Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10 Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10 - Fajrinfo
Setiap kali versi Android baru dirilis, Google dan produsen ponsel pasti akan menambahkan banyak fitur-fitur keamanan, tidak terkecuali juga pada Samsung Galaxy M20. Hal itu dilakukan agar pengguna tetap terlindung ketika menggunakan ponselnya. Namun demikian, hal itu juga dapat menyulitkan proses pengembangan dari sisi pengguna seperti penerapan Rooting dan membuat Custom ROM ponsel tersebut.

Setelah versi Android 10 dirilis, banyak upaya dilakukan untuk menerapkan root pada ponsel, bahkan hingga memakan waktu yang lama dan rumit. Berkat metode Magisk, kamu bisa mendapatkan akses root pada ponsel yang kamu miliki.

Tapi proses melakukan Rooting ini terdapat langkah-langkah tambahan, dan sepertinya tidak memungkinkan untuk menggunakan Custom ROM.

Samsung Galaxy M20 sudah dapat pembaruan Android 10 yang berbasis One UI 2.0. Ponsel ini sudah memiliki sistem yang sangat optimal. Jika kamu adalah pengguna biasa, maka sebaiknya tidak perlu melakukan root. Dan jika kamu seorang developer atau pengguna aplikasi yang membutuhkan akses root, kamu bisa menggunakan metode di bawah ini untuk menerapkan root pada ponsel Samsung Galaxy M20 kamu.

Mengapa Harus Rooting Samsung Galaxy M20?


Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

Sebaiknya kamu harus memiliki alasan kuat untuk melakukan root ponsel ini. Samsung telah merilis One UI 2.0 berdasarkan Android 10 dan sudah dioptimalkan. Kamu mempunyai lebih dari cukup 3/4 GB RAM untuk menggunakan aplikasi harian tanpa macet / lag / lemot selama bertahun-tahun.

Ya, kami mengerti, mungkin RAM terlihat tidak memadai karena OS Samsung yang telah disesuaikan terdapat banyak aplikasi titipan. Tapi percayalah, bahwa One UI jauh lebih baik dari pada OS Custom Skin Samsung lainnya.

Kamu bisa menggunakan ponsel ini tanpa adanya lag atau macet selama bertahun-tahun sampai Samsung mengacaukannya dengan beberapa Bloatware. Tapi ini bukanlah sebuah alasan, mungkin kamu kecanduan dengan beberapa aplikasi yang memerlukan akses root, atau kamu termasuk pengguna Android yang sering bergonta-ganti Custom ROM OS? Jika begitu, mungkin kamu bisa melanjutkan kebiasaan itu lebih jauh lagi.

Tapi jika kamu ingin melakukan root dengan alasan karena semua orang melakukannya. Kami sarankan agar kamu tidak melakukan root ponsel Samsung Galaxy M20 ini jika tidak memiliki banyak pengalaman. Sebab bagi sebagian pengguna ponsel Android, hal itu bisa menjadi sebuah Masalah Besar.

Catatan:
Baca sampai panduan ini sampai selesai terlebih dahulu sebelum menerapkannya di ponsel Samsung Galaxy M20 milikmu karena Fajrinfo tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan smartphone milik kamu yang mungkin terjadi karena kesalahan dalam menerapkannya. Do With Your Own Risk.

Cara Root Samsung Galaxy M20 Android 10 One UI 2.0


Mode Ponsel; SM-M205F, SM-M205FN, SM-M205G, SM-M205M, SM-M205N

Pertama kita perlu berterimakasih kepada Allah Ta'aalaa. Dan mengapresiasi atas kerja keras para pengembang untuk metode Root ini - topjohnwu - orang genius ini adalah orang yang menemukan dan mengembangkan Aplikasi Magisk.

Varian Samsung Galaxy M20 International hadir dengan bootloader yang fleksibel. Maka berarti smartphone ini dapat dengan mudah di-root. Selain itu, ponsel ini juga dapat diinstal dengan TWRP Recovery atau file aplikasi custom recovery lainnya.

Namun jangan coba-coba pada ponsel dengan Varian Snapdragon AS seperti ponsel yang dibundling Verizon. Sebab pada varian tersebut hadir dengan Bootloader yang terkunci (locked).

Dalam metode ini kita akan melakukan Root ponsel Samsung Galaxy M20 dengan menggunakan Magisk dengan Manual Mode, sebab TWRP Recovery untuk Galaxy M20 masih belum tersedia. Kamu bisa menginstal TWRP Recovery Official ketika sudah dirilis oleh Developernya.

TWRP Recovery adalah file custom recovery yang biasanya harus diinstal pada ponsel yang ingin diroot, karena dengannya kamu bisa dengan mudah melakukan root secara sukses.

Pada artikel ini, kami akan membagikan metode paling mudah untuk menginstal Magisk di HP Samsung Galaxy M20 tanpa TWRP Recovery. Dan alat utama yang diperlukan untuk me-root ponsel ini adalah Aplikasi Magisk.

Kamu bisa mem-flash TWRP nanti ketika sudah tersedia. Dengan menggunakan TWRP Recovery, kamu dapat dengan mudah mem-flash Custom ROM ke ponsel Samsung Galaxy M20 milik kamu.

Sebelum membagikan tutorial ini, mungkin kamu ingin tahu bahwa dengan Aplikasi Magisk terinstal di ponsel, kamu dapat dengan mudah menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root apapun. Apakah cara root ini susah diterapkan? Tenang saja, semuanya akan kami jelaskan secara singkat dan mudah dipahami.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan


- Periksa nomor model ponsel kamu

- Instal Magisk Manager versi terbaru

- Pastikan baterai ponsel terisi daya di atas 40%

- Cadangkan file dan data penting kamu - Proses root ini akan menghilangkan data ponsel secara keseluruhan (simpan di penyimpanan eksternal MicroSD)

- Kamu tidak bisa menggunakan aplikasi Samsung Pay, Samsung Health, Folder Aman, dan beberapa aplikasi resmi lainnya dari Samsung

- Kamu juga tidak bisa memperbarui firmware. Upayakan sebelum melakukan root, ponsel kamu sudah terpasang firmware terbaru

- Baca tutorial ini secara lengkap dan perlahan sebelum melakukan proses rooting

PERSYARATAN


Unlock Bootloader


Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM di ponsel kamu. Untuk melakukannya; buka Settings > About phone > Ketuk pada Nomor Build sebanyak 7-10 kali secara konsisten untuk mengaktifkan menu "Developer Options". Kemudian buka menu Developer Options tersebut lalu aktifkan Mode USB Debugging dan Unlock OEM.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Matikan ponsel, lalu masuk ke Download Mode dengan cara menekan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan lalu hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan Kabel data USB.

Saat layar peringatan Download mode muncul, tekan saja tombol Volume Naik untuk meng-unlock Bootloader.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

Proses di atas akan menghapus data pengguna ponsel Samsung Galaxy M20 kamu. Setelah mengaturnya, silakan periksa kembali Unlock OEM dalam menu Settings ponsel. Sebab terkadang fitur tersebut berubah ke status Lock lagi.

Menyiapkan File Patched Boot Image


- Download dan instal Samsung USB driver di komputer.

- Download Software ODIN. Pilih versi terbaru dalam daftar ODIN tersebut. Ekstrak file ODIN itu di komputer.

- Download Firmware Samsung Galaxy M20 lalu simpan di komputer. Pastikan versi Android kamu saat ini dan Versi yang didownload antara AP dan CSC harus sama.

- Kamu bisa menggunakan aplikasi Phone Info untuk mengetahui versi firmware ponsel yang digunakan.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Download 7Zip-ZS, LZ4, lalu instal keduanya di komputer. Ekstrak file dalam firmware yang tadi didownload menggunakan 7Zip-ZS. Maka kamu akan mendapatkan empat file. Klik pada file AP lalu ekstrak lagi. Kamu akan mendapatkan beberapa data bersamaan dengan file boot.img.lz4.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Copy file boot.img.lz4 ke folder instalan LZ4. Konversikan file lz4 tersebut menjadi file .img dengan cara menyeret dan menimpa file .img ke file aplikasi LZ4. Kamu harus menyeret file ke aplikasi tersebut. Sebab script akan secara otomatis mengkonversi file ke format .img. Setelah behasil dikonversi, copy file boot-img ke ponsel.

- Download aplikasi Magisk Manager (download versi terbaru) lalu instal di ponsel. Buka aplikasi Magisk tersebut, lalu pilih menu Install; maka aplikasi akan meminta file zip dan file Patch Boot Image. Pilih file Boot Image.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Arahkan ke file Boot Image yang kamu copy tadi, lalu Patching file tersebut.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Tunggu proses hingga selesai. Nanti kamu akan mendapatkan file tar (.tar) Magisk Patched. File .tar itu akan berada di folder yang sama dimana kamu menyimpan file Stock firmware. Jika tidak mendapatkan file .tar dan malah kamu mendapatkan file .img. Tidak Masalah. Copy saja file tersebut ke komputer. Sebab kita bisa mengkonversinya disana.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

Jika yang dihasilkan adalah file .img, buka aplikasi 7zip yang telah terinstal di komputer. Arahkan file Magisk Patched .img tadi lalu pilih Add. Pilih format .tar dan pilih OK. Sekarang kamu akan mendapat file .tar ODIN flashable.

Flash Patched Boot Image Menggunakan ODIN


- Karena batasan keamanan baru Samsung, kita tidak dapat mem-flash TWRP pada Stock Boot di ponsel Galaxy M20. Jadi, kita harus mem-flash boot patched menggunakan ODIN.

- Biarkan lockscreen ponsel kamu tidak terkunci! Jangan terapkan pengunci Fingerprint, PIN Lock, Wipe terlebih dahulu. Atur tidak ada kunci dalam pengaturan ponsel kamu.

- Matikan ponsel, masuk ke Download Mode dengan cara menekan tombol Volume Turun + Volume Naik secara bersamaan lalu Hubungkan Ponsel ke komputer melalui Kabel data USB. Setelah Logo Samsung muncul, lepaskan semua tombol.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Setelah masuk ke Download Mode, sistem akan memberi pesan Warning, Tekan tombol Volume Naik untuk melanjutkan.

- Buka aplikasi Odin di komputer.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Jika ponsel kamu terdeteksi oleh komputer, maka software Odin akan menampilkan pesan Added!!.

- Namun jika tidak muncul pesan tersebut, silahkan ulangi langkah sebelumnya di atas. Baca secara perlahan!

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Setelah mendapatkan pesan Added!!, pilih tombol AP / PDA, lalu temukan file .tar Magisk yang telah kamu download. Bersama dengan file ini, kamu tidak boleh memilih dan mem-flash ketiga file firmware yang tidak patched. Kita harus mem-flash hanya file Boot Image Magisk Patched saja. Hapus ceklis pada fitur Auto Reboot di Odin.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Tekan tombol Start pada Odin, lalu tunggu sampai proses selesai. Setelah itu, tekan tombol Volume Turun + Power secara bersamaan untuk keluar dari Download mode. Ketika layar mati, segera tekan tombol Volume Naik + Volume Turun + Power secara bersamaan untuk melakukan boot ke Recovery mode.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

- Setelah berhasil masuk ke Stock Recovery Mode Samsung Galaxy M20, selanjutnya masuk ke Wipe Data / Factory Reset lalu pilih Yes untuk menghapus data.

Langkah ini akan menghapus data kamu yang tersimpan di ponsel. Jangan Boot ponsel ke tampilan normal terlebih dahulu, lanjutkan tahapan di bawah ini sebelum melakukan booting.

Cara Root HP Samsung Galaxy M20 SM-M205F/G/M/N Android 10

Boot Ke OS Android Rooted


- Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power secara bersamaan. Lepaskan semua tombol setelah pesan peringatan Bootloader muncul. Kamu akan mengatur ponsel seperti dalam kondisi baru.

- Stock Recovery Boot – Tekan dan tahan tombol Volume Naik + Power secara bersamaan. Lalu lepaskan tombol Power dan cukup menahan tombol Volume Naik saja.

- Maka kamu akan melihat aplikasi Magisk Manager telah terinstal. Jika tidak menemukan aplikasi tersebut, kamu bisa menginstal Magisk Manager di ponsel secara manual.

Sampai disini ponsel Samsung Galaxy M20 kamu telah berhasil diroot. Kamu bisa memeriksa status root ponsel tersebut menggunakan aplikasi Root Checker.

Lalu Apa Lagi Selanjutnya?


Menurut kami Fajrinfo, kamu tidak perlu melakukan root ponsel Samsung Galaxy M20 ini. Jika kamu berpikir dengan root bisa meningkatkan kinerja ponsel - dengan prosesor Exynos 7904 Octa-Core dan 3/4 GB RAM - ponsel kamu dapat bekerja dengan baik.

Kamu tidak boleh Boot ke tampilan normal terlebih dahulu ketika menekan tombol power - setelah firmware berkedip. Sebab hal ini akan mem-boot kamu ke kondisi sistem Android Non-Rooted. Jika secara tidak sengaja melakukan booting, maka Jangan Panik! Silahkan matikan ponsel lalu boot ke sistem Android Rooted menggunakan metode di atas.

Jika kamu melakukan root pada ponsel karena masalah baterai boros, sebenarnya kamu dapat mengoptimalkannya tanpa melakukan root. Selain itu, jika tujuan kamu adalah untuk menonaktifkan aplikasi Bloatware bawaan pabrik, kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan metode ini. Jika mengalami kendala dalam penerapan rooting, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

2 Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

  1. Apa resikonya jika gagal rooting? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metode yang saya bagikan ini termasuk yang aman diterapkan mas. Yang penting baca dan pahami terlebih dahulu terkait langkah-langkahnya, kemudian setelah itu baru melakukan penerapan rooting.

      Apabila gagal root karena ada langkah yang terlewat dalam metode di atas, saya sudah sertakan penjelasannya pada paragraf kedua terakhir. Namun jika gagal root disebabkan oleh kesalahan dalam menerapkan langkah-langkah di atas, maka biasanya akan terjadi biasanya akan bootloop.

      Hapus

Posting Komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama