Tips Keamanan Untuk Melindungi Data Saat Bekerja Dari Jarak Jauh Tips Keamanan Untuk Melindungi Data Saat Bekerja Dari Jarak Jauh - Fajrinfo
Dalam situasi dan kondisi lingkungan yang terus berubah ini, tidak sedikit pengusaha yang lebih memilih merumahkan para karyawannya agar mereka melakukan tugas dan pekerjaanya dari rumah. Ada beberapa tindakan pencegahan yang sebaiknya dilakukan oleh para pengusaha maupun karyawan. Posting kali ini Fajrinfo membahas tentang beberapa tips keamanan untuk melindungi data saat bekerja dari jarak jauh.

Tips Keamanan Untuk Melindungi Data Saat Bekerja Dari Jarak Jauh

Data Tetap Aman Meskipun Bekerja Jarak Jauh


Anda harus memastikan bahwa sistem operasi laptop dan software yang diinstal selalu diperbarui. Hapus program yang tidak dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan agar tetap aman dan terjamin ketika bekerja dari jarak jauh melalui internet.

1. Gunakan VPN
2. Membekali para karyawan
3. Gunakan software Keamanan yang bagus
4. Password harus Kuat
5. Gunakan alat konferensi video yang aman

1] Gunakan VPN


Tips keamanan pertama saat menghubungkan ke intranet perusahaan di rumah atau Wi-Fi lainnya adalah menggunakan Virtual Private Network (VPN). Intranet adalah jaringan pribadi yang dibuat menggunakan Internet.

Wi-Fi di rumah mungkin tidak 100 persen aman karena orang cenderung menggunakan kata sandi bawaan yang lemah di router mereka. Hotspot Wi-Fi publik yang gratis juga perlu banyak tindakan pencegahan karena seseorang mungkin memperhatikan lalu lintas Anda untuk meretas (hack) komputer yang Anda gunakan. Perangkat lunak VPN juga direkomendasikan untuk penggunaan hotspot Wi-Fi publik. Pilih VPN yang bagus dan minta saran dari rekan tim atau teman Anda.

Metode paling baik dalam menggunakan VPN untuk hotspot Wi-Fi yang tidak aman dan Wi-Fi rumah adalah umpan balik dari orang-orang TI perusahaan Anda. Perusahaan dapat menggunakan edisi perusahaan VPN berbayar dan menginstalnya di komputer semua karyawan. Itu akan dapat melindungi data perusahaan.

2] Edukasi Karyawan


Hubungi semua karyawan Anda dan beritahu mereka tentang:

1. Bagaimana rekayasa sosial bekerja

2. Semua tentang phishing

3. Bagaimana peretas menyerang komputer dan mengaksesnya

4. Cara tetap aman dan menjaga data perusahaan lebih aman saat terhubung ke internet

5. Hal-hal serupa yang akan menghindari apapun yang dapat membahayakan intranet pengusaha

3] Software Firewall Dan Security


Perbarui semua software yang dimuat di komputer karyawan atau minta karyawan Anda untuk menginstal versi terbaru. Software keamanan yang digunakan untuk bekerja harus selalu diperbarui, sehingga tidak membahayakan komputer karyawan dan karenanya mencemari LAN kantor atau Intranet. Daftar software antivirus dan firewall yang aman. Jika menggunakan VPN, pastikan itu adalah versi terbaru.

4] Password Yang Kuat


Periksa kekuatan password yang digunakan di perusahaan Anda. Lihat seberapa kuat kata sandi yang digunakan oleh para karyawan. Beri mereka passwors manajer yang baik dan beritahu mereka tentang cara membuat dan menggunakan password yang kuat. Tapi tambahkan hanya situs web tertentu yang dapat dikunjungi / digunakan karyawan di perangkat karyawan.

Orang yang berbeda yang bekerja di tingkat yang berbeda memerlukan akses ke berbagai jenis situs web. Misalnya, komputer kerja jarang memiliki Facebook atau Twitter kecuali mereka merupakan bagian dari proses bisnis yang terkait dengan profil karyawan.

5] Gunakan Alat Konferensi Video Yang Aman


Kemungkinannya adalah Anda akan menggunakan alat konferensi video. Anda harus memastikannya dengan aman beserta alasannya, Anda bisa menggunakan Microsoft Team atau Skype Meet. Zoom mungkin sedang populer, jika ingin menggunakannya, Anda harus melakukan tindakan pencegahan keamanan.

Tips Keamanan Untuk Melindungi Data Saat Bekerja Dari Jarak Jauh


1. Pastikan komputer perusahaan Anda memiliki VPN yang baik. Selalu aktifkan VPN saat menggunakan Internet.

2. Hindari melakukan pekerjaan perusahaan dan pribadi pada saat yang sama atau dengan multi-tasking. Berpindah antara pekerjaan perusahaan dan pekerjaan pribadi dapat membocorkan konten browser Anda. Ini juga dapat menyebabkan Tabnabbing. Waspadai risiko melakukan pekerjaan pribadi di intranet perusahaan.

3. Selalu simpan disk encrypted dan dekripsi hanya file-file yang Anda gunakan untuk pekerjaan kantor. Ini juga berarti bahwa perusahaan harus menggunakan software enkripsi file melalui seluruh software enkripsi disk sehingga data akan terlindungi. Masalah dengan seluruh software enkripsi disk adalah bahwa mereka mendekripsi seluruh disk pada suatu waktu.

4. Gunakan hanya layanan yang disediakan perusahaan di komputer kantor: email, pesan instan, perangkat lunak konferensi, dan juga browser.

5. JANGAN menggunakan Proxy untuk mengakses situs yang telah dilarang di komputer kantor Anda. Ini mungkin terdengar lebih aman, tapi proxy akan membuat catatan tentang apa yang Anda lakukan di Internet dan sebaliknya.

Apakah kami melewatkan tips tentang keselamatan dan keamanan kerja jarak jauh dalam postingan ini? Bagikan pendapat Anda tentang hal ini, tips dan pengalaman Anda sendiri pada bagian komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tulis komentar

Berkomentarlah yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar Anda dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

Lebih baru Lebih lama