Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10 - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Selasa, 06 Agustus 2019

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Akhirnya Windows 10 memiliki dukungan bawaan untuk gambar yang berformat RAW, berkat versi Mei 2019 Update. kamu hanya perlu menginstal ekstensi dari Microsoft Store. Selain itu, ada juga solusi lain untuk membuka file RAW pada versi Windows yang lebih lama. Berikut adalah cara mudah membuka file gambar RAW pada Windows 10.

Windows 10: Unduh Ekstensi Gambar RAW


Untuk menginstal dan menggunakan Ekstensi Gambar RAW, kamu harus menggunakan sistem Windows 10 Mei 2019 Update (versi 1903 atau yang lebih baru). Jika tidak dapat menginstal ekstensinya, kamu harus menginstal pembaruan dari aplikasi Settings atau mengunduhnya secara manual melalui situs web Microsoft.

Codec untuk ekstensi gratis ini diberikan kepada pengguna oleh orang-orang di libraw.org dan belum mendukung setiap format gambar RAW. Untuk melihat apakah milik kamu kompatibel dengan ekstensi ini, periksa situs web project pengembang untuk memperoleh informasi tentang daftar terkini dari kamera yang didukung.

Ekstensi gambar RAW memungkinkan melihat gambar dalam aplikasi Foto serta thumbnail, pratinjau, metadata gambar RAW pada File Explorer. Kamu dapat membuka jendela properties file RAW untuk melihat metadata tersebut.

Baca juga: Windows 10 May 2019 Update Mampu Meningkatkan Performa Perangkat Secara Keseluruhan

Buka Microsoft Store dan cari "Raw Images Extension," atau kamu bisa langsung masuk ke halaman Raw Image Extension. Kemudian klik "Get" untuk menginstalnya.

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Setelah itu, klik tombol “Install” memasang ekstensi.

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Setelah ekstensi berhasil diunduh dan diinstal, tutup kembali aplikasi Microsoft Store lalu navigasikan ke folder yang terdapat gambar RAW yang kamu miliki. Maka thumbnail langsung dimunculkan pada File Explorer tanpa menggunakan penampil eksternal.

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Klik dua kali pada file gambar RAW, dan pilih “Photos” kemudian klik “OK”.

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Sekarang file gambar RAW milik kamu akan terbuka langsung pada aplikasi Photos tanpa perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga lagi seperti Photoshop.

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Agar pada saat membuka file gambar RAW selalu menggunakan aplikasi Photos, kamu bisa mengubah program default untuk jenis file RAW selalu menggunakan aplikasi Photos.

Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

Program Pihak Ketiga


Jika kamu belum memperbarui sistem Windows 10 ke versi terbaru Windows, kamu masih dapat melihat dan mengedit gambar RAW menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Salah satu program populer dan paling kaya fitur di luar sana adalah Adobe Photoshop. Akan tetapi jika kamu bukan termasuk seorang fotografer profesional dan tidak ingin menggunakan tersebut, berikut adalah beberapa program yang dapat kamu pakai sebagai gantinya.

FastRawViewer


Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

FastRawViewer adalah perangkat lunak penampil gambar yang dibuat oleh pengembang codec LibRaw dan mendukung format yang sama dengan ekstensi Windows. FastRawViewer, seperti namanya, dapat membuka file RAW dengan sangat cepat dan on-the-fly, dari pada menampilkan pratinjau JPEG yang disematkan, seperti kebanyakan RAW viewer.

Aplikasi ini bisa membuat gambar langsung dari file RAW yang memungkinkan kamu melihat gambar yang benar-benar tidak terpengaruh — dengan histogram RAW — menjadikan FastRawViewer alat culling foto terbaik.

FastRawViewer hanya berfungsi untuk melihat gambar dan tidak memodifikasinya sama sekali. Aplikasi ini tersedia dalam uji coba 30 hari gratis; maka dari itu kamu dapat melakukan pembayaran satu kali sebesar $ 25 jika memilih untuk terus menggunakannya.

RawTherapee


Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

RawTherapee adalah program pemrosesan gambar RAW lintas-platform dan open-source. Aplikasi ini memiliki fitur penanganan warna tingkat lanjut (white balance, hue-saturation-value curves, color toning, dll.), kompensasi pencahayaan, pemrosesan konversi batch, dukungan untuk sebagian besar kamera, parameter pengeditan copy / paste di seluruh gambar, file browser, dan banyak lagi.

Meskipun aplikasi ini bukan cara cepat untuk melihat file gambar RAW, kamu bisa menggunakannya sebagai aplikasi alternatif Photoshop untuk melihat, mengedit, dan mengkonversi semua foto menjadi format yang lebih banyak digunakan. Bahkan kamu bisa menginstalnya sebagai plugin untuk GIMP jika kamu telah menggunakannya sebagai prosesor gambar.

RawTherapee selalu diperbarui dengan fitur-fitur baru secara teratur dan dapat digunakan 100% gratis di bawah GNU General Public License Version 3.

PhotoPea in Your Web Browser


Cara Mudah Membuka File Gambar RAW Pada Windows 10

PhotoPea adalah aplikasi pengolah foto berbasis browser yang ringan, aktif dan berjalan secepat yang diperlukan untuk memuat laman web. PhotoPea sepenuhnya berjalan pada server, artinya komputer kamu tidak memerlukan program sumber daya tambahan yang dibutuhkan seperti Photoshop atau Lightroom. Aplikasi ini mendukung ratusan format file, termasuk juga format file gambar RAW.

PhotoPea memiliki fitur exposure control, curve adjustments, levels, brightness, filters, and numerous brushes, layers, wand, healing tools untuk dipilih. Bahkan kamu bisa mengubah file gambar RAW menjadi file yang berformat lebih umum yang digunakan untuk diunduh ke komputer kamu.

PhotoPea dapat digunakan secara gratis, yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet dan browser web yang stabil untuk dapat mengakses prosesor gambar yang handal ini.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK