Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Sebagian besar orang pasti akan kesal pada baterai ponselnya yang mudah rusak. Jika kamu mengalaminya, jangan dulu menyalahkan baterai atau ponselnya. Sebab bisa jadi tanpa sadar justru kamu yang suka melakukan kecerobohan hingga merusak baterai ponselmu tersebut.

Dilansir oleh Fajrinfo, bahwa berikut ini adalah beberapa kecerobohan yang seringkali kamu lakukan dan ternyata dapat menyebabkan baterai ponsel / HP menjadi rusak dengan cepat.

1. Mengisi Daya Baterai Sampai Penuh 100%


Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Bisa dibilang ini merupakan kesalahan paling umum yang sudah latah dilakukan oleh para pengguna smartphone. Mengisi daya baterai ponsel sampai 100% dianggap sebagai suatu keharusan agar baterai ponsel tidak cepat habis.

Ternyata pemahaman seperti itu justru tidaklah tepat. Sebab para ahli merekomendasikan untuk tidak mengisi baterai ponsel sampai 100 persen, namun sebaiknya cukup rentang 80% saja.

Muatan daya penuh hingga 100% akan mengakibatkan daya berlebih saat ponsel digunakan. Dan nantinya, baterai ponsel yang kamu gunakan akan mudah rusak.

Baca Juga: Cara Mudah Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Kontak

2. Pelindung Ponsel Masih Terpasang Saat Pengisian


Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Mungkin kamu belum tahu bahwa saat mengisi baterai jangan biarkan ponsel dalam kondisi terlapisi oleh pelindung, sebab hal tersebut dapat merusak baterai HP / ponsel.

Logikanya begini, ketika pengisian daya berlangsung, maka semakin lama baterai dan ponsel kamu akan semakin panas. Nah, jika demikian tentu akan lebih panas lagi jika ponsel itu terbungkus pelindung.

Jika pelindung ponsel yang kamu gunakan tidak dilepas, maka akan berdampak pada sisi bagian bawah dan baterai ponsel menjadi lebih cepat panas karena suhunya tidak keluar terhalang oleh pelindung.

Maka dari itu, biasakanlah untuk melepas pelindung ponsel ketika kamu mengisi daya baterai agar terhindar dari suhu panas berlebih.

3. Ponsel Dibiarkan Mati Karena Kehabisan Daya


Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Untuk kebiasaan yang satu ini juga tidak sedikit orang yang sering mengabaikan tentang kesehata baterai ponselnya. Mereka menganggap menghabiskan daya baterai hingga ponsel mati total merupakan hal yang lumrah.

Padahal, dengan membiarkan ponsel kamu mati disebabkan oleh habisnya daya baterai dapat mengakibatkan lithium ion dalam baterai jadi menguap dan cepat rusak. Jadi jangan biasakan menggunakan ponsel sampai habis daya baterainya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Password WiFi Dengan Ponsel Android

4. Sering Mengisi Daya Melalui Powerbank


Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Sejatinya, powerbank sangatlah bermanfaat bagi kita untuk mengisi baterai smartphone saat bepergian atau sedang di luar rumah. Namun perlu kamu ketahui, bahwa terlalu sering mengisi baterai melalui powerbank justru berakibat pada buruk pada baterai.

Baterai ponsel kamu akan lebih cepat rusak. Hal itu disebabkan oleh adanya perbedaan tegangan antara powerbank dengan charger bawaan pabrik produsen ponsel tersebut. Tidak hanya baterai yang menjadi rusak, tapi kartu SIM juga berpotensi menjadi cepat rusak.

5. Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya Baterai


Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak

Tidak sedikit orang yang memakai ponsel sambil melakukan pengisian daya baterai. Padahal kebiasaan ceroboh ini dapat mengakibatkan baterai ponsel kamu semakin mudah rusak.

Sebab, dengan begitu baterai ponsel kamu akan mudah panas jika sambil digunakan terus-menerus saat pengisian daya baterai. Suhu panas tersebut yang dapat merusak komponen ponsel, termasuk juga dengan baterai.

Kesimpulan


Demikianlah daftar kecerobohan yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel / HP saat mengisi daya baterai lithium ion. Padahal ternyata hal tersebut di atas dapat menyebabkan masalah yang sangat fatal.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

Belum ada Komentar untuk "Tanpa Disadari, 5 Kecerobohan Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Cepat Rusak"

Posting Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel