Microsoft Edge Berbasis Chromium Akan Menghampiri Windows 10, 8, 7 dan macOS - Fajrinfo

Sabtu, Desember 08, 2018

Microsoft Edge Berbasis Chromium Akan Menghampiri Windows 10, 8, 7 dan macOS


Microsoft Edge Berbasis Chromium Akan Menghampiri Windows 10, 8, 7 dan macOS

Ada desas-desus yang mengklaim bahwa browser Microsoft Edge akan menjadi peramban lintas platform dan akan segera menggunakan mesin rendering Chromium Blink.

Hari ini, Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa peramban Edge akan membuang mesin rendering EdgeHTML untuk menjadi bagian dari keluarga Chromium. Microsoft sedang membangun kembali peramban Edge dengan basis Chromium Blink dan ini dapat menarik minat pengguna untuk mencobanya.

Browser Microsoft Edge yang baru tidak akan hadir dengan layanan Google, tapi akan menggunakan mesin rendering Chromium Blink, mesin rendering web sumber terbuka populer yang memberdayakan browser Chrome Google dan peramban Edge di Android.

Microsoft Edge telah cukup banyak gagal untuk mendapatkan porsi di pasar browser, tapi perusahaan tampaknya belum siap jika harus menyerah pada browser webnya sendiri. Microsoft Edge bergabung dengan komunitas Chromium untuk meningkatkan web browser melalui kolaborasi sumber terbuka (open source).

Saat ini Microsoft Edge memiliki sekitar 4 persen pangsa pasar dan dengan hasil tersebut cukup jelas bahwa Microsoft perlu mengubah sesuatu untuk membawanya agar dapat digunakan pada lebih banyak perangkat serta mengatasi masalah kompatibilitas.

Kabarnya, kini Microsoft sedang mengembangkan sebuah browser berbasis Chromium baru di bawah nama dan fitur Microsoft Edge untuk dijadikan sebagai browser default baru pada perangkat Windows 10.

"Orang-orang yang menggunakan Microsoft Edge (dan berpotensi browser lainnya) akan mengalami peningkatan kompatibilitas dengan semua situs web, sambil mendapatkan daya tahan baterai dan integrasi perangkat keras terbaik pada semua jenis perangkat Windows," Microsoft Joe Belfiore menulis dalam sebuah posting blog.

Apa Yang Akan Berubah?


Microsoft tidak akan membunuh browser Edge. Akan tetapi perusahaan membangunnya kembali dengan merek dan nama yang sama. Anda akan melihat bahwa peramban Edge akan menjadikan laman web lebih konsisten karena peramban akan menggunakan mesin render yang sama yang selama ini memberdayakan Google Chrome.

Dan Microsoft Edge tidak akan lagi eksklusif untuk Windows 10 saja, karena raksasa perangkat lunak ini akan membawa browser Edge yang berbasis Chromium baru untuk dapat digunakan pada perangkat bersistem operasi Windows 7, Windows 8 juga macOS.

Baca juga : Kini Banyak Perubahan Yang Terjadi Pada Aplikasi Google Chrome Terbaru

Browser Edge Yang Digarap Ulang Akan Dirilis Tahun Depan


Browser Edge yang dibangun kembali masih belum siap untuk tahap pengujian dan anggota Windows Insider akan mendapatkan akses perdana versi beta pada awal tahun depan.

Rencananya Microsoft akan membuat perubahan yang diperlukan untuk Windows 10 dengan Insider masa depan membangun untuk mengalihkan browser Edge menuju Chromium.

“Kami sangat gembira tentang kesempatan untuk menjadi bagian yang lebih aktif dari komunitas ini dan membawa yang terbaik dari Microsoft ke depan untuk terus membuat browser web lebih baik untuk semua orang,” kata Belfiore.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

MARHABAN YAA RAMADHAN
Fajar Ramadhan telah menghampiri dunia, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga memperoleh segala keutamaan di bulan Ramadhan nan suci ini.
Oke