Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa pembaruan Windows 10 berikutnya akan diberi nama Windows 10 April 2019 Update. Akhirnya Microsoft memberi sebutan ini seperti rilis terakhir 'October 2018 Update', dan sepertinya perusahaan mengambil langkah yang sama dengan pembaruan fitur berikutnya, yang diberi nama kode 19H1.

Windows 10 April 2019 Update (versi 1903 dan kode nama 19H1) akan mengenalkan banyak fitur baru, termasuk light theme baru, peningkatan pencarian dan pengalaman baru Cortana, peningkatan Start Menu dan banyak lagi lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat tentang Windows 10 April 2019 Update yang akan datang beserta dengan fitur-fiturnya.

Light Theme


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Windows 10 April 2019 Update memperkenalkan fitur mode terang yang dibalut dengan tema putih di seluruh antarmuka OS. Microsoft mengatakan bahwa pengguna dapat mengaktifkan fitur dengan menavigasi ke aplikasi Settings, lalu Personalization, kemudian Colours.

Microsoft telah menambahkan mode terang ke Windows 10 sebagai respon terhadap umpan balik dari pelanggan yang menginginkan perbedaan yang lebih besar antara tema terang dan gelap saat ini. Setelah mengaktifkan light mode di Windows 10, Anda akan melihat Taskbar, Action Center, menu Start dan elemen lainnya dalam skema warna terang.

Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Sebagaimana kita ketahui, sementara ini semua perusahaan teknologi lebih fokus pada penyediaan tema gelap pada layanan mereka, dengan begitu fitur light theme ini akan dapat menyegarkan, sebab Microsoft melakukan terobosan lain dan menjawab umpan balik konsumen.

Seperti yang Anda lihat dari gambar di atas, tema baru juga akan membawa skema warna putih ke elemen inti, termasuk flyout volume dan popup notifikasi.

Microsoft juga menambahkan wallpaper default baru yang telah dirancang khusus untuk melengkapi tema yang ringan ini.

Pengalaman Baru Pada Pencarian Dan Cortana


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Windows 10 versi 1903 (Pembaruan April 2019) mengubah cara pencarian dan penggunaan Cortana. Pada versi October 2018 Update atau yang lebih lama, Windows 10 memiliki kotak teks pencarian atau ikon Cortana pada taskbar yang digunakan untuk pencarian dan interaksi dengan asisten digital.

Pada versi pembaruan April 2019, ada kotak teks yang digunakan hanya untuk mencari dan Anda dapat berinteraksi dengan Cortana dengan cara mengklik tombol Cortana yang terpisah pada taskbar.

Memisahkan dua hal akan membuat antarmuka Windows sedikit lebih ramah pengguna karena Anda akhirnya dapat mencari file, dokumen, aplikasi Anda tanpa berinteraksi dengan asisten digital. Demikian pula, Anda dapat berbicara dengan Cortana dan berinteraksi dengan fitur asisten digital dalam potensi penuhnya.

Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Microsoft juga membuat perubahan untuk memberikan asistennya lebih fokus. Misalnya, asisten digital sekarang sangat terintegrasi ke dalam aplikasi Microsoft seperti To-Do dan Outlook. Itu berarti Anda akan dapat menemukan tugas yang Anda tambahkan di aplikasi menggunakan Cortana.

Baca juga : Inilah Cara Mudah Perawatan Agar Suhu Komputer Tidak Terlalu Panas

Peningkatan Menu Start


Versi baru Windows 10 ini juga akan dilengkapi dengan serangkaian peningkatan sendiri untuk menu Start.

Unpin Group Dan Folder Dengan Cepat


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Di Windows 10 versi 1903, akhirnya Anda dapat melepaskan sematan grup dan folder di menu Start melalui opsi menu konteks baru. Pilihan ini cukup membantu karena pada dasarnya dapat memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi dan game yang disematkan ke Start Menu secara sekaligus.

Start Menu telah diperbarui dengan peningkatan Fluent Design dan tombol Power di menu Start sekarang menunjukkan indikator oranye jika sedang menunggu instalasi pembaruan.

Tata Letak Menu Start Yang Disederhanakan


Jika Anda melakukan instal ulang (clean install), membuat akun baru atau membeli perangkat baru, maka Anda akan melihat tata letak Start default yang disederhanakan. Perusahaan mengatakan bahwa tata letak Start yang disederhanakan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pengalaman Start Anda

Peningkatan Kemampuan Menu Start


Windows 10 April 2019 Update juga disertai dengan perubahan yang akan meningkatkan kinerja dan keandalan Start. Dimulai dengan versi 1903, Start hadir dengan prosesnya sendiri yang akan menghasilkan peningkatan keandalan dan kinerja yang lebih baik.

Penyimpanan Khusus


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Jika Anda menginstal ulang Windows 10 versi 1903 atau membeli perangkat baru yang disematkan dengan update sistem terbaru, maka sistem perangkat akan mulai menyimpan sekitar 7GB ruang disk untuk pembaruan Windows, file temporer sistem cache, dll.

Microsoft mengatakan bahwa penyimpanan yang dicadangkan dapat mengurangi masalah terkait pembaruan dan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Windows Sandbox


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Windows 10 April 2019 Update juga mengenalkan lingkungan desktop ringan dan isolasi baru yang disebut 'Windows Sandbox', dimana Anda dapat menjalankan perangkat lunak yang tidak terpercaya. Microsoft mengatakan bahwa Windows Sandbox dirancang untuk menjalankan aplikasi secara aman dan terpisah.

Dengan lain, jika Anda mengunduh perangkat lunak yang tidak dipercaya dan Anda takut menjalankan file-file tersebut pada sistem, Anda dapat membuka Windows Sandbox dan menjalankan perangkat lunak yang tidak tepercaya itu di dalamnya tanpa takut akan berdampak fatal pada perangkat Anda.

Ketika Anda menutup Windows Sandbox, perangkat lunak dan file akan dihapus secara permanen, yang berarti sistem utama perangkat Anda akan tetap tidak terpengaruh.

Windows Update


Microsoft juga meningkatkan pengaturan Windows Update dan fungsionalitas pada Windows 10 versi 1903.

Pause Update Di Windows 10 Home


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Windows 10 memberi keleluasaan Anda untuk menunda pembaruan otomatis dalam lisensi Profesional dan Enterprise. Namun tidak ada opsi penundaan untuk pengguna versi Home.

Pembaruan Windows 10 19H1 akhirnya menambahkan opsi yang memungkinkan Anda untuk menunda pembaruan otomatis hingga 7 hari di Windows 10 Home. Hal ini berarti Anda dapat mengunduh pembaruan keamanan sambil menghindari fitur atau pembaruan opsional.

Jangan lewatkan : Cara Aman Mereset Perangkat Windows 10 Tanpa Menghapus File Pribadi

Intelligent Active Hours


Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Halaman pengaturan Windows Update juga telah diperbarui dengan perbaikan untuk jam aktif. Dengan Windows 10, Microsoft memperkenalkan 'active hours' yang memungkinkan pengguna memberitahu Windows Update kapan harus menghindari reboot perangkat Anda.

Microsoft mengatakan bahwa untuk menyesuaikan jam Aktif dapat menjadi tantangan bagi pengguna. Pada Windows 10 versi 1903, jika fitur dihidupkan maka akan secara otomatis menyesuaikan jam aktif berdasarkan aktivitas perangkat Anda.

Fitur ini dapat dihidupkan dari Settings > Update and Security > Windows Update > Change active hours.

File Explorer, Task Manager, Action Center


Windows 10 October 2018 Update membawa tema gelap ke File Explorer dan peningkatan Action Center. Sedangkan versi April 2019 Update akan dilengkapi dengan peningkatan untuk File Explorer, Task Manager dan Action Center.

File Explorer

Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Microsoft telah memperbarui File Explorer di Windows 10 versi 1903 (19H1) dengan fitur baru yang disebut ‘Friendly Dates’ yang menyederhanakan kolom tanggal yang dimodifikasi. Kolom yang diperbarui menawarkan konsistensi dengan tanggal modifikasi lainnya yang Anda lihat di seluruh OS, aplikasi, dan web.

Pengguna dapat mengklik kanan pada kolom tanggal modifikasi dan mengaktifkan dan menonaktifkan friendly dates.

Pembaruan ini juga memperkenalkan ikon File Explorer baru yang muncul ketika Anda beralih sistem untuk menggunakan tema terang. Ikon pembaruan terlihat lebih baik dengan light theme baru.

Task Manager

Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)

Task Manager yang diperbarui pada Windows 10 19H1 memungkinkan Anda untuk memilih tab default Anda sendiri. Pada versi October 2018 Update atau yang lebih lama, ketika Anda meluncurkan Task Manager, maka akan membuka tab process secara default.

Di Pembaruan April 2019, Anda dapat memilih default Anda sendiri dan itu akan muncul ketika Anda membuka Task Manager di lain waktu. Anda dapat mengatur tab pilihan Anda melalui Options > Set default tab.

Microsoft juga telah menambahkan kolom opsional Details baru ke tab Task Manager dan itu menunjukkan kesadaran DPI per proses.

Action Center

Microsoft telah menambahkan slider kecerahan ke Action Center Windows 10 dan itu menggantikan tombol. Dalam hal ini berarti Anda dapat menggunakan slider untuk menyesuaikan kecerahan sistem yang lebih ramah pengguna dari pada tombol.

Anda sekarang juga dapat menyesuaikan Quick action Anda langsung dari Action Center itu sendiri. Anda tidak perlu membuka aplikasi Settings untuk menyesuaikan tombol Action Center. Itu berarti Anda sekarang dapat mengatur ulang dan menambahkan tindakan cepat tanpa membuka aplikasi Settings.

Kesimpulan


Seperti yang Anda lihat, pembaruan Windows 10 April 2019 hadir dengan banyak fitur dan peningkatan baru.

Perlu diketahui bahwa Microsoft belum mengkonfirmasi nama resmi untuk pembaruan Windows 10 berikutnya ini, atau ketika versi "final" pembaruan akan diberikan kepada konsumen.

Namun, jika perilisan rutin Microsoft yang dijadwalkan dipertimbangkan, maka para anggota Insiders akan menerima versi final Pembaruan April 2019 sekitar bulan Maret, sementara itu konsumen akan menerimanya pada bulan April.

Jangan mau gaptek, dapatkan informasi cerdas seputar teknologi secara gratis disini :

0 Response to "Melihat Lebih Dekat Tentang Windows 10 April 2019 Update Yang Akan Datang (19H1)"

Post a Comment

Maaf komentar dimoderasi. Jika sesuai dengan ketentuan, akan segera kami publikasikan.
Silahkan berkomentar yang relevan dengan bahasa yang baik dan santun, serta tidak menebar link aktif dan spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel