalah BSoD

Pembaruan kumulatif Windows 10 bisa menjadi roller coaster yang gila bagi sebagian pengguna. Sebagaimana beberapa pemilik Surface Book 2 melaporkan bahwa mereka mengalami masalah BSoD (Blue Screen of Death) atau layar biru setelah menginstal pembaruan kumulatif opsional Windows 10 November 2018.

Microsoft Menarik Pembaruan November Windows 10 Karena Masalah BSoD

Windows 10 versi 1803 build 17134.441 (KB4467682) menyebabkan BSoD pada sejumlah unit Surface Book 2 dan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencopotnya secara keseluruhan.

Awal pekan ini, Microsoft secara resmi mengakui masalah tersebut dan langsung memblokir perangkat Surface Book 2 untuk menerima pembaruan. Namun, hari ini Microsoft mengungkapkan bahwa mereka menarik pembaruan akhir November Windows 10 untuk semua perangkat.

“Setelah menginstal pembaruan opsional ini beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka mengalami masalah layar biru atau hitam dengan kode kesalahan; "System thread exception not handled.” Sebagai tindakan pencegahan, kami telah menghapus pembaruan opsional ini dari Windows Update dan Microsoft Update Catalog untuk melindungi pelanggan. Perbaikan dan peningkatan akan tersedia dalam rilis pembaruan keamanan Desember 2018 dan akan mencakup resolusi untuk masalah ini,” Microsoft menjelaskan dalam dokumen dukungan yang diperbarui.

Perlu diperhatikan bahwa pembaruan bersifat opsional dan dirilis ke perangkat Windows 10 April 2018 Update. Laporan pengguna menunjukkan bahwa BSoD hanya dialami pada rilis OS tertentu saja, tidak semuanya.

Pada saat menulis pembahasan ini, pembaruan kumulatif opsional Windows 10 November 2018 sudah tidak lagi tersedia untuk diunduh dari Windows Update atau pun Microsoft Update Catalog.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama