File Explorer Dan Paint Dapat Dukungan Untuk Membuka Gambar AVIF Di Windows 10 - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Senin, 31 Desember 2018

File Explorer Dan Paint Dapat Dukungan Untuk Membuka Gambar AVIF Di Windows 10


File Explorer Dan Paint Dapat Dukungan Untuk Membuka Gambar AVIF Di Windows 10

Microsoft sedang menyiapkan fitur-fitur baru untuk Windows 10 dan mereka tidak serta merta mengabaikan hal-hal kecil juga. Sebab, pada mulanya Windows 10 tidak mendukung format gambar AVIF, namun sepertinya raksasa perangkat lunak tersebut sedang menjajaki opsi baru untuk membawa fungsionalitas ini ke aplikasi inti seperti File Explorer dan Paint.

AVIF adalah format file gambar baru yang didasarkan pada format video yang lebih baru yang disebut AV1 oleh Alliance for Open Media dan akhirnya Windows 10 akan mendukung format file AVIF tersebut secara bawaan sistem.

Pada Windows 10 October 2018 Update atau yang lebih lama, File Explorer dan Microsoft Paint gagal menampilkan AV1 Image File Format (AVIF). Sebagaimana Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, File Explorer tidak dapat membuat thumbnail untuk format gambar AVIF.

File Explorer Dan Paint Dapat Dukungan Untuk Membuka Gambar AVIF Di Windows 10

Demikian pula dengan Microsoft Paint menunjukkan peringatan kesalahan yang mengatakan bahwa AVIF adalah format file yang tidak valid (invalid) dan aplikasi bawaan Microsoft tersebut tidak dapat membacanya.

File Explorer Dan Paint Dapat Dukungan Untuk Membuka Gambar AVIF Di Windows 10

Menurut sebuah posting di AOMediaCodec Github, File Explorer dan Microsoft Paint telah diperbarui dengan dukungan untuk format gambar yang berekstensi AVIF pada Windows 10 19H1 Preview.

"Windows File Explorer dapat menampilkan thumbnail AVIF, menampilkan metadata Exif, dan mempratinjau gambar AVIF," kata pengembang dalam dokumen implementasi. “MSPaint.exe. Aplikasi "Paint" di Windows 10 dapat menampilkan gambar AVIF," dokumen lanjutan menjelaskan.

Dukungan untuk format gambar AVIF tersedia di Windows 10 19H1. Namun pengguna mungkin masih perlu menginstal Ekstensi Video AV1 dari Microsoft Store untuk menjalankan video AV1 pada perangkat Windows 10 mereka.

“Membutuhkan Windows 10 19H1 Preview Release Build 18305 atau lebih baru, yang dapat diperoleh melalui program Windows Insider, dan AV1 Video Extension,” menurut penjelasan dokumen.

Perlu juga dicatat bahwa VLC Media Player juga baru-baru ini telah diperbarui dengan dukungan untuk format file baru tersebut (AVIF). Dan juga suatu pos di Bugzilla Mozilla yang melacak status penerapan AVIF di peramban Firefox. Dengan begitu, selain Windows 10 dan aplikasi yang disebutkan tadi, sepertinya akan terus bertambah aplikasi yang dapat mendukung terhadap file AVIF ini.

Bagikan informasi ini kepada temanmu

Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif atau spam.
Komentar ini dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, maka akan segera kami publikasikan.

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK