Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Android Samsung

Inilah cara memasang dua akun Whatsapp di ponsel Android Samsung dengan memanfaatkan fitur Dual Messenger. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat 2 akun WhatsApp dalam satu ponsel. Sebenarnya tidak hanya WhatsApp, Anda juga dapat menikmati akun media sosial lain seperti Facebook dan Facebook Messenger ganda di perangkat Samsung yang Anda miliki.

Kita Semua Berada Di Media Sosial


Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Samsung Dengan Dual Messenger

Sebelum kemunculan media sosial, berkomunikasi dengan orang terdekat yang kita sayangi tidak pernah semudah ini. Berbicara tentang media sosial, hubungan dengan orang yang kita cintai saat ini sangat mudah cukup hanya dengan satu jentikan jari saja.

Saya teringat hari-hari ketika dahulu mempunyai akun Orkut sekitar satu sepuluh tahun yang lalu pada 2008. Itu adalah sebuah platform media sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh raksasa teknologi Google. Meskipun dimiliki dan dioperasikan oleh Google, namun Orkut diciptakan oleh seorang karyawan Google yang bernama Orkut Büyükkökten. Selain itu ada lagi media sosial yang bernama Friendster. Sebelum Facebook populer, Friendster sudah menjadi media sosial andalan banyak orang ketika itu.

Kemudian saya beralih ke Facebook beberapa tahun berikutnya dan pengalamannya memang cukup luar biasa karena medsos tersebut merupakan platform yang luar biasa untuk berbagi konten pengguna bersamaan dengan banyaknya fitur sosial lainnya. Apalagi sekarang Facebook tidak sendiri, ia memiliki dua saudara yang tidak kalah tenar juga dalam ranah media sosial, yakni Instagram dan WhatsApp.

Namun sekarang saya sudah jarang menggunakannya lagi, memposting profil baru atau foto sampul sebulan sekali atau aktivitas apapun itu dalam ruang Facebook, sebab alasannya adalah bahwa kini saya lebih sering menggunakan messenger WhatsApp yang memang masih milik Facebook juga.

Berbicara tentang Whatsapp dan semua platform media sosial lainnya, kini seoalh telah menjadi bagian dari keseharian dan gaya hidup semua orang. Dalam hal ini adalah orang makan, minum, berjalan, berbicara, bekerja, berwisata dan bahkan tidur sekalipun tidak pernah lepas dari bayangan media sosial.

Menurut pendapat pribadi saya, saat ini Whatsapp adalah satu-satunya platform media sosial yang tersedia untuk digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia yang terlepas dari lokasi geografis mereka serta sangat mudah dalam penggunaannya.

Fitur Dual Messenger Di Ponsel Samsung

Baiklah, cukup saja cerita membosankan tentang saya, disini sekarang mari kita bahas pada topik utama. Hari ini, kita fokus pada cara mengaktifkan fitur Dual Messenger pada perangkat ponsel Samsung yang menjalankan versi Android Nougat dan lebih tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa Samsung menyematkan fitur yang bernama Dual Messenger untuk menghadirkan dua aplikasi media sosial secara mudah. Sebagaimana namanya, fitur ini memungkinkan pengguna HP Samsung untuk memiliki dua akun Whatsapp, Facebook dan Facebook Messenger (atau aplikasi media sosial lain yang mendukung fitur ini) yang berbeda pada satu perangkat ponsel Android.

Saat diaktifkan, fitur ini akan menginstal versi duplikat dari aplikasi media sosial yang dipilih dan dari sana Anda dapat mengetuk aplikasi duplikat dan masuk dengan menggunakan akun kedua Anda.

Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memiliki dan mengelola dua akun yang berbeda, satu untuk bekerja dan satu lagi untuk penggunaan pribadi atau bisnis lainnya. Dari pada berganti-ganti perangkat antara dua ponsel berbeda dan akun yang terpisah, Anda sekarang dapat memiliki semuanya cukup dalam satu ponsel itu sendiri.

Baca juga: Cara Mudah Ini Bisa Menghemat Pemakaian Kuota Internet HP Android!

Mengaktifkan Dual Messenger Pada Ponsel Samsung


Dua Akun Whatsapp Dalam Satu Ponsel Android Samsung

1. Cari dan ketuk ikon roda gigi (Setting / Pengaturan) pada ponsel android Samsung Anda melalui panel notifikasi atau ikon pengaturan di kotak aplikasi untuk dapat mengakses menu Settings / Pengaturan.

Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Samsung Dengan Dual Messenger

2. Pada menu Settings, ketuk Advanced features untuk mengakses fitur lanjutan pada ponsel Samsung yang Anda miliki.

Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Samsung Dengan Dual Messenger

3. Selanjutnya, gulirkan sedikit ke bawah untuk mencari fitur bernama Dual Messenger, kemudian ketuk fitur tersebut.

Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Samsung Dengan Dual Messenger

4. Disini Anda diberikan pilihan agar dapat mengaktifkan fitur Dual Messenger untuk aplikasi Whatsapp, Facebook, Facebook Messenger, Snapchat (tidak diinstal pada perangkat saya) atau aplikasi media sosial apapun yang mendukung fitur ini - sepertinya untuk Instagram masih belum mendukung, tapi di versi Samsung Android 9 Pie atau Android 10 saya belum mencobanya.

Kemudian klik sakelar yang sesuai pada aplikasi pilihan Anda, lalu klik INSTALL dan kemudian duplikat aplikasi yang telah Anda pilih tersebut akan mulai proses untuk diinstal. Lamanya instalasi aplikasi duplikat media sosial ini sama seperti menginstal aplikasi pada umumnya.

Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Samsung Dengan Dual Messenger

Baca juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Ponsel Android Tanpa Harus di-Root Dulu

Identifikasi Aplikasi Duplikat Messenger

Setelah proses instalasi selesai, pintasan ke aplikasi duplikat akan ditempatkan di layar beranda. Selain itu, ikon pintasan tersebut akan memiliki tanda berwarna oranye (ikon rantai) di sudut kanan bawah untuk membantu Anda membedakannya dari ikon aplikasi media sosial utama.

Demikian pula, begitu Anda berada di dalam aplikasi duplikat, tanda dengan warna oranye yang sama juga akan terlihat di sudut kanan bawah aplikasi tersebut. Lebih jelasnya lihatlah screenshot di bawah ini.

Cara Gunakan Dua Akun Whatsapp Di Ponsel Samsung Dengan Dual Messenger

Kesimpulan

Begitulah sobat, panduan sederhana tentang cara menggunakan dua akun WhatsApp dan platform media sosial favorit Anda lainnya pada satu ponsel Android Samsung tanpa perlu melompat kesana kemari antar perangkat ponsel Android. Bagi Anda yang sudah menggunakan fitur Dual Messenger pada HP Samsung, bagaimana pengalaman Anda menggunakan fitur Dual Messenger tersebut? Ceritakan pengalamanmu itu pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah. Semoga bermanfaat, terimakasih.
Tanto Fajrin

"Allah Ta'aalaa lebih menyukai pelaku maksiat yang bertobat dibanding orang sholeh yang dirinya tidak pernah merasa salah." ─ UAH

15 Komentar

Komentar yang Anda berikan dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan kami publikasikan.
Silahkan berikan komentar Anda yang relevan atau ajukan pertanyaan dengan bahasa santun dan baik, serta tidak menebar link aktif (spamming).

  1. Cara menguncinya gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, maksudnya untuk mengunci apa ya gan?

      Hapus
  2. Cara menambah kontak di wa duplikat itu bagaimana sih ? Saya sudah coba tapi hanya kontak yg pertama saya pilih saja yg bisa terlihat di wa duplikat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di awal ketika ponsel mau membuat kloning aplikasi kedua biasanya ada opsi terkait kontak mana yang ingin digunakan, apakah kontak yang sudah ada atau sumber kontak lain yang akan digunakan.

      Hapus
  3. Tidak menerima kode konfirmasi dari no telephone saya

    BalasHapus
  4. tapi waktu itu saya whatsap sebelumnya nomor nya ke ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nomornya terganti, maka susah untuk melakukan verifikasi.

      Hapus
  5. Apakah nanti wa duplikatnya bisa di hapus?

    BalasHapus
  6. Saya sudah coba menggunakan dual messenger utk wa. Tp yg bisa sinkronisasi kontak hanya di wa yg asli, sedangkan di wa cloning nya tuh kontak²nya nggak kelihatan. Apakah ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada beberapa perangkat dan sistem operasi terdapat beberapa ketentuan tentang batasan perizinan suatu aplikasi untuk mengakses kontak ponsel kita.

      Untuk itu, coba Anda setting pada pengaturan ponsel bagian aplikasi agar mengizinkan aplikasi whatsapp kedua diperbolehkan mengakses kontak, telepon dll.

      Hapus
  7. Apalah harus menggunakan nomor telepone yang baru untuk masuk ke wa dual massenger?
    Apakah menggunaka nomor lama tidak bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus menggunakan nomor ponsel baru. Pake nomor lama yang sudah terdaftar atau pernah digunakan untuk WhatsApp juga bisa. Yang penting dari kedua aplikasi tersebut terdiri dari dua nomor yang berbeda.

      Hapus
  8. Mas, kalau pindah HP yang baru (samsung A8 ke samsung S21), untuk migrasi khususnya yang Whatsapp kedua (backup/restore, biar percakapan lama ikut ketransfer), bagaimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama percakapan pada aplikasi WhatsApp sudah dibackup menggunakan metode Google Drive, maka ketika menggunakan aplikasi WhatsApp di HP yang berbeda akan bisa direstore kembali, baik itu aplikasi utama maupun aplikasi keduanya. Yang penting di HP barunya harus login dulu ke akun Google yang terdapat backup-an percakapan WhatsApp di HP sebelumnya.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama