Cara Unik Browsing Tanpa Koneksi Internet Ini Perlu Kamu Coba! - Fajrinfo

Sabtu, Mei 18, 2019

Cara Unik Browsing Tanpa Koneksi Internet Ini Perlu Kamu Coba!


Cara Unik Browsing Tanpa Koneksi Internet Ini Perlu Kamu Coba!

Browsing tanpa terkoneksi dengan internet seperti hal yang tidak mungkin terjadi. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa software dan aplikasi yang dapat memungkinkan hal tersebut.

Dirangkum dari beberapa sumber, Fajrinfo akan membagikan cara browsing tanpa terkoneksi dengan internet pada perangkat komputer dan smartphone Android.

Browsing atau berselancar di dunia maya sudah pasti memerlukan koneksi internet. Namun terkadang ketika kamu benar-benar ingin membuka laman web tertentu untuk suatu kepentingan, justru akses internet jadi hilang, entah karena masalah kuota habis atau masalah jaringan.

Jika keadaan seperti itu, apa yang harus kamu lakukan? Bagaimana agar tetap bisa internetan tanpa terkoneksi dengan internet?

Kamu tidak perlu khawatir, sebab ternyata ada cara untuk melakukan browsing tanpa terkoneksi dengan internet.

Harga paket internet di Indonesia sudah sejak lama memang selalu menjadi isu utama bagi mereka yang memiliki keseharian untuk menjelajahi berbagai situs web yang menarik di internet.

Selain itu, ada juga pengguna yang mengeluh karena akses ke jaringan internet seringkali lambat atau bahkan hilang sama sekali.

Oleh karena itu, kini banyak orang yang kemudian berusaha mencari cara untuk berselancar di dunia maya tanpa adanya koneksi internet atau bisa disebut browsing secara offline.

Cara Browsing Tanpa Internet Di Komputer


Untuk browsing tanpa terkoneksi dengan internet di komputer, terdapat dua macam software yang bisa dipakai untuk melakukan hal ini. Yaitu HTTracks dan Getleft. Oleh sebab itu, kamu harus mengunduh kedua software tersebut.

Baca juga: Apa Benar Mouse Komputer Bisa Dipakai Di HP Android? Ternyata Begini Cara Melakukannya

Dalam pemakaiannya, software ini sangat mudah digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan HTTracks untuk melakukan browsing tanpa terkoneksi dengan internet.

Setelah kamu mengunduh software HTTracks, lakukan penginstalan software tersebut seperti pemasangan software pada umumnya.

Dalam tahapannya, biasanya kamu akan diminta untuk membuat folder baru dan menamainya agar bisa mengunduh situs web yang kamu suka.

Lalu masukkan rincian dan pilih Next saja. Dalam kotak teks, kamu harus mengisi URL situs web yang kamu sering kunjungi atau situs web yang paling kamu sukai, lalu klik ‘Next’.

Setelah itu, pengunduhan konten akan dimulai, proses ini dapat memakan waktu beberapa saat tergantung pada kecepatan internet dan besarnya ukuran situs web yang kamu download. Jika proses download telah selesai, maka kamu tinggal membuka folder baru yang sudah dibuat tadi.

Sementara untuk penggunaan software Getleft, setelah mengunduh dan menginstal software Getleft di komputer, buka dan tekan tombol CTRL + U pada keyboard, lalu masukkan URL dan Directory yang kamu tuju untuk penyimpanan file unduhan.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih laman situs web yang ingin didownload seperti di atas tadi. Dengan begitu, tinggal menunggu beberapa saat sampai semua file selesai diunduh.

Cara Browsing Tanpa Internet Di Android


Jika ingin browsing tanpa terkoneksi dengan internet di ponsel Android, kamu bisa memakai aplikasi Offline Browser. Cara kerjanya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengunduh terlebih dahulu isi halaman web dari situs yang kamu kehendaki agar dapat dijalankan secara offline.

Baca juga: Cara Hemat Baterai Ini Justru Akan Membuat Android Boros

Cara ini dapat kamu lakukan untuk antisipasi ketika berada di tempat / daerah yang sulit ditemui jaringan Internet. Misalnya saja ketika kamu sedang dalam perjalanan atau di daerah yang letaknya jauh dari BTS terdekat.

Dengan aplikasi ini, kamu masih tetap bisa membaca sistus web atau artikel yang kamu suka, tanpa khawatir kehilangan koneksi internet.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Setelah terpasang lalu buka aplikasi tersebut, kamu tinggal meng-klik ikon plus (+) yang ada pada bagian bawah sebelah kiri. Setelah itu tambahkan link situs web yang kamu inginkan, kemudian tekan download.

Maka aplikasi ini akan menyimpan seluruh isi halaman website tersebut. Kamu tinggal menunggu sampai proses pengunduhan laman web selesai.

Setelah itu kamu bisa memasukkan lagi link website lain yang ingin kamu buka ketika koneksi internet lambat atau jaringan internet hilang. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan koneksi internet lambat ketika ingin browsing.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
Oke