Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e [Exynos] - Fajrinfo
Info Menarik
Memuat...

Sabtu, 05 Oktober 2019

Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e [Exynos]

Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e

Ponsel Flagship terbaru Galaxy S Samsung, yakni Galaxy S10, Galaxy S10+, dan Galaxy S10e telah tersebar secara luas. Meskipun Samsung cukup tertinggal dalam ranah kamera, namun Galaxy S10 dan saudara-saudara lainnya merupakan ponsel flagship yang cukup lengkap.

Rombongan Samsung Galaxy S ini bahkan memberikan pilihan harga pada berbagai segmen, mulai dari Rp 7 juta hingga Rp 22 juta lebih.

Namun uniknya, belum lama sejak tanggal peluncurannya perangkat tersebut sudah bisa di-root, pengguna ponsel ini mestinya banyak berterima kasih kepada pengembang aplikasi Magisk.

Berikut ini adalah cara untuk me-root HP Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+, dan Galaxy S10e.

Pengembang Magisk, John Wu (@topjohnwu), telah memperbarui aplikasi Magisk untuk menambahkan dukungan bagi smartphone flagship Samsung Galaxy yang disebutkan di atas. Dia mengumumkan beritanya di akun Twitter milik pribadinya.

Perhatian


Metode root yang akan dijelaskan di bawah ini hanya dimaksudkan untuk varian Exynos dari ponsel Galaxy S10, Galaxy S10+, dan Galaxy S10e. Metode ini akan men-trip Knox, dan dengan demikian bisa membatalkan garansi ponsel juga.

Dengan Tripping KNOX counter juga berarti ponsel kamu akan kehilangan fitur bawaannya seperti Samsung Pay dan folder Secure serta kemampuan untuk menggunakan beberapa aplikasi perbankan.

Untuk hal itu, sebenarnya ada beberapa solusi, mudah saja, namun Fajrinfo tidak akan membahasnya sekarang. Begitu Knox ditripped, maka efeknya permanen dan meng-unroot juga tidak akan banyak membantu.

Kemudian OTA update juga akan berhenti berfungsi. Proses ini juga mengharuskan perangkat kamu diformat, jadi pastikan kamu memiliki cadangan semua file / berkas yang penting, apalagi file yang berada di penyimpanan internal telepon.

Baca juga: Cara Hemat Daya Tahan Baterai Android Agar Tidak Boros

Jangan coba-coba menerapkan metode ini pada Galaxy S10 varian Snapdragon, kecuali jika kamu sudah siap untuk mengambil risiko untuk merusaknya.

Dengan mengikuti panduan cara rooting Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ dan Galaxy S10e ini berarti kamu bertanggung jawab penuh atas risiko yang akan terjadi. Fajrinfo tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada ponsel kesayangan kamu.

Sebelum kamu melakukan root pada ponsel Samsung Galaxy S10, Galaxy S10 Plus atau Galaxy S10e, perlu diingat bahwa…

- Memasang Magisk AKAN men-trip KNOX

- Menginstal Magisk untuk pertama kalinya MEMBUTUHKAN penghapusan data secara keseluruhan, cadangkan file kamu sebelum melanjutkan

- Kamu harus membuka bootloader sebelum mengikuti petunjuk ini

- Magisk harus diinstal ke recovery partition ponsel kamu, yang sangat berbeda dari apa yang kamu ketahui tentang rooting secara umum

Selain itu, ketahuilah bahwa setelah meng-unlock bootloader Galaxy S10, kamu akan mendapatkan peringatan unlock bootloader setiap kali menyalakan ulang ponsel.

Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e

Persyaratan Root


- Rooting Galaxy 10, S10+, dan S10e akan menjadi proses tiga langkah dan akan membutuhkan penggunaan program Odin3, dan dengan demikian harus menggunakan komputer atau laptop Windows.

- Bootloader harus di-unlock terlebih dahulu keamanannya (Bootloader unlocked).

- Aktifkan USB debugging dan OEM unlock melalui opsi Developer.

Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e

- Pastikan USB Driver Samsung terbaru telah diinstal pada perangkat komputer atau laptop kamu.

- Kartu microSD eksternal atau USB OTG.

- Pastikan ponsel kamu memiliki sisa baterai setidaknya minimal 50%.

Catatan: Karena beberapa hal telah sedikit berubah pada perangkat Galaxy S10, S10+ dan S10e, jika hanya mengikuti prosedur unlock bootloader standar tidak akan benar-benar menjadi unlocked. Setelah kamu meng-unlock bootloader, maka masuklah kembali ke perangkat. Pastikan kamu menghubungkan perangkat ke internet selama proses signup. Dalam opsi pengembang [di pengaturan paling bawah], pastikan pilihan unlock OEM berwarna abu-abu.

Download


- Magisk Manager Canary | app-release.apk
- Odin3_v3.13.1

File Patch AP tar


1. Unduh firmware untuk perangkat kamu menggunakan Samfirm tool.

2. Buka zip file firmware setelah diunduh dan salin file AP .tar ke perangkat yang digunakan. File ini biasanya dinamai dengan AP_[device_model_sw_ver].tar.md5.

3. Unduh Magisk Manager APK. Ingat ini adalah build canary yang artinya masih belum stabil.

4. Setelah aplikasi diinstal, pilih Install > Install > Select and Patch a File.

5. Temukan file AP tar yang telah diunduh pada perangkat kamu dan pilih Magisk Manager kemudian akan mem-patch file firmware dan file yang dipatch akan disimpan dalam folder Download di penyimpanan internal ponsel dengan nama magisk_patched.tar.

Salin file magisk_patched.tar yang telah dipatch ke perangkat komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Cara Root Samsung Galaxy S10, S10+, Dan S10e


1. Sekarang saya anggap kamu telah memiliki file yang dipatch, reboot Galaxy S10 kamu (atau Galaxy S10+ atau Galaxy S10e) ke dalam Download mode untuk menghubungkan dengan Odin.

- Matikan Ponsel Galaxy S10 Kamu.

- Tekan bersamaan tombol Bixby + Volume Down + Power selama 2-3 detik. Lalu lepaskan 3 tombol tersebut jika layar peringatan telah muncul, lalu tekan tombol Volume Up untuk masuk ke Download mode.

Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e

- Setelah itu sambungkan ponsel kamu ke komputer untuk boot ke Download mode.

2. Buka program Odin di komputer. Jika belum memilikinya, download darii link yang Fajrinfo sediakan di atas dan ekstrak file zipnya.

3. Hubungkan ponsel kamu ke komputer menggunakan kabel USB. Kamu akan melihat tampilan Odin 'Added!!' jika ponsel kamu telah terdeteksi. ID:COM Port juga harus berubah menjadi biru. Jika tidak berubah warna, itu tandanya ponsel kamu tidak terdeteksi. Kamu memeriksa driver USB Samsung-nya atau kabel data USBnya.

Baca juga: Mengapa Baterai Ponsel Android Tidak Kunjung Penuh?

4. Pada Odin nonaktifkan ceklis semuanya kecuali F. Reset Time di tab paling bawah. Pastikan opsi Auto Reboot tidak diceklis.

Cara Mudah Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e

5. Klik tombol AP lalu pilih file yang telah dipatch tadi (magisk_patched.tar).

6. Kemudian Magisk akan di-flash ke perangkat ponsel Galaxy S10 kamu.

Boot Ke Recovery


1. Setelah Magisk selesai di-flash, keluarkan dari Downlaod mode dengan cara menekan tombol Power + Volume down.

2. Segera setelah layar mati, tekan tombol Bixby + Volume Up + Power untuk boot ke recovery partition. Lanjutkan dengan menekan tombol Volume Up hingga kamu melihat menu recovery.

3. Pada menu recovery bawaan, gunakan tombol volume untuk memilih Wipe data / Factory reset kemudian gunakan tombol Power untuk memilihnya.

4. Setelah itu, pilih Reboot system now lalu tekan tombol Power + Bixby + Volume Up.

5. Lepaskan tombol jika kamu telah melihat logo boot. Perangkat HP Galaxy S10 kamu akan secara otomatis melakukan reboot lagi.

6. Setelah itu, selesaikan pengaturan awal kembali, dan pastikan kamu terhubung ke internet selama proses berlangsung.

Ketika kamu sudah sampai ke layar beranda ponsel, buka aplikasi Magisk Manager dari menu drawer aplikasi. Jika belum diinstal, unduh dan instal APK-nya melalui link di atas pada bagian Download.

Aplikasi akan secara otomatis meningkatkan diri ke aplikasi Magisk Manager penuh. Kemudian aplikasi akan memandu kamu melalui beberapa pengaturan tambahan dan setelah itu akan mem-boot ulang perangkat lagi.

Root Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+ Dan Galaxy S10e

Setelah panduan tentang cara mudah root HP Samsung Galaxy S10 ini, pada akhirnya kamu akan memiliki ponsel Galaxy S10, S10+ atau S10e yang telah di-rooting. Semoga yang telah Fajrinfo sampaikan ini bermanfaat bagim kamu.

Bagikan artikel ini ke sahabatmu

SAPAAN HANGAT KAMI
Selamat datang sobat semua, terimakasih telah meluangkan waktu untuk singgah disini. Kunjungan kamu menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan banyak informasi cerdas dan menarik.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar pada setiap artikelnya agar blog Fajrinfo.com ini dapat terus memberi manfaat dan edukatif bagi semua pengunjung.
OK