Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Senin, 29 April 2019

Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google


Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google

Biasanya verifikasi keamanan untuk login ke akun Google memakai kode PIN yang dikirim melalui pesan SMS. Namun beberapa waktu lalu, Google menambahkan metode baru untuk memverifikasi keamanan akun dengan menggunakan perangkat Android yang berperan sebagai kunci fisik pada metode otentikasi dua faktor.

Dengan adanya fitur otentikasi dua faktor, tidak akan ada orang lain yang bisa masuk ke situs web memakai akun yang kamu miliki walaupun misalnya mereka mengetahui password (kata sandi) akun kamu. Sebab, kini Google telah menambahkan kenyamanan verifikasi keamanan dengan kehadiran fitur baru ini.

Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google

Jika perangkat kamu menjalankan sistem operasi Android versi 7.0 atau yang lebih tinggi, maka kamu dapat menggunakan perangkat Android tersebut sebagai kunci keamanan alternatif yang nyaman digunakan layaknya kunci fisik.

Solusi ini dinilai akan lebih aman dari pada opsi otentikasi dua faktor yang sudah lazim digunakan seperti melalui pesan SMS, karena perangkat tersebut akan berkomunikasi dengan komputer milikmu melalui Bluetooth.

Pesan SMS bisa diretas, dan kebanyakan metode sekunder lainnya untuk memverifikasi keamanan login kamu tidak mampu memeriksa dan menentukan apakah itu benar-benar kamu yang sedang memasuki akun ke situs yang dituju.

Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google

Pertama, komputer atau laptop kamu harus menjalankan sistem operasi Windows 10, MacOS, atau Chrome OS, dengan versi Chrome 72 atau yang lebih baru. Sebab kamu harus mengaturnya melalui komputer.

Sebelum memulai, pastikan untuk mengaktifkan Bluetooth pada perangkat yang kamu gunakan.

Baca juga: Cara Paling Mudah Menghasilkan Uang Dari Instagram

Berikut ini cara mengatur melalui perangkat komputer atau laptop:

- Jika kamu belum memiliki akun, pastikan untuk menambahkan akun Google ke perangkat yang kamu gunakan dengan cara pergi ke Pengaturan > Akun > Tambah akun > Google.

- Kemudian, pada komputer yang kamu gunakan, buka browser Google Chrome.

- Buka link myaccount.google.com/security pada Google Chrome, lalu klik opsi Verifikasi 2 Langkah.

Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google

- Kamu harus sudah mengatur setelan verifikasi dua langkah.

- Setelah berhasil login, masukkan nomor telepon, lalu pilih metode verifikasi sekunder apa yang kamu perlukan.

- Gulir ke bawah untuk melihat daftar metode sekunder dan pilih Tambahkan Kunci Keamanan.

- Lalu pilih perangkat milikmu melalui daftar opsi; perangkat akan terdeteksi dan muncul secara otomatis.

Kini Ponsel Android Bisa Menjadi Kunci Fisik Untuk Login Ke Google

Baca juga: 5 Antivirus Gratis Ini Salah Satunya Harus Kamu Miliki Di Tahun 2019

Proses selesai. Dengan begitu kamu telah mengatur perangkat Android milikmu sebagai kunci keamanan fisik agar dapat masuk ke layanan Gmail, Google Cloud, Google Drive, Google News atau layanan Google lainnya, dan menggunakan perangkat Android sebagai alat yang dapat membuka verifikasi sekunder.

Pastikan perangkat yang kamu gunakan agar berada di dekat komputer setiap kali akan melakukan login. Kemudian, kamu akan memberitahu bahwa perangkat tersebut memunculkan jendela prompt. Ketuk pada prompt tersebut untuk melakukan verifikasi login dan setelah itu kamu akan siap beraksi.

Bagikan informasi ini kepada temanmu

Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar ini dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK