Antara Blogger Dan WordPress, CMS Mana Yang Menurut Kamu Paling Bagus? - Fajrinfo

Minggu, Februari 24, 2019

Antara Blogger Dan WordPress, CMS Mana Yang Menurut Kamu Paling Bagus?


Antara Blogger Dan WordPress, CMS Mana Yang Menurut Kamu Paling Bagus?

Seorang blogger pemula seringkali merasa bingung dalam menentukan layanan penyedia CMS yang akan digunakan untuk menaruh konten blognya. Sehingga, hal ini dapat dikatakan merupakan paradigma tersendiri yang selalu dialami oleh para blogger pemula atau biasa disebut newbie.

Sebelum mengetahui CMS mana yang terbaik dalam paling bagus dalam fasilitas layanannya, lebih baik kita memahami terlebih dahulu mengenai apa itu CMS.

CMS memiliki kepanjangan Content Management System yang artinya adalah sistem managemen konten. Dengan CMS, kamu dapat dengan mudah menggunakannya meskipun kamu belum atau bahkan tidak mahir dalam menguasai pemrograman tentang website.

Untuk penyedia layanan CMS, sangat banyak pilihannya. Seperti Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal serta banyak lagi lainnya. Namun sementara ini, penyedia CMS paling populer dan paling banyak digunakan adalah Wordpress.

WordPress menjadi sangat populer dan disukai banyak blogger karena kemudahannya. Selain Wordpress, ada Blogger sebagai penyedia layanan serupa yang tidak kalah populer juga namanya. Untuk mengetahui info lebih mendalam, mari kita simak lebih lanjut.

1. Blogger


Blogger adalah platform gratis yang awalnya diluncurkan oleh perusahaan rintisan Pyra Labs. Namun kini sudah menjadi milik Google karena platform tersebut telah diakusisi oleh raksasa internet tersebut sejak tahun 2003 lalu.

Dibawah naungan Google, Blogger sangat populer hingga kini. Penyedia layanan CMS Blogger biasanya dikenal dengan ekstensi sub-domain yang diakhiri dengan blogspot.com di belakangnya.

Kelebihan Blogger:

1. Gratis sepenuhnya, platform ini menyediakan layanannya sebagai hosting suatu situs web secara gratis. Domain yang berasal dari platform ini juga disediakan dengan gratis, yaitu berupa sub-domain dengan akhiran .blogspot.com.

Jika tidak menginginkan situs web kamu berakhiran .blogspot.com, maka dapat mengkustom / menyesuaikannya dengan mengganti pakai domain TLD (Top Level Domain) yang dapat dibeli dari penyedia domain kepercayaan kamu.

2. Tanpa iklan, Google tidak menyertakan iklan pada layanan penyedia hosting gratis Blogger. Namun jika si pemilik situs web ingin memonetisasi websitenya dengan iklan, maka Blogger dapat mendukung pemasangan iklan di situs web tersebut, seperti misalnya Adsense atau lainnya.

3. Kemudahan mengganti template dan mengubah tata letak, Untuk mengatur tata letak situs web, Blogger memberikan kemudahan dalam hal itu. Pengguna dapat dengan mudah menghapus, mengganti dan menambah tata letak dan tampilan tema situs webnya sesuai dengan yang diinginkannya.

Selain tema bawaan, template Blogger sangat mudah diperoleh di internet. Banyak sekali penyedia template yang menyuguhkan hasil desain yang apik dan ciamik, mulai dari yang gratis hingga berbayar alias premium.

4. Super aman dan dijamin jarang down, Layanan Blogger diklaim cukup aman digunakan, apalagi platform ini dikelola langsung oleh raksasa internet Google.

Jadi kamu tidak perlu khawatir terhadap serangan hacking atau lainnya terhadap situs web yang kamu miliki. Google adalah perusahaan besar yang sangat kental dengan sebutan raksasa internet dunia, server yang mereka miliki tentu sangatlah besar.

5. Posting artikel sebanyaknya, Untuk platform Blogger, penyimpanannya disediakan sepenuhnya oleh Google. Maka dari itu, kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan sisa penyimpanan apalagi berpikir untuk mengupgrade-nya.

Jangan lewatkan : Beberapa Tips Ngeblog Untuk Anak Sekolah Dan Mahasiswa

Dari kelebihan yang telah dijelaskan di atas, mungkin platform Blogger ini bisa dikatakan hampir tidak mempunyai kekurangan. Sebab kekurangannya adalah mungkin dari segi aturan Google yang memiliki otoritas tertinggi.

Jadi, dalam penggunaannya kita harus tunduk dan patuh pada peraturan yang telah dibuat oleh Google untuk para pengguna Blogger. Jika melanggar aturan, blog atau situs web kita bisa saja dibanned / dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (sepihak).

2. WordPress.com


WordPress.com adalah situs layanan blog gratis yang didirikan oleh perusahaan yang bernama Automattic. Pada situs Wordpress.com, pengguna tidak harus repit-repot menyesuaikan konfigurasi yang sulit.

Penyedia layanan ini mirip dengan rivalnya, yaitu Blogger, sebab keduanya sama-sama memberikan layanan secara gratis. Untuk urusan tampilan, Blogger dan WordPress sangatlah berbeda, apalagi dalam pengoperasian.

Kelebihan WordPress.com

- Gratis

- Sangat mudah untuk digunakan

- Tidak perlu pusing-pusing memikirkan SEO, karena telah terintegrasi dalam layanan tersebut

- Dijamin jarang down

- Dapat melakukan custom domain

- Sangat aman

Kekurangan WordPress.com

- Batasan penyimpanan, Pada situs layanan WordPress.com ini pengguna hanya diberi ruang penyimpanan sebesar 3 GB. Jelas sangat berbeda dengan Blogger yang memberikan layanan penyimpanan secara unlimited.

- Tidak bisa dipasang Google Adsense, Kelemahan dari platform ini yaitu tidak dapat menggunakan atau memasang layanan iklan selain dari WordAds.

Sebelumnya Adsense pernah diperbolehkan untuk dipasang pada platform ini, namun karena perubahan kebijakan akhirnya sudah tidak didukung lagi.

- Patuh terhadap peraturan, Namanya juga penyedia layanan blog gratis. Kiranya wajar jika pengguna harus selalu patuh terhadap aturan main yang telah ditetapkan oleh si penyedia platform tersebut. Apabila melanggar, kamu pasti tahu apa resikonya.

3. WordPress.org


WordPress.org merupakan platform yang sangat identik dengan WordPress.com. Namun, untuk fitur dan cara penggunaannya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Sebab, untuk menggunakan platform ini kamu harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu.

Pada penggunaan platform WordPress.org ini, kamu sebagai pengguna memiliki peran secara penuh dalam mengelola situs web. Tidak ada aturan dan batasan yang membayangi seperti halnya platform gratisan / hosted. Untuk platform WordPress.org ini termasuk ke dalam jenis layanan self hosted.

Kelebihan WordPress.org

- Tidak ada aturan, Berbeda dengan kedua platform yang telah dijelaskan di atas, penyedia layanan ini memberikan kontrol secara penuh kepada si pemilik situs web. Dengan begitu, tidak ada alasan jika blog atau situs web kamu akan dibanned.

- Open source atau gratis, Gratis yang dimaksud pada layanan WordPress.org adalah pengguna dapat menggunakan fasilitas yang diberikan secara gratis tanpa adanya pungutan biaya. Kamu akan mendapatkan akses untuk melakukan pengeditan HTML tanpa batas.

- Banyak plug-in, Plug-in merupakan alat / tool tambahan yang berfungsi untuk mendukung peningkatan dalam pengaturan situs web. Plugin yang tersedia pada WordPress.org sangat banyak dan kebanyakan gratis.

Biasanya plugin yang disediakan juga memberikan fitur untuk upgrade. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kelengkapan fitur dalam plugin tersebut.

- Banyak tema gratis, tema menjadi bagian yang paling berperan dalam sebuah situs web / blog. Tema yang menarik dan responsive akan mengundang ketertarikan orang untuk berkunjung. Kamu dapat mengatur dan mengubah tampilan tema WordPress.org dengan leluasa, dengan catatan kamu menguasai basis pemrograman HTML, PHP, dan CSS.

Kelemahan WordPress.org


Harus memiliki hosting dan domain sendiri, dengan begitu kita harus membelinya terlebih dahulu di para penyedia hosting.
Memerlukan modal, modal tersebut digunakan untuk membeli hosting dan domain sendiri. Jika dalam pemakaiannya membutuhkan penyimpanan yang lebih besar, maka kita harus mengupgrade-nya dengan membeli tambahan penyimpanan lagi.

Masalah keamanan pada WordPress.org menjadi prioritas dan tanggung jawab pengguna sepenuhnya. Sebab, kamu adalah pengelola situs web tersebut secara utuh.

Kesimpulan


Kesimpulan dari pembahasan yang telah Fajrinfo bahas mengenai platform penyedia CMS untuk situs web ini adalah, Blogger dan WordPress.com sasaran penggunanya adalah mereka yang ngeblog dengan tujuan untuk menyalurkan hobi.

Dan untuk WordPress.org, sasaran utamanya adalah para blogger yang sudah profesional dan memahami pemrograman, seperti pebisnis, marketing, atau perusahaan besar. Namun jika kamu menggunakan WordPress.org, maka akan lebih baik, sebab blog / situs web kamu akan tampak lebih profesional dan berkelas.
Komentar

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.
EmoticonEmoticon

SELAMAT DATANG
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
Oke