Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Alhamdulillah masih bisa ngepost nih. Di kesempatan kali ini FajrInfo akan membahas tentang cara upgrade Galaxy Ace 3 S7270 menjadi Android Marsmallow sobat. Pada postingan yang telah lalu, FajrInfo juga pernah membahas tentang Galaxy Ace 3 S7270 Lollipop. Jadi jika kamu sudah pernah melakukan instalasi CyanogenMod 12.1 (CM 12.1), maka tentunya akan sangat mudah untuk mengikuti langkah-langkah untuk mengupgrade Galaxy Ace 3 S7270 menjadi Android Marsmallow unofficial dari Cyanogen ini.

Marsmallow merupakan versi pembaruan dari sistem operasi Android Lollipop yang dikenal dengan sebutan Android M atau Android 6. Seperti halnya pada beberapa versi sebelumnya, Android Marsmallow ini membawakan perubahan dan perbaikan dari versi sebelumnya. Karena sudah barang tentu, dimana ada pembaruan pasti banyak perbaikan dan peningkatan kinerja pada sistem dan antarmuka yang tujuannya adalah untuk memudahkan mobilitas si pengguna dalam memakai sistem operasi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, perangkat Galaxy Ace 3 S7270 ini dukungan pembaruannya hanya mentok sampai pada versi Android 4.2 yaitu Android JellyBean. Artinya, secara official Samsung sudah tidak mensuppot pembaruan lagi untuk Galaxy Ace 3 S7270. Alhasil bagi pengguna yang masih menggunakan smartphone tersebut harus gigit jari karena tidak akan memperoleh pembaruan secara resmi lagi.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Operasi Android

Namun demikian, kita tidak usah berkecil hati atas kenyataan yang terjadi (jadi mellow :D). Karena masih ada cara untuk merasakan dan mencicipi sistem operasi Android Marsmallow pada perangkat Galaxy Ace 3 S7270 kita ini. Apa yang harus dilakukan bagaimana cara untuk merubahnya? Di bawah ini FajrInfo akan membagikan step by step untuk meningkatkan (mengupgrade) Galaxy Ace 3 S7270 menjadi Android Marsmallow.

Diharapkan agar mengikuti langkah-langkah untuk memasang Android Marsmallow pada Galaxy Ace 3 S7270 ini secara teliti dan sesusai dengan tutorial yang dijelaskan. Dan FajrInfo sangat merekomendasikan untuk menginstal ulang (flash ulang) perangkat kamu sebelum memasang CM 13 Marsmallow ini agar sistem dalam perangkat menjadi fresh kembali.

Memasang Android Marsmallow Pada Samsung Galaxy Ace 3 S7270


Sebelum melakukan langkah demi langkahnya, kamu harus memiliki file-file yang dibutuhkan. Berikut ini langkah-langkah untuk memasang Android Marsmallow pada Galaxy Ace 3 S7270:

Silahkan ambil beberapa file perlengkapan yang dibutuhkan di bawah ini terlebih dahulu untuk melakukan peningkatan versi Androidnya

1. CWM Recovery 6051 7270 Final

2. CM 13.0 UNOFFICIAL logan

3. Open Gapps arm 6.0 pico

- Setelah itu letakkan tiga file tersebut pada memori eksternal (MicroSD) jangan di memori telepon!

- Nonaktifkan perangkat Galaxy Ace 3 kamu, kemudian masuk ke mode CWM versi 6.0.3.1 dengan cara menekan dan menahan tombol Power + Home + Volume atas. (Apabila kamu belum memasang CWM versi 6.0.3.1, maka pasang CWMnya terlebih dahulu dengan mengikuti potingan pada blog FajrInfo ini yang berjudul Cara Memasang CWM Galaxy Ace 3 S7270.

Baca juga: Cara Hemat Baterai Yang Satu Ini Malah Bikin Android Boros

- Setelah masuk dalam mode CWM recovery 6.0.3.1, maka lakukan wipe data/factory reset dan wipe chace partition.

- Lalu masuk menu advanced, kemudian lakukan wipe dalvik cache.

- Terus masuk ke menu mounts and storage, lakukan format /cache - format /system - format /data.

- Setelah semua selesai, kembali ke tampilan utama CWM. Pilih install zip from sdcard, lalu klik choose zip from sdcard dan pilih file “CWM Recovery 6051 7270 Final.zip” kemudian pilih Yes – install CWM Recovery 6051 7270 Final.zip.

- Kembali ke tampilan menu utama lagi dan pilih advanced – lalu reboot recovery.

Setelah restart, maka menu CWM kamu akan berubah menjadi CWM versi 6051. (Pada CWM versi ini, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih menu dan tombol power untuk yes/ok).

- Kemudian pilih install zip from sdcard, lalu klik choose zip from /storage/sdcard1 dan pilih file CM-13.0-UNOFFICIAL-logan.zip kemudian pilih Yes – install CM-13.0-UNOFFICIAL-logan.zip.

- Lakukan langkah yang sama dengan cara di atas untuk memasang file open_gapps-arm-6.0-pico.zip.

- Setelah itu masuk ke menu mounts and storage, lalu lakukan format /data and /data/media (/sdcard) (cara ini bertujuan agar sistem pada perangkat menjadi fresh dan jangan khawatir karena file yang berada dalam memori eksternal tidak akan hilang).

- Kembali lagi ke menu utama dan pilih reboot system now – lalu pilih No pada konfirmasi akses r00t.

- Maka perangkat akan melakukan restart dan tunggu hingga proses booting dan system updating selesai (hal ini akan memakan waktu agak lama, jadi bersabarlah dan jangan takut).

- Setelah selesai, maka nikmati Galaxy Ace 3 kamu dengan sistem operasi Android Marsmallow yang jauh berbeda dari tampilan Stockrom JellyBean.

- Di bawah ini adalah beberapa tampilan yang diambil dari Galaxy Ace 3 S7270 yang memakai sistem operasi Android Marsmallow unofficial CyanogenMod.

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow

Baca juga: Bagaimanakah Cara Memilih Smartphone Yang Ideal?

Demikian pembahasan tentang cara upgrade Galaxy Ace 3 S7270 menjadi Android Marsmallow ini. Jika dalam pemasangan mengalami kendala atau masalah pada perangkat Galaxy Ace 3 sobat, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia. Dan apabila sukses dan berhasil dalam pemasangan, luangkanlah waktu untuk memberi feedback di blog sederhana FajrInfo ini. Terimakasih, semoga memberikan manfaat.

Catatan:

Mohon perhatian dan maklumnya, berhubung Custom ROM CM 13 untuk Galaxy Ace 3 masih dalam tahap pengembangan pada developer (Master ZIM), maka setelah pemasangan CustRom Galaxy Ace 3 Marsmallow ini tidak dijamin stabilitasnya dalam penggunaan sehari-hari.

Namun dari pada itu, FajrInfo akan selalu memberikan link update CM 13 ini secara bertahap sebagaimana pembaruan yang diluncurkan oleh pihak Developer. Karena setiap pembaruan selalu ada perbaikan demi perbaikan.

TUTORIAL DI ATAS AMAN. Apabila kamu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, pasti tidak akan terjadi kerusakan pada perangkat smartphonemu!!!

#Update: 30 Mei 2017

Mohon maaf atas ketidak nyamanannya selama ini. Atas perubahan kebijakan FajrInfo, bagi sobat yang ingin upgrade Galaxy Ace 3 ke versi Android Marsmallow kini tinggal meng*nd*h langsung file-filenya pada link yang telah disedikan pada blog FajrInfo ini. Terimakasih atas maklumnya.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis :

0 Response to "Upgrade Galaxy Ace 3 S7270 Menjadi Marsmallow"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel