Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10 Jika Tidak Mau Hilang - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Selasa, 16 Juli 2019

Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10 Jika Tidak Mau Hilang

Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10 Jika Tidak Mau Hilang

Di Windows 10, slider volume atau overlay media akan muncul di sudut kiri atas layar perangkat disaat kamu mengubah volume. Fitur ini sangat bermanfaat, apalagi ketika kamu harus mengubah trek daftar putar Spotify atau menjeda konten YouTube pada Microsoft Edge baru.

Hamparan media Windows 10 hanya muncul ketika kamu menyesuaikan volume dan aplikasi seperti membuka Chrome, Microsoft Edge atau Spotify. Hamparan volume akan otomatis hilang setelah beberapa detik dibiarkan.

Namun sayangnya, terkadang dialog volume tersebut membutuhkan waktu agak lama hingga menghilang dengan sendirinya dan jika secara tidak sengaja kamu mengarahkan kursor ke overlay tersebut justru akan menambah lama waktu hilangnya.

Jika kamu mengalami masalah seperti ini dan hal itu membuat kamu merasa kesal, berikut ini ada trik sederhana untuk mengabaikan hamparan media yang tidak kunjung hilang dengan sendirinya.

Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10


Untuk mengabaikan overlay volume Windows 10 yang muncul di sisi kiri layar perangkat, kamu harus mengklik nama aplikasi atau foto artisnya.

Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10 Jika Tidak Mau Hilang

Misalnya, jika ketika kamu ingin mengabaikan overlay volume jika tidak ada konten media yang diputar pada Chrome, maka caranya cukup dengan meng-klik dimana saja di dekat tulisan Chrome.exe seperti gambar di atas.

Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10 Jika Tidak Mau Hilang

Untuk browser Microsoft Edge berbasis Chromium dan Spotify, kamu harus mengklik foto atau nama artisnya saat konten media sedang diputar.

Overlay Media


Perlu diketahui bahwa overlay media telah dibenamkan ke sistem operasi Windows pada Windows 8 dan antarmuka yang sama digunakan juga pada Windows 10. Meskipun fitur ini bermanfaat, tapi memerlukan potongan layar yang cukup besar.

Fitur ini masih dalam tahap awal untuk Google Chrome dan belum berfungsi dengan baik. Tidak seperti Edge berbasis Chromium, Google Chrome tidak dapat menampilkan thumbnail YouTube atau informasi terkait pada overlay media ini.

Untungnya, kamu dapat menonaktifkan overlay kontrol media pada Chrome melalui menu flags:

- Ketik dan buka chrome://flags melalui kolom pencarian aplikasi Chrome.

- Setelah itu cari ‘Hardware Media Key Handling’.

Cara Mengabaikan Overlay Volume Windows 10 Jika Tidak Mau Hilang

- Kemudian klik menu drop-down dan alihkan menjadi disabled.

- Jika sudah, restart browser Chrome kamu dengan cara keluar dan buka kembali Google Chrome.

Mudah bukan menerapkan cara mengabaikan overlay media Windows 10 jika tidak hilang ini? Semoga sobat semua bisa menerapkannya dengan baik agar tidak terganggu lagi dengan tampilan overlay tersebut.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK