Cara Yang Tepat Mengatur Alarm Di Ponsel Android - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Senin, 07 Oktober 2019

Cara Yang Tepat Mengatur Alarm Di Ponsel Android

Cara Yang Tepat Mengatur Alarm Di Ponsel Android

Apakah kamu merasa bingung untuk mengatur alarm di ponsel Android? Nah, kami disini akan memberi langkah-langkah sederhana yang dapat digunakan untuk mengatur alarm di ponsel Android kamu dan menggunakannya sebagai jam alarm.

Cara Mengatur Alarm Di Ponsel Android


Kini lewat sudah masa-masa dimana kita menggunakan jam alarm fisik untuk membangunkan kita di pagi hari. Namun, banyak hal telah berubah sepenuhnya dengan kemunculan smartphone Android.

Ponsel Android kamu selain dapat digunakan untuk penunjang kehidupan sehari-hari juga dapat menjadi teman dekat kamu di tempat tidur dan pagi hari. Baiklah, berikut ini adalah dua metode untuk mengatur alarm di ponsel Android.

- Gunakan aplikasi Jam bawaan
- Gunakan Google Assistant untuk menyiapkan alarm

Baca juga: Cara Memilih Power Bank Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Atur Alarm Dengan Aplikasi Jam Bawaan


1] Pada setiap ponsel Android, kamu tidak akan menemukan aplikasi apapun yang bernama 'Alarm' secara spesifik. Sebab, fitur ini telah diintegrasikan ke dalam aplikasi 'Jam' pada perangkat. Buka daftar aplikasi kamu dengan mengetuk ikon kotak aplikasi atau menggeseknya ke atas (tergantung launcher yang digunakan) dan buka aplikasi 'Jam'.

2] Setelah masuk ke aplikasi Jam, lalu cari tab 'Alarm' di sudut kiri atas (ikonnya menyerupai jam alarm).

Cara Yang Tepat Mengatur Alarm Di Ponsel Android

3] Sekarang, ketuk tombol +. Biasanya kamu dapat menemukan tombol ini di bagian bawah layar. Dengan mengetuknya maka akan membuka halaman Alarm.

4] Untuk mengatur waktu, ketuk nilai jam dan putar putaran untuk mencapai jam yang kamu inginkan. Sekarang, klik nilai menit dan putar lagi sampai kamu menemukan menit yang kamu inginkan.

5] Sebagai gantinya, kamu juga dapat mengetuk tombol keyboard di sebelah kiri jam untuk mengetik waktu. Khusus untuk kamu yang menggunakan format waktu 12 jam, maka jangan lupa memilih antara AM dan PM. Pilih yang sesuai dan jika sudah selesai ketuk OK.

Cara Yang Tepat Mengatur Alarm Di Ponsel Android

Sesuaikan Alarm


- Waktu: Tentu saja yang paling penting adalah waktu. Kamu dapat mengetuknya untuk menyesuaikan kembali waktu alarm.

- Ulangi: Tombol Ulangi memungkinkan untuk memilih hari dimana kamu ingin mengulang alarm. Jika kamu akan mengatur alarm satu kali, maka jangan pilih hari apapun. Karenanya jika ingin menentukan waktu alarm yang berbeda untuk akhir pekan, cukup atur alarm baru dan hanya menandainya pada hari Sabtu dan Minggu saja.

- Nada Dering: Dengan menggunakan opsi ini, kamu dapat menentukan suara yang akan membangunkan kamu! Suara tersebut dapat dipilih dari koleksi nada dering bawaan ponsel atau bisa juga dari penyimpanan internal ponsel. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan musik dari Spotify atau musik YouTube sebagai nada dering alarm ponsel Android.

Baca juga: Cara Sembunyikan Status Root Android Dan Tidak Terdeteksi

- Getar: Opsi ini mengaktifkan getaran pada telepon ketika tiba waktu alarm yang ditetapkan. Kami sarankan untuk menggunakan opsi ini agar kamu lebih mudah bangun oleh alarm. Perhatikan bahwa ponsel yang bergetar akan cenderung bergerak, oleh sebab itu pastikan menaruh ponsel di tempat yang tepat agar tidak jatuh.

- Label: Kamu dapat menggunakan tombol Label untuk menambahkan tag atau judul ke alarm yang kamu atur (misalnya, 'Kantor', 'Kolega', 'Ulang tahun', dll.).

- Google Assitant Routine: Ingin tahu tentang apa yang dilakukan ikon Assitant? Nah, kamu bisa meminta Asisten Google untuk melakukan hal-hal seperti menyesuaikan volume media, mengubah lampu pintar, memberitahu tentang cuaca, dan juga informasi tentang perjalanan, kalender, pengingat, dll.. Selain itu, kamu juga bisa mengaturnya untuk memutar berita, podcast, atau buku audio setelah selesai dengan jadwal rutin harian kamu.

6] Setelah alarm dipasang, kamu akan mendapatkan notifikasi berbentuk roti panggang yang menunjukkan waktu yang tersisa untuk mematikannya. Dengan begitu, kamu dapat menggesek sakelar jika ingin mematikan alarm tersebut.

Menggunakan Google Assistant


Terlepas dari metode lama menyetel alarm menggunakan aplikasi Jam, kamu juga bisa meminta Google Assitant untuk melakukannya.

Cara Yang Tepat Mengatur Alarm Di Ponsel Android

1. Pertama, panggil Google Assistant kamu, baik dengan cara menekan lama tombol Home, ataupun dengan mengatakan 'OK Google' / 'Hei Google'.

2. Kemudian ucapkan 'Atur alarm untuk jam 8 pagi besok' atau perintah yang mirip dengan itu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur alarm berbasis rutinitas dengan mengatakan 'Bangunkan saya setiap hari pukul 7 pagi'. Atau jadwalkan diri kamu untuk tidur siang sebentar dengan mengatakan 'Setel alarm selama 2 jam dari sekarang'.

3. Untuk melihat alarm di Google Assistant, Kamu dapat mengatakan 'Tunjukkan alarm kepada saya', maka Google akan menunjukkan ke kamu daftar alarm yang sekarang, juga yang tidak aktif.

4. Kamu juga dapat mematikan alarm menggunakan Google Assistant. Untuk melakukan hal yang sama, ucapkan 'Batalkan alarm', dan ia akan meminta kamu untuk membatalkan yang mana. Selain itu, kamu dapat mengatakan 'Batalkan Alarm jam 7 pagi', maka hal tersebut akan segera dilakukan.

Mungkin kamu juga tertarik dengan cara kami dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi SHAREit di ponsel Android.

Dalam artikel tentang cara mengatur alarm di ponsel Android ini semoga bermanfaat. Beritahu kami metode pengaturan alarm apa yang paling kamu sukai di Android. Dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui komentar jika ada pertanyaan.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK